5 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia Menurut WorldAtlas.com

5 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia Menurut WorldAtlas.com

5 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia Menurut WorldAtlas.com. Manakah negara yang menjadi penghasil emas terbesar di dunia? Menurut WorldAtlas.com, Cina menghasilkan lebih banyak emas daripada negara lain di dunia, diikuti oleh Australia, Rusia, dan Amerika Serikat.

Emas adalah logam mulia yang menjadui standar mata uang. Itulah mengapa produksi emas begitu penting. Lalu apakah tren dan pengaruh ekonomi yang mendorong produksi emas dan juga mendorong harganya? Karena permintaan komersial, emas dibuat menjadi perhiasan. Selain itu juga permintaan keuangan karena digunakan untuk mengelola risiko dalam portofolio keuangan dan untuk melindungi kekayaan banyak orang. Ini juga memiliki kegunaan periferal dalam teknologi seperti smartphone.

Cina menghasilkan lebih banyak emas daripada negara lain di dunia. Asia secara keseluruhan menghasilkan 22% dari total produksi dunia. Amerika Tengah dan Selatan menyumbang 17% dengan Amerika Utara berkontribusi 15%. Afrika menghasilkan 20% dan wilayah Uni Soviet C.I.S sebelumnya 14%. Hebatnya, daur ulang emas menyumbang sepertiga dari total produksi.

Di bawah ini adalah daftar negara penghasil emas teratas di dunia. Semua angka berasal dari Survei Geologi AS.

Negara-negara produsen Emas Terbesar

1. Cina – 440 Ton

Pada tahun 1990, Pemerintah Tiongkok mengeluarkan undang-undang yang mempermudah pembelian emas. Akibatnya, permintaan meningkat, seperti halnya investasi dalam bentuk batangan dan koin. Hari ini, Cina menghasilkan 440 metrik ton emas setiap tahun, lebih banyak dari tempat lain di dunia.

Faktor lain yang mungkin bertanggung jawab atas permintaan emas adalah pertumbuhan kekayaan di Tiongkok. Sejak 1980, peningkatan 20% dari populasi Cina memilih untuk tinggal di daerah perkotaan. Ketika kekayaan per kapita meningkat, permintaan emas pun meningkat.

  • Sebagian besar emas yang diproduksi di Cina tetap berada di negara itu.
  • Sebelum Cina meraih posisi teratas, Afrika Selatan dulunya merupakan produksi emas terbesar di dunia.
  • Namun, peningkatan komplikasi dan biaya yang terkait dengan penambangan emas di Afrika Selatan telah menyebabkan produksi emas di negara itu menurun.
  • Afrika Selatan sekarang adalah produsen terbesar keenam di dunia.
  • Meskipun Cina menghasilkan lebih banyak emas daripada negara lain, ukuran cadangannya tidak sebesar itu dalam hubungannya dengan negara lain.
  • Tambang ditemukan di seluruh negeri, dengan kota Zhaoyuan, Shandong, disebut “kota emas resmi” karena produksi emas berskala besar.

2. Australia – 300 Ton

Sejarah penambangan emas komersial di Australia sudah ada sejak pertengahan 1800-an, ketika demam emas Australia pertama kali terjadi. Saat ini, Australia adalah negara penghasil emas terbesar kedua di dunia, dengan sekitar 300 ton diproduksi oleh Australia setiap tahun.

  • Meskipun posisi negara itu tinggi, diperkirakan bahwa sebagian besar cadangan emas di Australia tidak dapat diakses dan karenanya tidak dapat ditambang untuk tujuan komersial.
  • Cadangan emas ditemukan hampir di seluruh negeri, dengan jumlah tertentu di negara bagian New South Wales, Queensland, dan Australia Barat.
  • Cadangan emas terbesar di Australia adalah deposit emas dan tembaga Boddington di luar Perth, Australia Barat.

3. Rusia – 255 Ton

Sebagai negara terbesar di dunia, dan salah satu negara dengan sumber daya alam paling banyak, tidak mengejutkan bahwa Rusia adalah salah satu penghasil emas terpenting di dunia. Produksi emas tahunan Rusia adalah 255 ton.

  • Ada sejumlah mineral di mana Rusia berada di peringkat di antara produsen top dunia, termasuk silikon, aluminium, dan tembaga.
  • Mayoritas produksi emas Rusia terjadi di Timur Jauh negara itu dan di Siberia.
  • Selama sepuluh tahun terakhir, produksi emas di Rusia terus meningkat.

4. Amerika Serikat – 245 Ton

Bagian terpenting dari sejarah penambangan emas AS mungkin adalah California Gold Rush, tetapi penambangan emas di Amerika Serikat berawal setidaknya pada tahun 1700-an. Saat ini, Amerika Serikat adalah produsen emas terbesar keempat di dunia. Nevada adalah produsen emas terbesar di seluruh negara bagian AS, diikuti oleh Alaska.

  • Tambang emas terbesar di Amerika Serikat adalah tambang Goldstrike di utara-tengah Nevada.
  • Itu juga merupakan tambang emas terbesar di Amerika Utara.
  • Tambang emas terbesar kedua adalah tambang emas Cortez, juga di Nevada.
  • Tambang menghasilkan sekitar 32 dan 28 ton, masing-masing.

5. Kanada – 180 Ton

Kanada adalah produsen emas terbesar kelima di dunia, dengan 180 ton emas diproduksi setiap tahun. Mirip dengan tetangganya di selatan, Kanada juga mengalami Demam Emas sendiri di tahun 1800-an, khususnya di wilayah utara Yukon.

  • Sebagian besar dari emas yang diproduksi di Kanada dipanen sebagai produk sampingan penambangan.
  • Sebagian besar emas negara itu ditemukan di Canadian Shield, wilayah geologis yang ditemukan di seluruh negeri.
  • Emas pertama kali ditemukan di Kanada di Townships Timur Quebec.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.