Epoxy Lantai 3D Kamar Mandi
9 Epoxy Lantai 3D Kamar Mandi Desain Keren dan Real
May 23, 2016
Sebab epoxy lantai tidak berhasil
7 Sebab Epoxy Lantai Tidak Berhasil
July 19, 2016

Penyebab Gelembung Epoxy Lantai

Apa saja penyebab gelembung epoxy lantai? Tidak ada hal yang lebih bikin frustasi dari pada melihat waktu dan uang yang kita investasikan sia-sia. Epoxy lantai adalah metode pelapisan lantai guna menghasilkan lantai yang awet dengan tampilan cantik warna-warni serta dengan harga yang pantas. Akan tetapi kemungkinan untuk gagal dalam bentuk menggelembung selalu ada. Gelembung pada epoxy lantai pada dasarnya tidak akan begitu terlihat dan imbasnya kecil terhadap ketahanan lantai itu sendiri.

Meski demikian untuk hasil epoxy lantai yang sempurna dan sebagai pengetahuan, ada baiknya kita mengetahui apa saja yang menyebabkan epoxy lantai menggelembung.

Gelembung Epoxy Lantai

Bagaimana caranya menandai adanya gelembung pada epoxy lantai?

Beton pada dasarnya memang bisa memiliki ketidak-seimbangan dan ketidak rataan pada permukaannya. ANda bisa melihat Permukaan beton dari lapisan epoxy yang memang tidak 100 % tembus pandang. Namun demikian inkosistensi permukaan beton yang membentuk gundukan bukan faktor utama penyebab epoxy lantai menggelembung.

Ukuran gelembung epoxy lantai biasanya seukuran ujung jari dan terbentuk di permukaan epoxy lantai ketika epoxy mengering. Gelembung bisa berada di permukaan lantai dan membentuk kelompok. Gelembung epoxy lantai dikenal juga dengan nama mata ikan, sedikit berbeda dari penyakit mata ikan yang menyerang kaki manusia.

Penyebab utama gelembung epoxy lantai

Para ahli epoxy menyebut jika gelembung pada epoxy lantai muncul karena gas yang keluar. Gas dari material kimia epoxy lantai ini terjadi saat lapisan epoxy lantai mengering pada suhu ruangan tertentu. Panas menyebabkan gelembung pada lapisan epoxy terbentuk, naik dan melebar hingga dalam bentuk yang bisa terlihat mata.

Gelembung mata ikan pada epoxy lantai terbentuk ketika ada residu silikon, minyak atau pelumas berada di permukaan lantai. Ketika epoxy dilapiskan ke permukaan lantai tepat di atas residu dan minyak tersebut, kemudian suhu ruangan memanas, maka terbentuklah gelembung mata ikan pada epoxy lantai. Jika suhu ruangan menjadi panas dan menciptakan tingkat kelembapan tertentu, maka itu akan menyebabkan pelapisan epoxy tidak akan maksimal atau bisa gagal.

Cara mengatasi munculnya gelembung epoxy lantai

Seringkali, gelembung-gelembung ini ikut mewarnai dan membentuk tekstur tertentu pada lantai, dan tidak mengancam ketahanan lapisan epoxy. Meski demikian tentu ada baiknya persiapan pekerjaan pelapisan epoxy lantai harus dilakukan sebaik mungkin guna menghindari munculnya gelembung yang bisa memperburuk hasil pelapisan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar gelembung atau mata ikan pada epoxy lantai tidak muncul. Dengan persiapan pada lantai yang baik berupa pembersihan lantai sebersih mungkin, maka epoxy akan nantinya benar-benar merekat tanpa menyisakan ruang untuk munculnya mata ikan.

Semua kotoran baik sisa oli dan sebagainya harus dibersihkan dari permukaan lantai. Begitu pula suhu pada ruangan harus diatur sebaik mungkin. Setelah lantai benar-benar dibersihkan, maka epoxy bisa segera dilakukan.

Setelah epoxy dilakukan pada lantai, suhu ruangan harus diperhatikan dan dijaga agar tetap pada tingkat dingin tertentu dan pada tingkat kelembaban yang rendah. Tergantung pada ukuran ruangan, lantai epoxy bisa diuji injak setelah 12 jam.

Nikifour adalah perusahaan kontraktor di Karawang yang melayani jasa epoxy lantai. Nikifour telah berpengalaman mengerjakan proyek epoxy lantai pada beberapa kawasan industri di Jabodetabek. Hubungi Nikifour untuk menangani pengerjaan pelapisan epoxy flooring pada kantor, garasi, atau lantai pabrik Anda.

Sumber: https://info.cpcfloorcoatings.com

Kontak Nikifour:

  • Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01/06,  Kel. Tunggakjati
  • Kec. Karawang Barat, Karawang – Jawa Barat, Indonesia 41351
  • Telp : (0267) 8401784, (0267) 8632104, (0267) 8632105
  • Fax: (0267) 8451587
  • Website : https://nikifour.co.id – Email : nf@nikifour.co.id