Pentingnya Responsive Design pada Blog dan Website

Cara Hosting Gratis di Server Google via Google Drive
February 7, 2013
Cara agar Blog Rame Pengunjung
February 20, 2013

Pentingnya Responsive Design pada Blog dan Website

Apa pentingnya responsive design pada blog dan website?. Keuntungan blog dan website yang teroptimisasi / dipermudah agar terakses oleh perangkat-perangkat mobile seperti smartphone, tablet computer, dan sebagainya adalah mendapatkan pageviews yang besar, konten blog / website akan terdistribusi lebih luas melalui share-share yang terjadi oleh pengguna/pembaca blog/website, dan mendapatkan porsi komentar yang lebih banyak. Diperkirakan akan melebihi pengguna komputer dekstop, meningkatnya pengguna / pengakses internet melalui perangkat bergera / mobile device, bagi para pemilik weblog dan website semestinya segera melakukan optimisasi agar pengguna konten lebih mudah mendapatkan akses.

Pentingnya Responsive Design pada Blog dan Website

Sekali lagi bahwa lalu lintas pengguna internet kini menggunakan mobile-devices, maka bersiaplah bagi pemilik konten blog/website yang tidak menyediakan fasilitas tampilan mobile akan kehilangan pengunjung/pembaca, drastis.

Pentingnya Responsive Design pada Blog dan Website

Dengan tampilan mobile pada website dan blog ditengarai memberikan sensasi yang berbeda terhadap penguna / pembaca konten daripada ketika membaca konten pada tampilan website menggunakan PC, netbook atau laptop.

Mempertahankan pengguna konten setia anda dan meraih pengguna baru melalui tampilan mobile setidaknya sangat positif implikasinya terhadap mempertahankan bisnis terkait kustomer anda dan juga mendatangkan penjualan baru.

Apa saja hal-hal yang sebaiknya anda perhatikan ketika website/weblog anda musti tampil mobile?

  1. Vertical scrolling, tampilan harus bisa diakses menggulung atas bawah
  2. Tombol dan ikon-ikon konten harus menyesuaikan jari-jari pengguna.
  3. Desain optimal terhadap penggunaan jemari pengguna, ini karena touch screen sudah menjadi teknologi yang jamak pda mobile device.
  4. Grafik dan aneka gambar sebaiknya di minimalisasi dari segi ukuran sebab mempengaruhi waktu loading.
  5. Jadikan setiap halaman web/blog anda merespon pengguna dengan cepat.

Jika anda pengguna wordpress seperti saya anda bisa memanfaatkan aneka plugin yang bisa mengkonversi tampilan blog dan website anda secara otomatis menjadi tampilan mobile. Apa saja itu? Silahkan berburu dengan google semisal plugin, WordPress Mobile Pack, WP Mobile Detector, Mobify dan lain-lain.

Pengguna blogger atau blogspot, jangan lupa untuk mengaktifkan tampilan mobile secara otomatis via pengaturan tampilan.

Pengguna wordpress.com? Silahkan memeriksa pengaturan tampilan blog anda.

Terakhir, jangan lupakan pengaturan domain mobile, bagi anda yang menghosting blog atau website anda, pengaturan domain mobile biasanya disediakan gratis pada panel hosting anda, umumnya adalah pada cpanel.

Referensi:

  1. www.bloggingtips.com
  2. Dudamobile.com
  3. picture, from www.hammer.net
  4. wikipedia.org