Panduan Umum Meningkatkan Performance Management dalam Perusahaan

Panduan Umum Meningkatkan Performance Management dalam Perusahaan

Performance management atau pengelolaan performa karyawan adalah salah satu aspek krusial dari kinerja HRD. Kualitas pengelolaan performa ini akan mempengaruhi kinerja karyawan secara keseluruhan.

Maka dari itu, artikel berikut akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara meningkatkan performance management di perusahaan Anda. simak ulasannya baik-baik!

Pahami Visi Misi Perusahaan

Setiap perusahaan pasti unik dan berbeda, inilah yang membuat visi misi setiap perusahaan tidak akan sama. Kinerja karyawan harus diarahkan searah dengan visi misi perusahaan. Sehingga, sebelum menyusun program performance management, HRD wajib memahami visi misi perusahaan dengan sejelas-jelasnya agar perencanaan yang ada lebih tepat sasaran.

Bentuk Komunikasi Dua Arah

Dalam memberikan masukan kepada karyawan, ada baiknya HRD juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk bersuara dan memberikan masukan kepada perusahaan serta atasan untuk meningkatkan kualitas kerja bersama-sama. Karyawan juga akan merasa menjadi bagian dari perusahaan karena suara dan pendapatnya didengar dengan baik. Cara ini pada akhirnya akan membantu karyawan bekerja lebih nyaman di perusahaan.

Rajin Melakukan Evaluasi

Evaluasi kinerja karyawan biasanya dilakukan tahunan atau per 6 bulan. Rajin melakukan evaluasi akan membantu perusahaan dan karyawan memahami seberapa jauh perkembangan kinerja yang ada. Ketika sudah melihat bagaimana perkembangan kinerja secara keseluruhan, setiap tim dapat mencari jalan keluar untuk penyelesaian masalah tersebut atau memahami titik mana saja yang diperlukan untuk meningkatan.

Gunakan Alat Pendukung

Mengelola karyawan adalah salah satu tugas HRD yang terkenal memusingkan karena banyaknya informasi dan jumlah karyawan yang harus dikelola. Namun demikian, perusahaan dapat menggunakan berbagai alat pendukung untuk membantu HRD melakukan manajemen performa lebih efektif dan efisien.

Contohnya menggunakan Performance Management System dari LinovHR. Aplikasi ini akan membantu HRD dalam mengelola informasi karyawan, melihat perkembangan kinerja, sampai pembuatan laporan kinerja secara otomatis. Dengan begitu, HRD dapat fokus untuk melakukan tugas lain yang membutuhkan fokus lebih dalam seperti perancangan strategi pengembangan karyawan dan rekrutmen.

Berikan Reward dan Sanksi

Perkembangan performa karyawan bisa naik turun. Jika karyawan mengalami peningkatan dari segi kinerja, jangan ragu untuk memberikan reward atau penghargaan yang pantas. Memberikan reward bisa menjadi pemacu bagi karyawan itu sendiri dan karyawan lain untuk meningkatkan kinerja di periode selanjutnya.

Namun, ada juga karyawan yang melakukan berbagai macam pelanggaran terkait performa kerja. Karyawan yang melakukan pelanggaran tersebut sebaiknya diberikan sanksi yang tegas supaya tidak melakukan perbuatannya lagi sebagai efek jera.

Itulah beberapa paduan singkat yang HRD bisa lakukan untuk meningkatkan performance management di perusahaan. Jika strategi performance management dalam perusahaan Anda  berhasill, bisnis pun akan berjalan lancar karena perusahaan Anda didukung oleh karyawan yang bertalenta dari hasil manajemen SDM yang unggul. Semoga panduan singkat di atas dapat membantu!

Website ini dikelola oleh pak Badar. Jika ada yang perlu dibicarakan tentang konten di atas, Anda bisa menghubungi via mobile/whatsapp di +62-813-9881-8119. Website ini juga menerima content placement, guest-posting, paid review dan semacamnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.