Mengenal Mesin Pemecah Batu dan Cara Kerjanya

Teknik Perawatan Mesin Industri
March 30, 2015
Mengenal Lebih Jauh PLC dan Fungsinya
April 1, 2015

Mengenal Mesin Pemecah Batu dan Cara Kerjanya

Artikel ini akan membahas bagaimana Mengenal Mesin Pemecah Batu dan Cara Kerjanya. Dunia industri sudah kenal betul dengan mesin pemecah batu. Mesin yang juga dikenal sebagai stone crusher ini merupakan mesin yang digunakan untuk memecahkan batuandan juga materi padat lainnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Tentunya ukuran yang dihasilkan merupakan ukuran yang diinginkan sehingga dapat bernilai jual tinggi.

Mengenal Mesin Pemecah Batu dan Cara Kerjanya

Biasanya bentuk mesin pemecah batu ini beragam tergantung pada produsen yang membuatnya. Karena itu perawatan mesin ini sedikit lebih rumit dengan adanya beragam bentuk yang dimilikinya.

Mengenal Mesin Pemecah Batu dan Cara Kerjanya. Diperlukan tenaga yang ahli danmenangani berbagai macam mesin penghancur batu seperti Sahl Engineering untuk menangani perawatan mesin penghancur batu ini supaya selalu awet dan maksimal dalam bekerja.

Cara Kerja Mesin Penghancur Batu

Prinsip kerja mesin penghancur batu ini adalah memecah batuan yang besar dengan menggunakan teknik tertentu yang dilakukan dengan bertahap. Terdapat dua bagian utama yang bekerja dalam mesin pemecah batu ini. Bagian pertama adalah bak penampung awal. Pada bagian ini, batu yang akan dipecahkan akan ditempatkan. Proses selanjutnya akan membuat batu-batu yang ditempatkan pada bak penampungan ini berjalan menuju mesinpenghancur. Selanjutnya proses penghancuran akan terjadi dan hasil dari batu yang dihancurkan akan dialirkan menuju bak penampungan terakhir atau dibiarkan dijatuhkan di tanah.

Proses penghancuran batu oleh mesin dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama penghancuran akan dilakukan oleh primary crusher machine atau mesin penghancur primer. Penghancuran yang dilakukan pada mesin penghancur primer ini dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga ukuran batu yang dihancurkan masih berukuran kasar. Tahapan penghancuran kedua akan dilakukan oleh mesin penghancur sekunder dimana pada tahap ini ukuran batu menjadi lebih kecil dan dapat digunakan. Jika ukuran belum sesuai dalam penghancuran kedua, proses penghancuran akan berlanjut pada penghancuran ketiga yang dilakukan oleh mesin penhancur tersier hingga diperoleh ukuran batu yang sesuai dansempurna.

Mesin pemecah batu ini bekerja menghasilkan pecahan batu atau benda padat lainnya dengan ukuran tertentu. Karena itu meski memiliki berbagai macam ukuran, mesinpemecah batu tetap harus memiliki sifat-sifat umum sehingga dapat bekerja secara maksimal untuk menghancurkan. Sifat-sifat tersebut adalah mampu menghasilkan produk akhir yang berbentuk kotak, proses penghancuran dilakukan sederhana, kuat dan juga perawatan yang sangat mudah.

Perawatan Mesin Penghancur Batu

Bekerja dalam kapasitas yang tidak sedikit membuat mesin penghancur batu ini juga menghasilkan tenaga yang besar. Bahkan goncangan yang dihasilkan juga cukup besar untuk membuat mesin ini mengalami gangguan jika tidak dilakukan perawatan secara berkala pada komponen-komponennya.

Perawatan berkala yang sangat profesional danmurah tidak memakan biaya perawatan yang besar dapat dilakukan oleh bengkel industri Sahl Engineering. Bengkel industri terbaik yang bekerja di wilayah Jababeka, Cikarang danBekasi ini melayani desain dan pembuatan dies, jig juga fixture.

Selain itu bengkel ini juga mampu mengerjakan fabrikasi, hidrolik servis, cylinder/ houshing piston, machining & manufacturing, industrial automotion & programming logic control (PLC)dan masih banyak pekerjaan industri lainnya yang mampu dikerjakan secara profesional oleh Sahl Engineering.