Pasca Kudeta Turki Gagal 6000 Orang Ditangkap

Pasca Kudeta Turki Gagal 6000 Orang Ditangkap

Pasca Kudeta Turki Gagal 6000 Orang ditangkap. Pemerintah Turki berusaha keras menangkap semua yang terlibat dalam upaya kudeta yang gagal minggu lalu. Turki telah menangkap 6000 anggota kehakiman dan militer termasuk beberapa hakim ternama dan beberapa jenderal. Turki juga menahan hampir 8000 petugas kepolisian. Presiden Turki Erdogan mengatakan bahwa ia akan membersihkan pemerintahannya dari para virus penyebab kudeta.

Erdogan tidak main-main dengan ucapannya, bahkan kemungkinan besar ia akan menggunakan hukuman mati. Dan jika benar demikian maka itu bisa membuat Turki berhenti dari keanggotaan Uni Eropa.

Pasca Kudeta Turki Gagal 6000 Orang Ditangkap

Menteri Keadilan Turki mengatakan bahwa proses peradilan bagi 6000 orang tersebut di atas akan segera dilaksanakan.

“Para tersangka kudeta akan dikenakan tuduhan semacam terorisme bersenjata terorganisir dan tuduhan upaya penggulingan pemerintah menggunakan kekerasan dan pemaksaan”, lanjut menteri keadilan Turki tersebut menjelaskan.

Pasca Kudeta Turki Gagal 6000 Orang Ditangkap

Setidaknya ada 290 orang terbunuh dan ratusan lebih terluka pada upaya kudeta. Saat terjadi upaya Kudeta, Presiden Erdogan meminta rakyat mengambil jalanan guna melindungi Turki.

Pada akhirnya pasukan Erdogan berhasil mengambil alih kendali pemerintahan kembali.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.