Mengenal Teknologi Wireless untuk Akses Internet Cepat

Wi-Fi Direct Mempermudah Akses Internet Smartphone
November 14, 2015
Jenis Jenis Koneksi Internet Wireless
November 18, 2015

Mengenal Teknologi Wireless untuk Akses Internet Cepat

Mengenal Teknologi Wireless untuk Akses Internet Cepat

Ingin mengenal teknologi wireless untuk akses internet cepat secara mendetail dan lebih jauh? Tulisan ini akan membahasnya untuk Anda. Sebagian besar dari kita sudah mengenal apa itu internet. Tahu dan mengerti cara menggunakannya. Bahkan hampir keseharian kita tak bisa dilepaskan dari yang namanya internet. Tak mengherankan jika sekarang ini internet seolah menjadi salah satu kebutuhan dalam kehidupan manusia.

Mengenal Teknologi Wireless untuk Akses Internet Cepat

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, guna mendukung akses internet yang baik, cepat, dan stabil tentunya dibutuhkan suatu teknologi yang memudahkan seseorang dalam mengakses internet. Salah satunya adalah wireless.

Apakah Anda sedang mencari solusi untuk akses internet cepat tanpa kabel yang memberikan high speed internet access secara unlimited tanpa kuota bandwitdh? UniNa.net dengan badan hukum PT. Cahaya Buana Raksa adalah jawabannya.

Provider internet cepat wireless Karawang FaisalNetwork

UniNa.net bisa menyediakan akses internet global dengan teknologi dedicated backbone Fiber Optic dan Wireless. Dengan kecepatan mulai dari 1 Mbps yang dapat digunakan untuk akses internet secara terus-menerus selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, layanan Unina.net sangatlah reliabilitas dan handal dengan performansi akses terdukung  ketersediaan bandwidth ke global internet.

Kontak kami: di Jl. Raya Telagasari ( Ruko Depan SMAN I Telagasari ). Telagasari – FAISAL MUCHTAR Telp: 0856.9245.9912 / 0878.0016.4198 Email: faisalpenyair@gmail.com / faisalpenyair@cbr.co.id Web: https://faisalnetwork.com

Apa Itu Wireless?

Teknologi untuk menghubungkan jaringan serta memudahkan akses internet ini bekerja tanpa kabel alias nirkabel. Wireless sendiri merupakan suatu koneksi atau hubungan telekomunikasi yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik tersebut menggantikan penggunaan media kabel. Wireless hingga saat ini menjadi teknologi yang berkembang sangat pesat untuk memudahkan penggunaan internet baik melalui perangkat ponsel maupun komputer.

Wireless biasanya bekerja dengan kecepatan yang cukup tinggi yaitu sekitar 11 Mbps hingga 54 Mbps. Nah, wireless ini memiliki akses dan kecepatan internet yang jauh lebih cepat ketimbang layanan internet melalui telepon yang selama ini mendominasi layanan internet masyarakat.

Dengan wireless ini pengguna internet tetap bisa mengakses internet selama 24 jam. Biaya yang harus dikeluarkan juga tak mahal alias terjangkau. Pengguna juga tak akan dikenakan biaya pulsa. Jadi ketika pengguna ingin memanfaatkan wireless untuk akses internet yang cepat cukup membayar pada ISP (Internet Service Provider).

Wireless Broadband, Wi-Fi, dan WiMAX

Dalam perkembangannya internet cepat wireless ini muncul dengan berbagai teknologi koneksi. Di antaranya adalah wireless broadband, wi-fi, dan WiMAX. Berikut ulasan dan deskripsi ketiga jenis wireless atau media nirkabel tersebut.

Wireless broadband

Layanan wireless ini merupakan salah satu layanan yang memungkinkan akses internet dalam koneksi yang tak terbatas. Artinya kecepatan internet yang diperoleh semakin tinggi.

Wireless broadband ini sangat cocok untuk akses internet yang dibutuhkan oleh perusahaan maupun instansi pemerintah atau swasta. Wireless ini memanfaatkan radio link dalam mengoneksikan internet dari satu lembaga ke lembaga lain.

Wi-fi

Wi-fi atau wireless fidelity merupakan jaringan internet yang berbasis lokal nirkabel. Biasanya wi-fi disebut juga dengan istilah WLAN (wireless local area networks). Spesifikasi dari WLAN atau wi-fi ini berada pada IEEE (Institute of Electrical anda Electronics Engineers) 802.11.

Kini spesifikasi tersebut menggunakan standar baru yang terus dikembangkan, seperti 802.11a, 802.11b, dan 802.16g. Dengan adanya wi-fi ini penggunaan akses internet dimungkinkan lebih cepat melalui perangkat komputer maupun smartphone. Wi-fi bisa digunakan untuk pribadi maupun banyak orang (hotspot).

WiMAX

WiMAX merupakan koneksi broadband melalui wireless. Cakupan wireless ini diklaim lebih berkualitas yang menjanjikan askes internet dengan cepat dan praktis. Jangkauan atau cakupannya setara dengan MAN atau Metropolitan Area Networks.

WiMAX bisa dimanfaatkan dengan berbagai aplikasi seperti backhaul, backhaul WiMAX, backhaul hotspot, personal broadband, dan sebagainya.

WiMAX sendiri sebenarnya bisa diintegrasikan dengan wi-fi agar berjalan sinergis guna mendukung akses internet yang lebih cepat dalam ruang publik. Namun bisa juga saling mengisi dan melengkapi.

Itulah berbagai informasi penting seputar wireless yang terus dimanfaatkan sebagai teknologi koneksi dalam mengakses jaringan internet nirkabel. Dengan hadirnya wireless yang terus berkembang memungkinkan seseorang untuk menikmati internet dengan praktis dan cepat. Begitulah kelebihan yang dimiliki oleh internet cepat wireless. Demikianlah kita mengenal teknologi wireless untuk akses internet cepat.