Google Android 5 0 Lollipop Indonesia
February 10, 2015
9 Fakta Smartphone Google Android One
February 11, 2015

Mengenal Lebih Detail Spesifikasi Android One Smartphone Google

Mengenal Lebih Detail Spesifikasi Android One Smartphone Google. Dalam sepekan terakhir ini pecinta teknologi mobile tanah air sedang di ramaikan oleh hadirnya trio kwek kwek ponsel pintar murah tapi tidak murahan dengan kecanggihan yang tidak boleh diremehkan. Nexian dengan Journey 1, Evercoss dengan One X dan Mito dengaan Impactnyas. Ketiga ponsel cerdas tersebut memiliki kompenen yang tidak boleh diremehkan dengan bandrol di bawah 1 juta. 

Setelah Google secara resmi mengenalkan Android One pada dunia ketika di konfernesi tahunan Google i/o di Amerika pada pertengahan 2014 lalu, dengan seketika para pencinta dan pengamat teknologi mobile menjadi penasaran betapa hebatnya Android One racikan google ini. Android One pun menjadi topik hangat.

Mari kita Mengenal Lebih Detail Spesifikasi Android One Smartphone Google ini.

Mengenal Lebih Detail Spesifikasi Android One Smartphone Google

Latar Belakang Pengembangan Android One

Detail Spesifikasi Android One Smartphone Google

Proyek ini inisiatif Google , merasa kekaguman dari Androd dari hari ke hari semakin luas dan menyentuh hampir semua kalangan masyarakat, tetapi Google merasa cara memperluas Android menuju jalan yang salah. Banyaknya versi yang dimiliki dan aneka variasi harga , pihak Google kesulitan untuk mengakomodir semua ini. Untuk pengguna yang memiliki smartphone high end tidak jadi masalah, karena ponsel pintar mereka akan disupport oleh vendor dengan kemampuan finansial dan riset yang memadai. Akan tetapi untuk pemilik smartphone low end, pengguna yang tidak memiliki support, dengan versi Android yang masih di bilang lawas yang rentan akan serangan malware. Kondisi ini lah yang mendorong Google meluncurkan program Android One.

Google membidik calon pembeli smartphone Android dengan dana cekak, Google telah menstandarkan spesifikasi hardware, untuk memudahkan Google dalam memberi support resmi, dan akan berjanji memberikan update untuk 2 tahun kedepan.

India menjadi negara pertama mendapatkan jatah dalam ketersedian hardware. Indonesia menajdi mangsas pasar selanjutnya dengan bekerja sama 3 vendor lokal.

Spesifikasi Hardware Android One

Soal hardware yang digunakan di Android One, Google memasang hardware tertentu. Hardware dari SOC MediaTek 6582 quad-core 1,3 GHz, RAM 1GB, ukuran layar layar 4,5 inch, kamera belakang 5 MP dan beberapa sensor. Dengan spesifikasi tersebut, review dari ponsel Android One yang ada dari India menyebutkan bahwa swmartphone Android One dapat menjalankan aplikasi dengan mulus. Untuk penyimpanan sendiri pada Android One generasi pertama memiliki memori internal 4 GB dan Android One generasi kedua sebesar 8GB dengan tambahan slot microSD untuk tambahan ruang penyimpanan.

Spesifikasi Software Android One

Software ini lah menjadi kelebihan utama dari Android One. Diracik sendiri oleh Google, Android One sudah menggunakan OS Android Lollipop sejak lahir. Android One untuk generasi pertama yang lahir di India, Lollipop 5.0 menjadi standar OS pada Android One. sedangkan ketika peluncurannya di Indonesia, Google telah mengupdate Android One dengan Lollipop 5.1. Membawa versi clean dari Android, menyisakan RAM yang cukup lega pada Android One dan tidak memberatkan sistem. Dengan dukungan resmi dari Google untuk 2 tahun, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna Android One.

Spesifikasi Kemampuan Android One Android One

Kemampuan yang disematkan pada Smartphone Android One didukung dengan prosesor Quad-Core berkecepaan 1,3 GHz yang didukung dengan OS Android Lolipop 5,0 .

Untuk masalah kualitas kinerja ponsel pintar ini didukung dengan RAM sebesar 1GB ditambah ruang penyimpanan yang cukup yakni sebesar 4GB untuk memori internalnya dan juga memori eksternal yang masih belum diketahui berapa kapasitas maksimalnya.

Tidak hanya unggul dijeroan ‘mesin saja’, smartphone Android One juga telah menggunakan teknologi IPS pada layar sentuh seluas 4,5 inci tersebut. Apalagi adanya Mali 400 GPU sebagai kartu grafis yang mendukung output gambar pada layar yang lebih jernih.

Disisi lain , Google telah mematok harga untuk smartphone Android One ini dengan bandrol di bawah 1juta . Google bekerja sama dengan vendor lokal untuk memproduksi Android One dan impian google menyebarkan internet ke plosok dunia sekian menjadi nyata atas hadirnya Android One.

Atas bantuan google vendor ponsel murah kini diperhitungkan oleh para vendor terkemuka yang mengusung system operasi android. Sukses buat google legend of teknology.

Itulah Mengenal Lebih Detail Spesifikasi Android One Smartphone Google. Indra/Diolah dari berbagai sumber.