orange excavator on brown hill

Mengenal Kontraktor Bangunan, Daftar Profil Kontraktor Konstruksi Industri Karawang, hingga Cara Memilih Kontraktor Konstruksi Industri

Kali ini kami ingin mengajak Anda untuk mengenal kontraktor bangunan, daftar profil kontraktor konstruksi industri karawang, hingga cara memilih kontraktor konstruksi industri.

Bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah bangunan, sangat penting untuk memilih kontraktor terpercaya. Pasalnya, mendirikan bangunan memang membutuhkan perencanaan yang sangat matang. Baik dari segi biaya, hingga waktu yang dibutuhkan agar bangunan yang telah jadi memang sesuai dengan kebutuhan kita.

Kontraktor bangunan merupakan suatu badan atau perseorangan yang disewakan untuk menangani suatu proyek pendirian suatu bangunan. Siapa saja bisa menyewa kontraktor bangunan. Mulai dari pemerintah, badan usaha tertentu, hingga perseorangan sekalipun.

Layanan Kontraktor Bangunan

Umumnya, kontraktor bangunan menawarkan beberapa layanan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jasa Desain Bangunan

Jasa desain bangunan akan memfasilitasi perancangan desain bangunan atau infrastruktur yang ingin dibangun. Mulai dari interior, eksterior, fasilitas, hingga lingkungan di sekitar bangunan atau infrastruktur. Tentu saja, desain bangunan atau infrastruktur yang dibuat juga akan disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, hingga anggaran yang dikeluarkan oleh pihak penyewa kontraktor bangunan.

2. Jasa Bangunan

Jasa bangunan akan bertugas dalam segala hal tentang pembangunan. Mulai dari pembersihan lahan, hingga pendirian bangunan atau infrastruktur itu sendiri. Selain itu, jasa bangunan juga bertanggung jawab terhadap material-material yang digunakan untuk mendirikan bangunan tersebut.

Tak jarang, jasa bangunan juga akan melibatkan alat-alat berat jika memang kontraktor bangunan disewakan untuk mendirikan bangunan atau infrastruktur yang besar. Misalnya seperti apartemen, fly over, gedung, dan lain sebagainya.

3. Jasa Renovasi

Jasa renovasi akan bertugas untuk melakukan perbaikan terhadap bangunan atau infrastruktur yang diinginkan klien. Tentunya, bangunan atau infrastruktur yang hendak direnovasi akan mengalami perombakan untuk memperlancar proses renovasi bangunan atau infrastruktur.

Jenis-jenis Kontraktor Bangunan

Umumnya kontraktor bangunan memiliki berbagai macam jenis. Tiap-tiap jenis tentu memiliki keahliannya masing-masing. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bidang Arsitektur

Kontraktor bangunan yang bergerak di bidang arsitektur bertugas untuk mendesain dan merancang bangunan atau infrastruktur sesuai dengan permintaan klien mereka. kontraktor bangunan bidang arsitektur sangatlah diperlukan, agar bangunan atau infrastruktur yang ingin dibangun tidak terjadi kesalahan bangunan, seperti ruangan yang terlalu lebar, kurangnya ruangan, dan lain sebagainya.

2. Bidang Sipil

Kontraktor bangunan yang bergerak di bidang sipil bertugas untuk mendirikan bangunan atau infrastruktur sesuai dengan desain yang diberikan oleh arsitek. Selain itu juga, bidang sipil juga bisa bertugas sebagai pihak yang merenovasi bangunan atau infrastruktur jika memang dibutuhkan.

3. Bidang Tata Lingkungan

Kontraktor bangunan yang bergerak di bidang tata lingkungan bertugas untuk mengurus berbagai macam hal seputar lingkungan. Mulai dari penataan kota, analisis dampak bangunan atau infrastruktur terhadap lingkungan sekitar, pengaturan limbah, hingga perawatan bangunan atau infrastruktur.

4. Bidang Elektrikal

Kontraktor bangunan yang bergerak di bidang elektrikal bertugas untuk melakukan instalasi kelistrikan pada bangunan atau infrastruktur yang telah dibangun. Selain itu, bidang elektrikal juga dapat melakukan instalasi telekomunikasi jika memang dibutuhkan.

5. Bidang Mekanikal

Kontraktor bangunan yang bergerak di bidang mekanikal bertugas untuk melakukan instalasi fasilitas yang akan digunakan pada bangunan atau infrastruktur yang telah dibangun. Misalnya pada pembangunan gedung, bidang mekanikal akan melakukan instalasi AC, lift, eskalator, pipa air, saluran pembuangan, dan lain sebagainya.

Daftar Perusahaan Kontraktor Konstruksi Industri Karawang

Karawang merupakan kota yang terkenal karena menjadi salah satu kota industri, di mana banyak perusahaan dan pabrik didirikan di sana. Maka dari itu, tak heran bila banyak Kontraktor Konstruksi Industri Karawang yang dinilai profesional untuk menangani pendirian kawasan industri di skala apapun.

Beberapa Kontraktor Konstruksi Industri Karawang yang bisa Anda sewa untuk menangani proyek pembangunan di Karawang antara lain sebagai berikut:

1. CV. Dirga Jaya Perkasa

CV. Dirga Jaya Perkasa merupakan salah satu kontraktor konstruksi industri Karawang yang dapat menangani berbagai macam pembangunan dan perenovasian bangunan seperti rumah hunian, ruko, gudang, hingga tempat usaha.

Selain itu, CV. Dirga Jaya Perkasa dapat menangani pemasangan pagar teralis, besi baja, stainless steel, alumunium, baja ringan, pengaplikasian epoxy lantai dan mural, hingga pengaspalan dan pengecoran untuk jalanan, halaman sekitar properti, tempat parkir, dan lain sebagainya.

CV. Dirga Jaya Perkasa juga dapat membantu Anda dalam penyediaan fasilitas gedung perkantoran. Mulai dari alat tulis kantor, meja, kursi, lemari, mobile file, dan lain sebagainya.

2. PT. Benua Karya Prima

PT. Benua Karya Prima merupakan salah satu kontraktor konstruksi industri Karawang yang telah berpengalaman, khususnya dalam menangani pembangunan di bidang general contractor.

PT. Benua Karya Prima dapat menangani pembangunan dan renovasi untuk rumah hunian, ruko, gudang, hingga tempat usaha.

Selain itu, PT. Benua Karya Prima juga dapat menangani pemasangan pagar teralis, besi baja, stainless steel, alumunium, baja ringan, dan lain sebagainya.

3. PT. Bumi Rekayasa Mandiri

PT. Bumi Rekayasa Mandiri merupakan salah satu kontraktor konstruksi industri Karawang yang telah berpengalaman dalam menangani pembangunan di bidang general contractor. Mulai dari pembangunan pabrik dan perkantoran, renovasi rumah hunian, hingga desain bangunan seperti masjid, taman, dan villa.

Selain itu, PT. Bumi Rekayasa Mandiri juga dapat menangani pembuatan sistem pengurasan kolam limbah, pengaplikasian cat epoxy pada lantai baik secara 2D maupun 3D, pemasangan perangkat kelistrikan, dan lain sebagainya.

4. PT. Fatiara Konstruksi Nasional

PT. Fatiara Konstruksi Nasional merupakan salah satu kontraktor konstruksi industri Karawang yang berpengalaman dalam melayani konstruksi. Mulai dari pendirian perumahan, kantor, gedung, restoran, dan lain sebagainya.

Selain itu, PT. Fatiara Konstruksi Nasional juga melayani renovasi rumah, desain interior bangunan, dan instalasi penerangan.

5. PT. Niki Four

PT. Niki Four merupakan salah satu kontraktor konstruksi industri Karawang yang telah berpengalaman dalam bidang bidang general contractor, general supplier and trading, civil project, dan building maintenance.

Layanan yang ditawarkan oleh PT. Niki Four meliputi desain layout, perancangan bentuk dan bangunan serta pelaksanaannya hingga proses renovasi, pabrikasi, perbaikan, dan lain sebagainya.

Selain itu, PT. Niki Four juga melayani pengadaan kebutuhan material sesuai permintaan perusahaan, hingga mengadakan tenaga pekerja atau tukang untuk sistem kerja secara borongan maupun harian.

PT. Niki Four juga melayani pemasangan instalasi listrik. Mulai dari penarikan kabel, pemasangan panel listrik, grounding, penangkal petir, dan lain sebagainya. Serta, menyediakan jasa desain layout 2D maupun 3D, hingga pembuatan barang-barang yang mencakup interior dan eksterior bangunan.

6. PT. Sarana Abdi Raya

PT. Sarana Abdi Raya merupakan salah satu kontraktor konstruksi industri Karawang yang telah belasan tahun menjadi mitra kontraktor bangunan untuk berbagai perusahaan besar di Karawang.

PT. Sarana Abdi Raya menjadi salah satu dari sekian kontraktor konstruksi industri Karawang yang telah memenuhi standar. Mulai dari Standard Industry Indonesia (SDI), Japanese Industrial Standard (JIS), American Society of Mechanical Engineering (ASME), dan lain sebagainya.

PT. Sarana Abdi Raya melayani pembangunan dan renovasi rumah, kos-kosan, hotel, apartemen, hingga gudang dan pabrik.

Selain itu, PT. Sarana Abdi Raya juga melayani pemasangan elektrikal, pemasangan pipa dan saluran pembuangan, konstruksi pagar, dan lain sebagainya.

Cara Memilih Kontraktor Konstruksi Industri

Setelah tadi kita melihat beberapa profil kontraktor konstruksi industri Karawang, Anda tetap perlu memilih kontraktor konstruksi industri dengan baik dan cermat jika Anda berminat untuk menyewa jasa mereka. Berikut ini kami akan paparkan cara-cara memilih kontraktor konstruksi industri dengan baik:

1. Memiliki Legalitas

Jumlah kontraktor konstruksi industri sangatlah banyak. Bisa lebih dari sepuluh perusahaan berkantor di kota yang sama. Oleh karena itu, Anda perlu memilih dengan bijak beberapa kontraktor yang tersedia. Salah satunya adalah dengan melihat legalitas perusahaan tersebut.

Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai legalitas perusahaan kontraktor konstruksi industri. Bisa dari melihat situs resmi mereka, ataupun mengunjungi kantor tersebut secara langsung.

2. Memiliki Pengalaman

Selain legalitas perusahaan kontraktor konstruksi industri, Anda perlu melihat pengalaman perusahaan tersebut dengan cara melihat proyek-proyek serta testimoni yang pernah mereka kerjakan.

Bila perlu, Anda bisa bertanya kepada beberapa klien yang telah bekerjasama dengan perusahaan kontraktor konstruksi industri sebelumnya. Hal tersebut agar dapat membangun kepercayaan Anda terhadap perusahaan kontraktor konstruksi industri yang ingin Anda ajak kerja sama.

3. Melakukan Penawaran Harga

Bila Anda sudah yakin dengan perusahaan kontraktor konstruksi industri yang ingin Anda ajak kerja sama, Anda juga perlu melihat perkiraan biaya yang diajukan oleh perusahaan tersebut. Sebisa mungkin untuk menghindari harga yang cukup tinggi, namun juga Anda perlu menghindari penawaran harga yang sangat murah karena dikhawatirkan akan memberikan kualitas yang kurang baik untuk bangunan yang ingin Anda bangun.

Selain itu, Anda perlu memilih kontraktor konstruksi industri yang memberikan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang jelas dan rinci. Hal itu dimaksudkan agar tidak ada biaya yang ditutup-tutupi. Selain itu juga, pemaparan yang rinci juga dapat membantu kamu untuk berdiskusi agar perusahaan tersebut mau menyesuaikan harganya dengan anggaran yang Anda miliki.

4. Memberikan Garansi

Sebagus apapun bangunannya, kontraktor konstruksi industri yang baik akan selalu memberikan garansi setiap bangunan tersebut selesai dibangun. Garansi tersebut umumnya meliputi garansi kebocoran atap, kebocoran talang air, dan permasalahan lainnya yang sangat sulit untuk dideteksi pada waktu-waktu tertentu.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk bertanya kepada perusahaan kontraktor konstruksi industri apakah benar-benar memberikan garansi. Dengan adanya garansi, Anda tidak perlu khawatir karena adanya permasalahan setiap kali adanya kerusakan pada bangunan yang tidak disebabkan karena keteledoran pengguna bangunan.

5. Membuat Surat Perjanjian Kerja (SPK)

SPK merupakan surat sebagai tanda kerja sama antara Anda sebagai pihak klien, dengan perusahaan kontraktor konstruksi industri sebagai pihak kontraktor. Di dalam SPK tersebut, juga memuat berbagai hal seperti jumlah hari kerja yang dibutuhkan, hingga anggaran yang dihabiskan.

Selain itu, SPK juga harus dibubuhi tanda tangan, cap basah, hingga materai Rp 10.000,-. SPK juga perlu dibuat menjadi dua rangkap, di mana satu rangkap untuk Anda, dan satunya lagi untuk perusahaan kontraktor konstruksi industri.

Fungsi SPK ini adalah sebagai bukti kerja sama dan kesepakatan, bukti legalitas pendirian suatu bangunan, ataupun untuk mencegah terjadinya keteledoran dalam proyek pembangunan. Seperti proses pembangunan yang melebihi deadline, anggaran yang kurang, dan lain sebagainya.

Sumber:

  1. benua-prima-karya.business.site
  2. bumirekayasamandiri.co.id
  3. nikifour.co.id
  4. sarana-abadi.co.id
  5. rumah.com
  6. starofservice.co.id
  7. starofservice.co.id
  8. 99.co
  9. en.wikipedia.org
  10. en.wikipedia.org