Yayasan Yatim Piatu Dhuafa Audited Rumah Harapan Karawang
Yayasan Yatim Piatu Dhuafa Audited Rumah Harapan Karawang
April 19, 2016
40 Atau 96 Soal Matematika Ini Bikin Bingung Ribuan Orang
August 3, 2016

Pentingnya Belajar di Luar Ruangan Kelas | Outdoor Learning

Terkait tahun ajaran baru yang baru saja berlangsung beberapa hari, berikut ini adalah tentang berita dari dunia pendidikan. Dari artikel tentang pentingnya belajar di luar ruangan kelas / outdoor learning ini, website masbadar.com tidak sedang mengajari siapapun tentang pendidikan dan bagaimana memberikan pengajaran kepada anak-anak.

Tulisan ini adalah tentang pentingnya pendidikan luar ruangan yang direkomendasikan oleh beberapa peneliti / periset dari Inggris. 

Pentingnya Belajar di Luar Ruangan Kelas - Outdoor Learning Sekolah Alam Terbuka

Mengutip sumber berita dari 3 website besar berikut ini:

Beberapa peneliti di Inggris mengatakan bahwa mereka telah merekomendasikan kepada beberapa sekolah tentang pentingnya lebih banyak aktivitas belajar di luar ruangan atau di alam terbuka bagi anak-anak.

Para periset tersebut menyebut jika masih aktivitas belajar dalam ruangan kelas sekarang ini terlalu fokus dengan duduk saja terutama ketika saat ujian atau tes.

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa belajar di luar ruang kelas itu penting guna meningkatkan kemampuan sosial (social skill), kesehatan, dan perkembangan bagi pada siswa. Aktivitas belajar di alam terbuka juga mampu meningkatkan kualitas mental pada murid sekolah.

Telah ada 5 hasil penelitian utama selama 10 tahun terakhir yang menekankan pentingnya para peserta didik untuk belajar secara outdoor dan lebih merasakan alam terbuka. Sayangnya, menurut para peneliti, banyak sekolah yang tidak mengindahkan rekomendasi hasil penelitian tersebut.

Para peneliti itu mengatakan bahwa di Inggris aktivitas belajar di luar ruangan kini mengalami penurunan. Menurut mereka pemerintah Inggris semestinya memasukkan aktivitas belajar di luar ruangan ke dalam kurikulum di semua sekolah.

Riset yang dilakukan oleh para peneliti dari universitas Plymouth dan organisasi Alam Inggris tersebut menyebutkan tentang banyaknya manfaat belajar di alam terbuka bagi anak-anak. Salah satunya adalah bisa membangun kepercayaan diri pada anak sehingga mereka merasakan banyak hal dan hal itu penting bagi hubungan anak-anak dan orang tua.

Aktivitas luar ruangan itu adalah seperti misalnya memanjat pohon yang bisa meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan dan mengajarkan mereka untuk mencintai lingkungan.

Aktivitas belajar di alam terbuka atau di luar ruangan juga memiliki efek positif bagi kesehatan mereka. Belajar di luar ruangan memberikan banyak gerak yang itu baik bagi tubuh mereka daripada duduk saja di kelas atau bermain game.

Dan yang paling utama dari manfaat beraktivitas belajar di luar kelas atau di alam terbuka adalah membantu anak-anak menghadapi permasalahan bahaya asing.

Bagi kondisi di Inggris sekarang di mana banyak anak-anak yang tumbuh dan melihat banyak hal-hal asing di luar dunianya, ide untuk meningkatkan intensitas belajar di alam terbuka kini mulai banyak mendapat perhatian.

Bagaimana pentingnya belajar di luar ruangan kelas di Indonesia? Sepertinya sekolah alam, meskipun mahal, sudah mulai banyak peminatnya. Bagaimana dengan sekolah pada umumnya.

Saya, admin masbadar.com juga memiliki anak-anak yang bersekolah di sekolah negeri di mana aktivitas luar ruangan kurang maksimal. Memang telah ada beberapa kurikulum tambahan seperti ekskul yang berlokasi di luar ruangan, namun jumlahnya kurang memadai.

Saya menyarankan anak-anak saya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler luar ruangan dan beraktivitas belajar di luar rumah, tentu dengan pengawasan dan kontrol orang tua.

Demikianlah sekelumit tentang pentingnya belajar di luar ruangan kelas atau outdoor learning di alam terbuka. Bagaimana pendapat Anda?