Aneka Resep Ikan Asin
June 16, 2008
Nasi Goreng Kurma
Nasi Goreng Rasa Kurma
May 15, 2009

Nasi Goreng Kencur

Nasi goreng kencur, sepertiapa rasanya? Ini adalah resep bapak saya, nasi goreng pake kencur alias bumbunya mesti harus ada kencur. Ayah saya adalah figur yang berpengaruh dalam watak dan tabiat kebapakan saya, bahkan sampe urusan dapur, meski dikit sih.

Nasi goreng, siapa sih yang gak tahu? Macam-macam jenisnya sudah ada di Indonesia ini. Tapi bagi saya, nasi goreng tidak lengkap tanpa kencur tergerus bersama bumbu lainnya. Aneh bagi anda? ya nggak apa-apa, namanya juga selera, mesti berbeda, ha..ha

Ilustrasi - Nasi Goreng Kencur

Nasi Goreng Kencur

Aneh mengapa saya nulis postingan ini? Saya memang agak hobi ngerecokin bini di dapur. Saya dan istri tentu saja, beda selera, istri sunda dan saya jawa. Sebagai istri yang baik tentunya tahu selera suami, karena istri saya kurang paham betul selera orang Jawa, apalagi perut saya, maka ya seringlah saya campur tangan di sana, di dapur.

Kemarin malam tidak sengaja saya buka lemari pendingin, dan eh semangkuk kencur ada di sana. Rupanya si dia perhatian juga sama saya, mungkin karena 3 hari yang lalu ketika perut saya bermasalah hingga libur 2 hari dan saya bilang kalo bisa di kulkas ada kencur yang banyak buat persediaan urusan sakit perut dan sebagainya.

Eh, beneran jadi dicariin juga oleh bini. Ah, jadi inget kalo saya suka nasi goreng kencur, ah.. ntar malem mungkin bisa masak2 lagi..

———————-

NASI GORENG KENCUR

Bahan-bahan:

  1. Nasi sepiring, usahakan yang agak pera
  2. Bumbu: kencur, bawang merah, bawang putih, cabe, garam, untuk penyedap rasa, karena gak sehat, cukup perbanyak bawang putihnya
  3. Kecap? ah saya agak kurang suka
  4. Minyak, kompor, wajan, sendok, piring ha..ha

cara bikin:

  1. Tumbuk atau gerus semua bumbu, kecuali bawang merah dan garam
  2. Iris-iris bawang merah
  3. Tumis terlebih dahulu bumbu, kemudian campurkan irisan bawang merahnya
  4. Tambahkan garam secukupnya
  5. Setelah tercium aromanya masukan nasi
  6. Aduk, dan mainkan api di kompor biar gak terlalu besar atau kekecilan
  7. Cicipi apakah rasa garam cukup jika gak bisa ditambahi, jangan kebanyakan karena rasa asin gak bisa dikurangi..
  8. Aduk terus dan cicipi lagi jika telah sesuai selera
  9. Angkat, dan sajikan, gampang kan?

Anda? Gimana suasana anda dengan istri dalam urusan dapur? Mungkin lebih seru dari saya..