Mengenal Lebih Jauh PLC dan Fungsinya

Mengenal Mesin Pemecah Batu dan Cara Kerjanya
March 31, 2015
Proses Fabrikasi Logam
Proses Fabrikasi Logam
April 2, 2015

Mengenal Lebih Jauh PLC dan Fungsinya

Yuk Mengenal Lebih Jauh PLC dan Fungsinya. Banyak perusahaan yang menggunakan PLC untuk menunjang proses produksi yang dilakukan oleh mesin-mesin berat yang digunakannya. Meski banyak perusahaan yang menggunakannya, namun tidak banyak yang mengetahui secara pasti apa dan bagaimana PLC tersebut bekerja. Bahkan mencari tenaga yang mampu membuat PLC seperti Sahl Engineering juga jarang sekali diketahui.

Mengenal Lebih Jauh PLC dan Fungsinya

Banyak yang mengatakan bahwa PLC merupakan seperangkat alat pengendali. Namun tidak menjelaskan lebih jauh bagaimana alat pengendali ini bekerja.

Di artikel ini akan dijelaskan secara mendasar tentang PLC dan anda akan diajak mengenal lebih jauh PLC dan fungsinya.

Mengenal Lebih Jauh PLC dan Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait PLC dan juga fungsi serta cara kerjanya yang dapat menunjang produksi sebuah perusahaan.

Pengertian PLC

PLC atau lebih dikenal sebagai Programmable Logic Controller adalah sebuah kemampuan yang erat kaitannya dengan memori untuk menyimpan program-program tertentu. Program-program ini dibuat untuk digunakan sehingga dapat diubah fungsi juga kegunaannya. Selain erat kaitannya dengan memori menyimpan program, PLC juga erat kaitannya dengan kemampuan untuk melakukan proses memasukkan aritmatika dan logika. Kemampuan ini biasanya erat kaitannya dengan operasi mengalikan, pembagian, mengurangi dan menambah juga membandingkan, negasi, AND dn OR dan seterusnya. PLC juga sangat berkaitan dengan kemampuan dalam mengendalikan dan mengatur juga menghasilkan keluaran yang diinginkan atau produksi sebuah produk yang dihasilkan.

Singkatnya, menurut forum sains.com pengertian PLC merupakan sebuah komputer atau PC. Berbeda dengan PC yang berada di rumah, PLC merupakan komputer yang khusus digunakan untuk keperluan industri. Jadi komputer ini memiliki program khusus industri yang digunakan untuk melakukan pengamatan proses, mengganti hard wiring control dan mempunyai kemampuan membuat program oleh dirinya sendiri. Satu hal yang harus menjadi catatan, meski menyerupai PC atau komputer, PLC sangat berbeda dengan komputer.

PLC khusus dibuat untuk pemasangan juga perawatan yang sering digunakan para teknisi dalam industri. Sedangkan menurut National electrical Manufacturing Assosiation (NEMA), PLC merupakan seperangkat alat elektronik yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai perintah dan fungsi yang sangat spesifik seperti komputer yang digunakan untuk menjalankan atau mengendalikan mesin pada sebuah industri. PLC ini memiliki kemampuan luar biasa dalam menjalankan proses bahkan secara terus-menerus berdasarkan perintah yang dimasukkan sehingga produksi berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Fungsi PLC

Fungsi PLC sendiri selain menjalankan perintah industri secara khusus PLC berfungsi sebagai pengendali sekuensial dan monitoring plant. Fungsi pengendali sekuensial adalah menjaga supaya semua langkah-langkah yang harus dilakukan mesin industri dapat berjalan sesuai urutan. Sedangkan fungsi monitoring plant adalah fungsi untuk membuat mengambil tindakan yang diperlukan terkait dengan proses industri yang berjalan.

Untuk membuat fungsi PLC berjalan maksimal perawatan berkala dengan menggunakan bengkel industri terbaik Sahl Engineering (  Contact: Tell 6221-32932559 | Mobile: 0813 1531 7698 ) merupakan langkah perawatan yang tepat. Bengkel industri terbaik yang bekerja dalam wilayah Jababeka, Cikarang dan Bekasi ini, selain melayani pembuatan PLC, juga mampu mengerjakan pekerjaan industri lainnya seperti desain dan pembuatan dies, jig juga fixture, hidrolik service, houshing piston, plating service, machining&manufacturing, shaft dan komponen untuk mesin industri dan masih banyak perawatan industri lainnya yang mampu ditangani secara profesional oleh Sahl Engineering.