Netizen dan Budaya Belanja Online

9 Alasan Bisnis Anda Harus Punya Website
June 6, 2010
Toko online di Indonesia dengan negara lain
Perbedaan Toko Online di Indonesia dengan Negara Lain
September 29, 2016

Netizen dan Budaya Belanja Online

Netizen dan Budaya Belanja Online

Ingin tahu fenomena bagaimana gaya hidup netizen dan budaya belanja online? Penduduk dunia virtual atau yang biasa kita sebut sebagai Netizen, merupakan salah satu peran terpenting dalam pertumbuhan era digital saat ini. Netizen terus tumbuh beradaptasi mengkuti perkembangan yang ada. Teknologi dan Inovasi, yang membawa masyarakat ke era digital menciptakan perubahan yang sangat besar pada tingkah laku  masyarakat. Masyarakat bebas berkomentar dan menjadi lebih terbuka dalam menyampaikan pemikiran mereka di dalam internet.

Netizen dan Budaya Belanja Online

Netizen dan Budaya Belanja Online

Hal ini membuat hubungan diantara masyarakat menjadi horizontal, tanpa adanya batasan yang menghubungkan mereka untuk saling berinteraksi satu sama lain. Begitu juga yang terjadi pada fenomena blanja online. Di dalam internet penjual dan pembeli bisa bertemu satu sama lain walaupun jarak sesungguhnya sangat jauh, belum lagi dengan kehadiran media sosisal yang semakin membuat interaksi berjalan sangat cepat.

Dapat kita katakan juga bahwa blanja online menjadi budaya yang menjamur dalam masyarakat modern pada saat ini, Masyarakat tidak perlu repot lagi dalam berbelanja. Mereka dapat berbelanja di dalam rumah dengan santai dan tidak perlu mengeluarkn tenaga untuk keluar pergi ke pusat perbelanjaan.

Hal ini juga membuat para pelaku usaha untuk menyesuaikan dengan tingkah laku masyarakat saat ini, agar para pelaku usaha tidak tertinggal dan terus dapat tumbuh menjalankan usahanya. Contohnya bisa kita lihat dari banyaknya media cetak yang lebih focus pada online dengan beralih pada suatu website. Kehadiran toko-toko oline di media social dan pertumbuhan e-commerce yang terus berkembang menjadi bukti bahwa masyarakat selalu menuntut akan kemudahan. Bahkan jika dilihat beberapa perusahaan retail besar saat ini memutuskan untuk membangun sebuah situs belanja onlinenya sendiri demi untuk meningkatkan keuntungan.

Belanja Online di blanja.com

Di Indonesia sendiri, pertubuhan e-commerce semakin pesat. Banyak sekali bermunculan marketplace yang bisa dinikmati oleh masyaratkat saat ini. Meskipun persaingan yang terjadi semakin ketat, namun e-commerce sendiri masih menjadi ladang bisnis yang sangat potensial. Oleh karna itu, kehadiran e-commerce harus bisa memberikan warna baru yang berbeda, salah satunya seperti blanja.com. blanja.com sendiri merupakan hasil dari joint venture antara perusahaan telkomsel dengan ecommerce rasaksa dunia eBay. Dengan bermitra bersama eBay membuat blanja.com berbeda denngan eCommerce yang lainnya.

Di blanja.com sendiri menawarkan berbagai macam produk yang cukup lengkap, mulai dari pakaian, sepatu, produk kecantikan, makanan, peralatan rumah tangga, mainan anak, dan lain-lain. Karena blanja.com bermitra dengan eBay, kita bisa menemukan produk yang tidak dijual oleh eCommerce lainnya. keunggulan lagi dari blanja.com yaitu pengembalian barang atau refund jika barang yang diterima tidak sesuai pemesanan yang Anda order. Jadi jika ada kesalahan dalam pembelian Anda tidak usah pusing tinggal refund saja, refund di sini sesuai ketentuan berlaku.

Dengan kehadiran e-commerce yang terpercaya seperti blanja.com, hal ini akan membuat semakin banyak masyarakat yang  bertransakasi untuk berbelanja secara online dan pertumbuhan pengguna internet yang bertransaksi di e-commerce akan terus meningkat.