Dampak Positif Game Online terhadap Nilai Test Ujian Sekolah
August 16, 2016
Temperatur Juli 2016 adalah Cuaca Terpanas Sepanjang Sejarah
Temperatur Juli 2016 adalah Cuaca Terpanas Sepanjang Sejarah
August 23, 2016

Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang

Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang

Sumber Gambar: http://www.merriam-webster.com/dictionary/alembic

Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang ini merupakan tulisan dari Bpk Muhammad Irfan, beliau pernah menjadi pengajar di SMPIT dan SMAIT Al Binaa. Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 merupakan materi dari buku beliau yang digunakan sebagai acuan pengajaran dan buku pegangan guru di SMPIT Albinaa Bekasi. Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang ini dimuat di website masbadar.com ini untuk kepentingan edukasi pembelajaran kimia dan referensi serta telah mendapatkan izin dari penulis.

Definisi Ilmu Kimia

Kita juga pernah mendengar reaksi kimia. Apa itu reaksi kimia? Di mana saja terjadi reaksi kimia? lagi-lagi pikiran kita akan membayangkan sebuah bom atom yang meledak di Hiroshima dan Nagasaki, atau reaksi peledakan dinamit, dan sejenisnya. Padahal, pernahkah kita berfikir, bahwa reaksi kimia terjadi di sekitar kita. Bahkan setiap hari kita hidup berdampingan dengan reaksi kimia. Ketika kita memasak makanan, bernafas, berolah raga, dll, semuanya melibatkan reaksi kimia, karena di dalamnya ada perubahan. Kita semua pernah mendengar bahan kimia atau zat kimia. Ketika dikatakan bahwa dalam suatu makanan misalnya ada bahan kimia, maka fikiran kita langsung membayangkan suatu zat beracun yang bisa memotong-motong urat nadi, atau bisa menghancurkan otak dan perut. Namun, pernahkah kita sadar bahwa bahan kimia ada dimana-mana.

Bahan kimia ada di dalam bumi, di air, di awan, bahkan dalam tubuh kita pun ada bahan kimia. Setiap hari kita minum salah satu bahan kimia yaitu air, kita juga mengenakan campuran berbagai bahan kimia yaitu baju dan celana, yang kita hirup juga adalah bahan kimia yaitu oksigen (udara), dan kita pun tidur diatas campuran berbagai bahan kimia yaitu kasur. Singkatnya, semua benda yang ada di muka bumi ini semuanya termasuk bahan kimia.

Jadi, sekarang kita tidak takut lagi dengan bahan kimia ataupun reaksi kimia. Karena semuanya ada di sekitar kita. Nah, ilmu yang mempelajari bahan kimia dan reaksi kimia ini adalah ilmu kimia. Sebagaimana diketahui sebelumnya, bahan kimia adalah seluruh benda yang ada di alam semesta ini. Bahan kimia disebut juga dengan materi. Materi adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang (memiliki volume). Lawan dari materi adalah energi (seperti : energi cahaya, energi listrik, api, dan lain-lain). Adapun reaksi kimia merupakan salah satu jenis perubahan materi.

Jadi, ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Atau yang lebih lengkapnya yaitu, cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur, sifat, perubahan materi, dan energi yang menyertai perubahan materi tersebut.

Sejarah Ilmu Kimia

Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang. Manusia sudah mengenal reaksi kimia sejak zaman dahulu.

Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang

Alkimia pada zaman Yunani kuno dan Mesir kuno lebih bersifat sihir dan sulap. Sumber gambar: https://www.artsforge.com/jan/alchemy.html

Masyarakat pada peradaban masa lalu sudah memiliki kemampuan untuk mengolah logam dari bijihnya, mengawetkan makanan dan jenazah, serta meramu obat-obatan. Salah satunya adalah nabi Daud ‘alaihi salam, dimana beliau diberi kemampuan oleh Allah subhanahu wata’ala untuk mengolah bijih besi menjadi peralatan yang terbuat dari besi seperti baju besi, pedang, dll.

Biografi Tokoh Kimia

Jabir bin Hayyan (721 – 815 H) adalah seorang ahli kimia yang berasal dari kufah, Irak. Beliau dijuluki sebagai bapak kimia modern. Dialah yang menyempurnakan proses dasar dalam hampir semua bidang kimia.  Mulai dari sublimasi, kristalisasi, destilasi, dll. Salah satu buatannya yang paling mashur adalah alembik, suatu alat yang digunakan untuk mempermudah proses destilasi.

Cabang-cabang Ilmu Kimia

Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang. Perkembangan selanjutnya, ilmu kimia dipengaruhi oleh campuran antara sihir dan tebakan. Pada waktu itu ilmu kimia dikenal dengan nama Alkimia. Ilmu ini penuh dengan sihir dan tebakan dan hal-hal lain yang tidak masuk logika. Hal ini berawal dari gagasan Aristoteles, seorang filsuf yunani yang mengatakan bahwa unsur di alam ini hanya terdiri dari empat unsur yaitu Tanah, air, api, dan udara.

Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang

Beberapa cabang ilmu kimia diantaranya; Kimia Fisika, Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Analitik, Biokimia, dll.

Dengan mencampurkan “unsur-unsur” ini dalam komposisi dan perbandingan tertentu, maka seseorang bisa mendapatkan emas. Gagasan ini begitu kuatnya diyakini oleh para ahli alkimia pada waktu itu, sehingga dapat bertahan selama berabad-abad. Sekitar tahun 300-an, ahli alkimia berusaha pula membuat emas dari timah, air raksa, dan logam murah lain.

Mereka juga berusaha menemukan eliksir (obat mujarab untuk segala penyakit) untuk memperpanjang usia. “Kebodohan-kebodohan” ini terus bertahan sampai muncul para ahli kimia pada abad pertengahan, diantaranya John Dalton, Lavoisier, dll, yang menggugurkan keyakinan mereka bahwa unsur-unsur yang ada di alam semesta ini hanyalah empat buah. Mereka mengatakan bahwa keempat zat tersebut (tanah, air, api, dan udara) bukanlah unsur dan bahwa unsur yang satu tidaklah dapat diubah menjadi unsur yang lain.

Ilmu kimia sebagai cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), atau lebih tepatnya sebagai perkembangan dari ilmu fisika, terbagi menjadi beberapa cabang lagi, diantaranya; Kimia fisika, Kimia organik, Kimia Anorganik, Kimia Analitik, Biokomia, dll.

  1. Kimia Fisika mempelajari struktur, sifat, dan perubahan kimia suatu zat serta perubahan energi yang menyertai perubahan kimia tersebut.
  2. Kimia Organik mempelajari struktur dan pembentukan senyawa karbon, termasuk reaksi-reaksi yang terlibat, mekanisme reaksi, dan ikatan serta kekuatan ikatan antar atom dalam senyawa karbon tersebut.
  3. Kimia Anorganik mempelajari unsur-unsur pembentuk senyawa, sifat unsur dan senyawanya, penggunaan dan pembuatannya
  4. Kimia Analitik mempelajari cara analisis zat atau senyawa, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, meliputi sampling, penyiapan sampel siap ukur, pengukuran, pemisahan, peralatan untuk keperluan pengukuran dan sebagainya.
  5. Biokimia mempelajari zat kimia serta reaksi kimia yang menyertai proses-proses biologi seperti proses metabolisme dalam tubuh, termasuk juga yang dalam kajian biokimia adalah tentang makanan dan kesehatan.

Demikianlah pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang.