Panduan Google Adsense bagi Pemula Panduan Singkat Ultimate Guide

Perubahan Zona Waktu Pada Laporan Earning Google Adsense
July 26, 2013
Kini Daftar Adsense Lebih Cepat dan Mudah
October 13, 2015

Panduan Google Adsense bagi Pemula Panduan Singkat Ultimate Guide

Tulisan berikut akan berbicara tentang Panduan Google Adsense bagi Pemula, Jika anda facebooker sekaligus blogger atau webmaster dan belum bergabung dengan program periklanan Google atau anda yang sedang mencari referensi Adsense bagi pemula, tulisan ini semoga bermanfaat bagi anda.

Panduan Google Adsense bagi Pemula

9 Panduan Google Adsense Bagi Pemula

Mohon sedikit perhatian anda, baik-baik. Sebelum anda benar-benar membulatkan tekad bergabung dengan program Google Adsense yang tentu saja insyaa Allah bisa mendatangkan pendapatan tambahan dari website / weblog anda, ada beberapa hal yang harus anda kaji ulang kembali terhadap weblog / website yang akan anda ajukan.

Sebelumnya, jika Anda sangat pemula dan butuh info lengkap tentang panduan membuat blog Anda bisa membaca cara membuat blog di sini: https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-blog/. Di sana ada beberapa panduan mudah membuat blog yang baik.

1. Syarat-syarat Website / Blog untuk Daftar Google Adsense

  1. Keunikan Konten. Apakah website / weblog anda terisi dengan konten-konten unik/berbeda dari konten-konten di website/weblog milik orang lain?
  2. Kualitas Konten. Jika konten-konten yang anda milik pada website/blog anda telah anda rasa hanya anda saja yang punya alias orisinal karya / milik anda, kemudian apakah nanti konten-konten tersebut membawa manfaat bagi para pengunjung weblog/website anda? Simpelnya adalah seberapa berkualitaskah konten-konten weblog/website tersebut?
  3. Kuantiti Konten. Selain keunikan dan kualitas, jumlah juga mempengaruhi. Anda setidaknya memiliki konten-konten unik dan berkualitas dengan minimal jumlah 20, lebih banyak lebih baik.
  4. Usia website /blog. Faktor jam terbang/pengalaman sangat berpengaruh di dunia karir di dunia nyata/offline. Begitu pula pada proses keterimaan sebuah website/weblog pada program google Adsense. Jangan harap website/blog yang baru saja anda bangun dan domain yang baru anda daftarkan bisa lolos seleksi keterimaan Google Adsense. Cari amannya, minimal adalah 1 tahun. Saya sendiri harus melewati berkali-kali ditolak oleh Google Adsense.
  5. Kaji ulang, apakah konten-konten anda memang pantas untuk dijadikan sebagai media advertising / Iklan?

2. Proses Mendaftar di Google Adsense

Jika 5 prasyarat di atas telah anda penuhi, silahkan menuju ke form pendaftaran Google Adsense di sini: https://google.com/adsense

Isikan semua detail informasi. Jangan lupa untuk menyertakan Nama Lengkap anda, nama lengkap anda adalah nama anda yang anda gunakan di rekening bank anda.

Selanjutnya adalah alamat, isikan alamat sesuai KTP /kartu identitas anda, Alamat Kacau, repot urusannya.

Terakhir pada proses pendaftaran Google Adsense ini adalah, hanya ajukan 1 website / blog anda yang anda anggap paling terbaik memenuhi kriteria  di atas.

3. Informasi Dasar tentang Adsense

Silahkan menunggu setidaknya 1 pekan sebelum manajemen Google Adsense mengirinkan informasi penerimaan atau penolakan terhadap aplikasi pengajuan anda setelah tentu pihak Google mengevaluasi website anda.

Sambil menunggu proses evaluasi, marilah kita lihat dulu informasi tentang Page Impresion, CPC, CTR dan eCPM

Page Impression adalah Setiap Kali seorang pengunjung mendapat tayangan Iklan Google. Sementara CPC adalah singkatan dari Cost Per Click, CTR merupakan kependekan dari Click Through Rate, dan eCPM ialah Earning/Impression*1000

Jangan banyak tanya dulu, ayo baca-baca lagi panduan Google Adsense bagi pemula ini.

4. Terms Of Service Google Adsense

Jika anda sukses diterima menjadi sebagai publisher / penayang iklan dari Google Adsense, maka nantinya anda harus mematuhi aneka kode etik, undang-undang atau peratuaran atau apalah dari beberapa hal yang tidak boleh anda langgar. Apa sajakah itu?

  • Anda tidak boleh meletakkan iklan Adsense pada halaman kosong di web/blog anda, apalagi cuma halaman terima kasih doank.
  • Bagi anda yang punya akun adsense lebih dari satu.. (cieh, satu berhasil, jadi ketagihan deh.. daftar pake alamat mertua, dan berhasil juga? kayak ane donk..) Jangan coba-coba pasang banyak akun adsense pada satu website. Kemaruk tidak baik pada usaha penerbitan Iklan Adsense.
  • Pada website atau blog anda, adalah wajib anda cantumkan Privacy Policy secara jelas, gak jelas? Silahkan bertanya.
  • Dilarang membuat konten yang berisi hal-hal P*rn*grafi, Perjudian, Software bajakan, hasutan, tulisan SARA, dan sebagainya
  • Dilarang menampilkan lebih dari 3 unit iklan pada satu halaman di website /weblog anda.
  • Dilarang menampilkan iklan adsense pada konten/tulisan salinan/duplikat, kopas, dan sebagainya.
  • Paling penting, dilarang mengKLIK iklan anda sendiri

Silahkan anda camkan 7 aturan penting tersebut, sekali anda langgar, tunggu pemberitahuan ditutupnya akun adsense anda.

5. Cara Menerima Pembayaran Google Adsense

Oke, anggap saja anda telah mendapatkan bayaran pertama adsense anda, bingung dengan aneka teknis penerimaan pembayaran Google Adsense? Silahkan bertanya melalui kolom komentar, kini kita bicara aneka tips supaya pendapatan adsense anda meningkat.

6. Mengoptimasi Unit Google Adsense

Pemilihan ukuran unit iklan adsense sangat penting. Karenanya tepatlah dalam menentukan ukuran unit iklan adsense untuk anda pasang di website / blog anda.

Yang terbaik adalah unit iklan adsense 336×280 atau Large Rectangle atau kotak besar, lalu unit iklan Medium Rectangle 300×250 dan disusul dengan unit iklan 160×600 atau Wide Skyscraper.

Jangan lupakan untuk meng-enable pilihan Text & Rich Media guna meningkatkan CPC anda.

Untuk masalah tampilan warna iklan, Blend sajalah, atau sesuaikan warna iklan dengan tampilan web/blog anda. Kesesuaian akan dianggap elegan, kontras jika tidak pada tempatnya akan dianggap tidak profesional, silahkan pilih.

7. Penempatan Posisi Google Adsense / Ads Placement

Faktor penempatan unit Iklan Adsense juga sangat penting. Silahkan anda perhatikan para blogger profesional menempatkan posisi iklan-iklan Google Adsense.

Ini penting: Placement Targeting. Posisikan / tempatkan iklan anda pada posisi yang strategis dari konten web/blog anda sehingga menjadi target dari pengunjung website/ blog anda.

8. Keyword sebagai relevansi konten dan Googel Adsense

Adalah relevansi antara konten dan iklan menjadi  potensial bagi pendapatan anda. Karenanya praktekkan hanya SEO yang benar guna mendapatkan tayangan iklan yang relevan dengan konten anda. Lebih banyak iklan yang relevan akan mendatangkan potensi klik yang besar.

Gunakan keyword-keyword penting pada heading, seperti H1, H2 dan sebagainya. Juga jumlah keyword yang memadai pada konten anda.

Membuat konten berkualitas tinggi dengan ukuran yang panjang juga akan mendatangkan tayangan Adsense yang lebih baik.

9. Ikuti dan Patuhi panduan pada Google Webmasters

Terakhir tentang Panduan Google Adsense bagi Pemula: Jangan tinggalkan untuk selalu mematuhi panduan pada Google Webmasters.

Oh ya, sekali lagi saya sampaikan agar beberapa hal yang telah saya tulis di atas tentang beberapa hal terlarang pada Google Adsense agar selalu dipatuhi. Rinciannya kembali saya runutkan:

  1. Jangan pernah klik iklan Google Adsense anda sendiri. 2. Hindari konten bajakan, curian, plagiat, hasil spinner dan sebagainya. 3. Jangan gunakan gambar yang memiliki hak cipta orang lain. 4. Jangan pernah menyuruh orang lain meng-klik iklan anda. 5. Jangan pernah mengutak-atik kode iklan Google Adsense. 6. Jauhi Autoblog, robot blog dan sebagainya. 7. Jangan sok-sokan pamer nyebutin jumlah angka uang yang anda peroleh dari Google Adsense. 8. Mungkin ini terakhir, haramkan konten-konten tentang jual beli prngrafi, narkoba, senjata, rokok, alkohol dan sebagainya.

Demikian Panduan Google Adsense bagi Pemula Panduan Singkat Ultimate Guide, semoga bermanfaat.