9 Fakta Smartphone Google Android One
February 11, 2015
Cara Mendapatkan 2 Pin BB Satu Smartphone Android
February 14, 2015

Misi Google di Balik Android One

Ya tentu ada maksud atau misi tertentu Google dalam Android One, misi Google di balik Android One ialah ingin membuat sebanyak mungkin orang menggunakan smartphone berbasis android dan memperluas pengaruhnya di dalam dunia teknologi mobile. Karenanya tak heran jikalau ponsel Android One dibuat murah agar terjangkau, terutama mereka yang baru akan menggunakan smartphone.

Seperti yang dikatakan oleh Senior Vice President Google, Sundar Pichai yang menyatakan Android One diciptakan agar semakin banyak orang bisa menggunakan smartphone.

Misi Google di Balik Android One

Misi Google di Balik Android One

“Tujuan kami ialah mengembangkan smartphone kualitas tinggi dengan harga miring,” tambah Sundar. “Walaupun sudah ada kurang lebih 1,75 miliar orang di dunia sudah punya smartphone, mayoritas dari populasi dunia, lebih dari 5 miliar, belum memilikinya,”

Selain itu juga Google berharap bisa menghapus citra jelek ponsel Android murah itu kurang baik. Android One memang dirancang memiliki pengalaman pemakaian yang cukup bagus.

Lebih lanjut google berharap manfaat pemakaian smartphone Android dengan harga murah ini menghadirkan manfaat besar bagi lebih banyak orang. Mereka bisa mengakses berbagai layanan seperti video call atau aplikasi peta untuk melakukan berbagai hal.

Misalnya banyak pengguna yang hanya mampu melakukan panggilan telepon sederhana, dengan android one mereka dapat terhubung secara langsung dengan keluarga melalui video call dan menggunakan aplikasi peta untuk mencari rumah sakit terdekat bila ada situasi darurat, atau sekadar menelusuri web. Kami ingin agar pengalaman semacam ini dinikmati oleh lebih banyak orang.

Dengan alasan inilah mengapa Google ingin agar Android di pasar low end ini perlu standar atau penyeragaman. Mereka merancang Android One yang membuat raksasa teknologi tersebut tidak hanya mengontrol software, tapi juga hardware di sebuah perangkat.

Platform Android One ini sudah mengusung Android terbaru, yaitu Android Lollipop 5.1, dan dijamin paling cepat mendapatkan update, seperti Google mempelakukan anak tirinya Nexus. Hardware Android One juga dipilihkan secara cermat oleh Google. Dar hal tipe kameranya, prosesornya, RAM, serta baterainya telah dipilih spesifik agar dapat menyatu dengan software. Sehingga, walau memiliki embel-embel low end tapi performa ponsel tetap optimal dan berkelas.

“Ambisi dan misi Google di sini cukup jelas. Jika Android One sukses, Google bisa mengambil kembali pangsa pasar besar yang telah diambil oleh para manufaktur Android di seluruh Asia, di mana mereka sering membuat ponsel Android murah dengan kualitasnya juga murahan,” ucap Jack Dutton dari Business Insider.

Misi Google di Balik Android One, sumber: liputan6, Republika, & Kompas