Menonton Film Sedih Ternyata Dapat Mengurangi Rasa Sakit

Kacang dan Telur Bisa Mencegah Alergi pada Bayi
Kacang dan Telur Bisa Mencegah Alergi pada Bayi
October 6, 2016
Riset berhasil menumbuhkan ubi jalar dengan vitamin A lebih
Sebuah Riset Berhasil Menumbuhkan Ubi Jalar dengan vitamin A Lebih
October 15, 2016

Melihat film sedih seringkali disarankan oleh dokter. Kenapa demikian? Apakah menonton film sedih ternyata dapat mengurangi rasa sakit? Belakangan ini ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa menonton film yang sedih dapat meningkatkan toleransi manusia terhadap rasa sakit.

Para peneliti di Oxford University mengatakan bahwa film yang menguras emosi kesedihan dapat meningkatkan kandungan endorphin yang dikeluarkan oleh otak.

Endorphin sebagai hormon penghilang rasa sakit alami yang ada di tubuh manusia tersebut adalah zat kimia yang dihasilkan tubuh manusia sehingga membuat manusia merasa lebih baik setelah mengalami rasa sakit secara fisik maupun kejiwaan.

Dr Robin Dunbar yang menuliskan penelitian tersebut menjelaskan bahwa kemungkinan rasa sakit dan penderitaan yang berasal dari tragedi memicu sistem endorphin. Ia menambahkan bahwa area yang sama pada otak yang memegang peranan terhadap rasa sakit secara fisik juga berperan terhadap rasa sakit terhadap kejiwaan.

Dr Dunbar dan rekan – rekan penelitinya menghubungkan serangkaian uji coba untuk memperkirakan efek cerita tragis menyedihkan terhadap manusia. Mereka mengundang 169 peserta untuk berpartisipasi dalam sebuah percobaan.

Satu grup menonton film drama sedih tentang orang cacat gelandangan yang berjuang terhadap hidupnya yang mengalami kecanduan narkoba dan alkohol. Grup lainnya menyaksikan sebuah film dokumenter tentang geologi dan arkeologi tentang Inggris.

Hasil uji coba itu kemudian memperlihatkan rata-rata, toleransi rasa sakit pada mereka yang menonton film sedih meningkat hingga 13,1 persen. Hasil tersebut dibandingkan rata-rata penurunan rasa sakit hanya 4,6 persen pada penonton film dokumenter.

Dr Dunbar menyimpulkan bahwa untuk mendapatkan hormon endorphin aktif dalam tubuh manusia sehingga bisa mengurangi rasa sakit, menonton film sedih adalah cara alaminya.

Artikel tentang menonton film sedih ternyata dapat mengurangi rasa sakit ini bersumber: