Perbedaan Hasil Pencarian Organik dan Berbayar

Anda pengguna mesin pencari? Ingin mengetahui perbedaan hasil pencarian organik dan berbayar. Inilah artikel yang akan menjelaskan secara singkat dan mendasar tentang perbedaan Organic Search Results dan Paid Search Results. Ada 2 jenis hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya; organik dan berbayar. Hasil pencarian organic adalah daftar halaman web yang relevan dengan kueri (kata/kalimat) pencarian. Hasil pencarian organik juga disebut dengan hasil pencarian natural. Dan bagi para webmaster tujuan SEO adalah peringkat yang tinggi di hasil pencarian organik.

Hasil pencarian berbayar sesungguhnya adalah iklan. Para pemilik website membayar agar halaman website mereka muncul di halaman pertama mesin pencari ketika pengguna memasukkan kueri / kata kunci tertentu. Hasil pencarian berupa iklan ini akan muncul pada daftar halaman pertama web di mesin pencari ketika seseorang mengetik kata kunci tertentu.

Pada halaman hasil pencarian, semestinya siapapun pengguna mesin pencari akan mengenali hasil pencarian berbayar dan mana hasil pencarian organik dengan mudah. Mesin pencari meletakkan hasil pencarian berbayar pada bagian atas atau bagian kanan dari hasil pencarian yang organik, atau memberikan semacam efek latar berbayang, garis kotak agar benar-benar berbeda.

Perbedaan Hasil Pencarian Organik dan Berbayar

Gambar berikut ini akan menjelaskan perbedaan hasil pencarian organik dengan hasil pencarian berbayar / iklan. Pada gambar di bawah ini saya menggunakan 4 mesin pencari; Google, Bing, Yahoo dan DuckDuckGo.

Hasil Pencarian di Google

Di sini saya menggunakan kata kunci / kueri “rumah dijual”

Hasil Pencarian di Bing

Di sini saya menggunakan kata kunci / kueri “rumah dijual”

Hasil Pencarian di Yahoo.

Di sini saya menggunakan kata kunci / kueri “home for sale”

Hasil Pencarian di DuckDuckGo

Di sini saya menggunakan kata kunci / kueri “home for sale”

Pengguna internet pada umumnya tidak menyadari, mereka mencari kucing atau anjing ketika mesin pencari memberikan hasil pencarian nya. Maka mengetahui perbedaan antara hasil pencarian organik dan berbayar akan memungkinkan mesin pencari menghasilkan pencarian yang paling relevan.

Hasil pencarian berbayar yang merupakan iklan pada dasarnya adalah lebih ditujukan untuk pengguna internet yang akan berbelanja. Sementara itu hasil pencarian organik ditujukan untuk riset / pencarian informasi lebih mendalam.

Demikianlah sedikit ulasan singkat tentang perbedaan hasil pencarian organik dan berbayar. Apakah perusahaan dan bisnis Anda membutuhkan jasa webmaster dan SEO (Search Engine Optimization) / optimis-asi agar mesin pencari seperti Google dan Bing meletakkan web dan produk Anda di halaman pertama mereka? Hubungi saya di 0813-9881-8119.

Website ini dikelola oleh pak Badar. Jika ada yang perlu dibicarakan tentang konten di atas, Anda bisa menghubungi via mobile/whatsapp di +62-813-9881-8119. Website ini juga menerima content placement, guest-posting, paid review dan semacamnya.

5 thoughts on “Perbedaan Hasil Pencarian Organik dan Berbayar

  1. dimy Reply

    Assalamu’alaikum Pak Badar, sudah lama saya tidak berkunjung kesini, kebetulan saya lihat screenshoot “rumah dijual” diatas, bagaimana domain rumahdijual.com itu bisa bagus sekali dihampir semua mesin pencari.

    • masbadar Reply

      Wlmkmssalam pak. O itu mungkin tukang SEO-nya canggih dan modalnya besar. 🙂

      • dimy Reply

        katanya sekarang sudah jadi bagian dari propertyguru di Indonesia wakilnya rumah.com & juga gabung sama Emtek Group.

  2. adimaz Reply

    Cara membuat site link seperti Rumahdijual.com di bing atau yahoo itu bagaimana caranya ya mas?

    thanks

    • masbadar Reply

      kalo web sy otomatis, yg lain gak tahu, ada triknya kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *