Mudah Bikin File Jpeg dari Aplikasi Apapun

Cara Identifikasi Font
June 14, 2009

Mudah Bikin File Jpeg dari Aplikasi Apapun

Bagaimana cara mudah bikin file Jpeg dari aplikasi apapun. JPEG (diucapkan JAY-peg; IPA: ) digunakan sebagai metode standar kompresi gambar-gambar fotografi. Nama JPEG sendiri singkatan dari Joint Photographic Experts Group. Gambar dengan format JPEG selain dikenal ringan juga tidak mengurangi kualitas resolusi pada ukuran-ukuran tertentu. Pokoknya format ini paling ngetop deh.

Ada sih perbedaan pendapat di kalangan para pengikut madzhad fotografi, sehingga format ini juga telah berevolusi menjadi beberapa versi. Ah sudahlah, malah makin ngawur, njelasinnya. Yang jelas, gambar biar ringan dan kualitas tetap baik, gunakan format ini.

Mudah Bikin File Jpeg dari Aplikasi Apapun

Mudah Bikin File Jpeg dari Aplikasi Apapun

Format jpeg 99.99 % didukung oleh seluruh aplikasi pengolah gambar apapun di jagad perdesainan. Karenanya bagi mereka para desainer grafis hal ini merupakan urusan sepele, ya gak?. Tapi masa iyah sih cuma pengen membuat jpeg dari file di ms word, desktop atau file-file yang kadang kita gak buat pake software2 grapich design, kita harus berepot diri membuka photoshop atau CorelDRAW?

Cara paling gampang adalah buka gambar atau file yang akan kita jadikan jpeg. Kalo udah terbuka, tekan tombol printscreen di keyboard, buka ms paint lalu klik menu edit, klik paste, atur dikit tinggi rendahnya, lalu save as jpeg, gampang kan?

Cara tadi mungkin akan menghasilkan output jpeg yang kurang maksimal dalam resolusi. gunakan cara kedua, print pake ms dokument image writer. jika anda menginsal ms office generasi office xp ke atas, akan tersedia bawaannya. Tinggal bukan menu print dari aplikasi yg bersangkutan, pilih printernya document image writer. Biasanya sih file output berupa format MDI, tenang, buka aja pake MS. Photo Picture Manager, export ke format jpeg.

Ribet? cara selanjutnya gunakan image printer driver, yaitu semacam software pengkonversi dari file apapun menjadi jpeg, kecuali file audio tentunya, misal: zan image printer download di sini trialnya. Instal, lalu dari aplikasi apapun yg kita ingin bikin jpeg, pilih menu print, pilih printer zan image…bla..bla.

Masih repot juga? gak tahu deh harus pake tips apalagi..

referensi: google, wikipedia, zanwebsite, pengalaman, dll