5 Fakta Unik Bahasa Jepang yang Belum Anda Ketahui
December 5, 2015
Kursus bahasa Jepang
February 20, 2016

Adakah cara meningkatkan kemampuan bahasa Jepang secara otodidak? Inilah Enam prinsip belajar bahasa jepang secara mandiri. Informasi sekaligus tips belajar bahasa Jepang ini ditujukan bagi Anda yang pemula dalam bahasa Jepang. Terutama sekali Anda yang berkecimpung di dunia industri Jepang di KIIC Suryacipta Karawang atau Jababeka Bekasi, kini telah Tensai Indonesia di Karawang sebagai tempat kursus bahasa Jepang yang tentu saja akan membantu Anda meningkatkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi dalam bahasa Jepang.

Kontak Tensai Indonesia: Kampus Utama: Ruko Emporium blok VII C-5 Galuh Mas Karawang

  • Tel: +62-267-8637522
  • Mobile: +62815319262728
  • Mobile: +6285691877714

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Jepang secara Otodidak

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Jepang secara Otodidak

Belajar bahasa jepang secara mandiri memang harus dilakukan untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Jepang, dan belajar Bahasa Jepang bisa dilakukan dengan beragam cara. Namun, apakah Anda pernah berpikir mengapa sebagian orang lebih cepat untuk belajar bahasa asing ? Ternyata sebagian orang yang lebih cepat belajar bahasa asing menggunakan karena enam prinsip dibawah ini.

Hilangkan rasa takut Anda

Aspek yang paling penting ketika belajar bahasa asing apapun adalah harus menghilangkan rasa takut. Ketika Anda mencoba untuk berbicara dalam bahasa yang Anda tidak tahu dengan baik, maka wajar jika Anda menjadi kurang percaya diri. Ketika ingin mengucapkan kata-kata dengan benar, sementara Anda takut yang muncul malah kalimat yang kurang dimengerti lawan bicara. Kondisi seperti ini wajar, tetapi khawatir tentang hal-hal tersebut tidak akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Anda.

Ketika belajar Bahasa Jepang, Anda akan membuat kesalahan dan mungkin menimbulkan rasa malu pada diri sendiri. Namun cara ini terbukti efektif, sebab semakin cepat Anda menerima kesalahan yang Anda buat, semakin cepat pula Anda menjadi fasih berbahasa Jepang. Dan hal yang perlu Anda ingat adalah tidak ada yang peduli tentang seberapa banyak kesalahan yang Anda buat. Jadi jangan khawatir tentang hal tersebut dan teruslah belajar.

Berbicara dengan jelas dan keras

Orang Jepang berbicara satu sama lain seolah-olah berbisik atau bergumam. Tetapi jika Anda lakukan hal ini dengan penutur pemula Bahasa Jepang, maka lawan bicara Anda tidak bisa memahaminya.

Percaya atau tidak, berbicara dengan keras, jelas, dan perlahan-lahan akan membantu lawan bicara memahami apa yang Anda bicarakan. Hal ini terkait dengan poin pertama, yaitu jangan takut berbuat kesalahan. Jadi ketika lawan bicara tidak mengerti apa yang Anda bicarakan, ulangi persis seperti apa yang Anda katakan sebelumnya, tetapi lakukan dengan lebih jelas dan keras. Kemudian, jika lawan bicara Anda masih belum tidak mengerti juga, coba gunakan kata atau kalimat yang berbeda.

Berlatih setiap hari

Belajar bahasa sangat mirip seperti belajar alat musik. Sebab lebih baik berlatih 15 menit setiap hari daripada latihan setiap 1 jam dalam satu minggu. Belajar bahasa asing membutuhkan disiplin, komitmen, dan kemauan untuk melakukan hal yang sama secara berulang-ulang hingga Anda menjadi mahir.

Mengembangkan indra pendengaran dengan baik

Memiliki indra pendengaran yang baik adalah hal penting ketika belajar bahasa baru, karena Anda perlu membedakan suara-suara yang dikeluarkan suatu kata asing . Sebagai permulaan, kecilkan volume ketika mendengarkan musik atau menonton TV. Sebab mendengarkan dengan suara keras dapat merusak telinga Anda, dan juga konsekuensi jangka panjang.

Belajar Bahasa Jepang dari orang yang berjenis kelamin sama

Hal ini sangat penting jika Anda ingin belajar Bahasa Jepang dalam suasana santai, sebab laki-laki dan wanita Jepang berbicara sangat berbeda dalam suasana santai. Kebanyakan pria asing di Amerika berbicara Bahasa Jepang seperti wanita Jepang, sebab mereka belajar dari mantan kekasih atau teman perempuannya. Tentu kondisi ini bukanlah hal yang Anda inginkan.

Temukan orang yang ingin mengerti Anda

Seberapa baik seseorang memahami kemampuan Bahasa Jepang Anda yang masih terbatas juga cukup berpengaruh. Sebab Anda membutuhkan lawan bicara yang bersedia memahami kondisi tersebut agar komunikasi terus berlanjut.

Semoga Anda akan menemukan penutur Bahasa Jepang asli yang bersedia menghabiskan waktu dan tenaganya untuk memahami Anda. Ini mungkin adalah cara tercepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang secara Otodidak.