8 Tips Pemeliharaan Forklift Yang Harus Anda Ketahui!

Gambar Pemeliharaan Forklift

Forklift yang Anda miliki harus mendapatkan perawatan yang baik. Berikut 8 Tips Pemeliharaan Forklift Yang Harus Anda Ketahui !

Seperti umumnya peralatan berat lainnya, alat berat bernama forklift ini, juga harus dirawat. Dengan merawat alat ini secara berkala, pastinya usia alat akan semakin panjang. Dengan merawat alat secara berkala, membuat Anda nyaman ketika menggunakan alat tersebut. Karena ketika dirawat dengan baik, maka alat akan nyaman ketika digunakan, aman, dan pastinya membuat produktivitas kerja, jadi lebih baik.

8 Tips Pemeliharaan Forklift

Untuk proses pemeliharaan seperti ini, tentunya ada beberapa tips memelihara forklift yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Mengecek Baterai

Baterai atau accu ini, adalah salah satu sistem elektrik, yang tentunya harus dicek secara berkala. Itu sebabnya ini akan menjadi tips memelihara forklift yang pertama akan dibahas. Perhatikan dan pastikan air baterai atau juga accu, sesuai dengan level air atau standar accu itu sendiri. Agar lebih aman, sebaiknya isi air accu menggunakan hand glove, atau Anda juga dapat menggunakan selang /pipa. Hal ini dilakukan, guna menghindari air yang menciprat ke tangan atau bagian tubuh lainnya, karena dapat menyebabkan luka.

2. Mengecek Radiator

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah radiator. Aktivitas seperti ini sebaiknya dilakukan secara rutin, terutama setiap pagi, sebelum alat tersebut digunakan dan dinyalakan. Selain mengecek ketika alat dalam kondisi mati, tidak ada salahnya jika Anda mengecek ketika alat dalam kondisi hidup atau menyala.

3. Mengecek Level Oli

Pengecekan lainnya yang juga dilakukan setiap pagi, tepatnya sebelum mesin dinyalakan adalah mengecek level oli mesin. Ketika Anda cek oli yang ada dalam mesin sudah berkurang. Segera cek dan ingat kembali, kapan terakhir Anda mengisi dan mengganti oli. Jangan sampai menunda nunda. Terutama jika memang oli sudah waktunya diganti. Hal ini dilakukan, agar produktivitas mesin dapat tetap dalam kondisi baik.

4. Cek Level Solar

Hal lain yang juga sebaiknya di cek secara berkala adalah cek level oli mesin solar. Sama seperti yang lainnya, sebaiknya cek level solar ini, pada pagi hari, sebelum alat tersebut dinyalakan. Hal ini dilakukan guna mengecek level solar dan oli yang ada di dalam mesin tersebut. Tentunya Anda tidak ingin, jika dalam tengah – tengah pekerjaan, mesin tiba-tiba mogok, hanya karena oli atau solar habis. Jika hal ini sampai terjadi maka mesin akan mogok. Anda sebaiknya mengeluarkan angin yang ada di dalam terlebih dahulu, dengan memompa pada filter. Baru kemudian diisi solar. Proses seperti ini, pastinya akan sedikit memakan waktu, dan mengurangi efisiensi kerja yang ada.

5. Cek Sistem Pengereman

Anda juga tidak boleh melupakan sistem pengereman. Pastikan sistem pengereman ini dalam kondisi bagus. Cek juga sebelum alat tersebut mulai bekerja, bagaimana tingkat kepakeman rem, dan yang lainnya. Hal ini dilakukan guna memberikan jaminan keselamatan kerja Anda nantinya.

6. Cek Kondisi Tekanan Ban Forklift

Walaupun dinilai sepele, namun ternyata tekanan ban pada forklift ini, mempunyai peran yang cukup penting, guna menunjang kinerja Anda. Standar ban depan, adalah 100 hingga 120 psi, sedangkan untuk ban belakang sekitar 80 hingga 100 psi. Tidak ada salahnya, jika Anda juga mengecek kondisi ketebalan ban. Seperti ban pada umumnya, apabila guratan pada ban sudah mulai menipis, sebaiknya ganti ban dengan ban yang baru, dengan ukuran yang persis sama.

Penting untuk diingat, karena Anda menggunakan forklift yang selalu mengangkut beban yang berat, maka tidak mengecek dan mengganti secara berkala akan membuat ban meledak, pada saat beroperasi. Tentunya hal ini sangat merugikan dan membahayakan keselamatan kerja Anda.

7. Cek Bagian Lainnya

Cek juga bagian forklift lainnya. Misalnya saja grace atau gemuk / pelumas. Tentunya semua bagian forklift akan menggunakan pelumas. Sebaiknya cek secara berkala, baik sebelum atau sesudah menggunakan alat tersebut. Tentunya hal ini dilakukan agar kinerja alat tetap dalam kondisi baik. Sehingga Anda pun nyaman ketika menggunakannya.

8. Cuci dan Lap secara Berkala

Seperti halnya mobil, maka forklift pun juga harus dicuci dan di lap secara berkala. Cuci bagian body alat setidaknya 2 kali dalam seminggu. Atau setidaknya seminggu sekali. Gunakan sabun yang baik, dan air yang bersih. Selain mencuci alat secara berkala. Bersihkan juga debu yang menempel. Kali ini gunakan lap bersih, bersihkan hingga bagian terkecil, yang membuat kinerja alat jadi lebih baik.

Ketika hal ini dilakukan secara berkala, maka bukan tidak mungkin alat berat yang satu ini jadi lebih awet, dan tahan lama. Tidak hanya itu, siapapun yang akan mengoperasikan alat tersebut jadi lebih aman, dan produktivitas kerja, akan jauh lebih baik. Tips memelihara forklift lainnya, jika dalam proses pengecekan seperti ini ada beberapa part atau hal yang harus diganti, sebaiknya ganti secara cepat, dan tepat, dengan ukuran dan produk yang sama.

PT MSJ Group Indonesia: Jual Service Parts Rental Forklift Segala Merk

  • Telp. | Mobile/ WhatsApp: 0813-1099-2889
  • Taman Permata Indah Blok H3 No 12A Ds. Waringin Jaya – Kedung Waringin Bekasi
  • Website: https://www.msjgroup.co.id

Kunjungi workshop kami:

masbadar
masbadar
Website ini dikelola oleh pak Badar. Jika ada yang perlu dibicarakan tentang konten di atas, Anda bisa menghubungi via mobile/whatsapp di +62-813-9881-8119. Website ini juga menerima content placement, guest-posting, paid review dan semacamnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.