Profile Al Binaa Islamic Boarding School

SMK ISP Karawang
March 31, 2015
Program Pelatihan Terjemah Quran Sistem 40 Jam Masjid Al Istiqlal
October 12, 2015

Posting ini berfokus membahas profil sebuah pesantren modern di kabupaten Bekasi. Inilah Profile Al Binaa Islamic Boarding School. Rosulullah ShallaLlaahu ‘alaihi wa Sallam diutus oleh Allah SWT untuk menjadikan manusia berakhlak mulia. Nabi SAW yg berakhlak mulia merupakan perwujudan dari manusia taqwa. Karakteristik manusia bertaqwa adalah beriman, berilmu. dan beramal shalih. Tujuannya agar menjadi Rahmatan lil ‘aalamin.

Persepsi Islam tentang pendidikan adalah sebuah proses pengembangan dan pembinaan manusia agar memiliki integritas iman ilmu dan amal. Sementara saat ini makna dasar dari pendidikan hanya berimplikasi pada munculnya generasi yang cerdas tanpa nilai-nilai ke-Islaman.

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Al Binaa Islamic Boarding School Bekasi

  • DOWNLOAD BROCHURE & PROFILE PDF

Untuk itulah dengan hadirnya AL BINAA di tengah masyarakat Indonesia Insya Allah bisa membawa arah pendidikan mereka pada aktualisasi nilai-nilai ke-Islaman yang dapat mengantisipasi dan memperhitungkan berbagai kendala dalam mendidik generasi muslim Indonesia. Tentu dalam hal ini pendidikan dasar dan menengah memiliki arti strategis dalam pembinaan anak-anak usia dini untuk mempersiapkan mereka agar memiliki derajat ketaqwaan yang tinggi di samping peka dan kritis dalam menghadapi fenomena di sekitarnya.

Selayang Pandang

AL BINAA adalah lembaga Pendidikan Islam berasrama (boarding) berada di alam pedesaan yang cukup strategis untuk pembinaan para siswa dalam meningkatkan kualitas keilmuannya baik dari sisi ilmu syar’i maupun ilmu umum dengan dukungan para pendidik yang berpengalaman baik dari dalam dan luar negeri.

AL BINAA adalah lembaga Pendidikan Islam yang mengemban misi “Risalah Dakwah”, Alhamdulillah sampai saat ini telah mengelola jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA. Adapun di jenjang SD penerimaan siswa hanya dikhususkan bagi anak-anak yatim, sedangkan jenjang SMP dibuka untuk umum yang berlanjut sampai SMA-nya dengan lama pendidikan masing-masing 3 tahun. Sampai saat ini penerimaan siswa di jenjang SMA adalah bagi mereka yang sudah menamatkan studinya di SMP AL BINAA dan AL BINAA tidak menerima siswa SMA dari luar atau siswa pindahan.

AL BINAA mulai Tahun Pelajaran 2008-2009 telah membuka program khusus SMP Putri dengan lokasi terpisah dari komplek putra. Pengawasan dan pembinaan semuanya dikelola oleh para guru dan pembina asrama putri. Al BINAA sejak dibukanya pada tahun 2004 yang diresmikan oleh Wakil Presiden saat itu Bapak Dr. H. Hamzah Haz, Alhamdulilah telah banyak prestasi yang diraih baik oleh para siswa maupun guru mulai tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Dan sampai tahun 2015 ini AL BINAA telah meluluskan alumninya sebanyak 6 angkatan santri putra dan 2 santri putri yang tersebar diberbagai perguruan tinggi.

Visi AL BINAA

Menuju Generasi yang Shalih dalam Bingkai Tauhidullah

Misi AL BINAA

  • Menjadikan AL BINAA sebagai gerbang iman dan intelektual
  • Menjadikan AL BINAA sebagai penerus dan penerjemah nilai-nilai Islam.
  • Menjadikan AL BINAA sebagai lembaga pendidikan yang memelihara nilai-nilai Islam berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah
  • Menjadikan AL BINAA sebagai lembaga pendidikan Islam profesional berfokus pembinaan aqidah, akhlak dan ibadah sesuai dengan sunnah Rasulullah ‘alahissholaatu wa sallam

Target Al Binaa

Ma’had Al BInaa Boarding School memiliki goals yaitu berupa lahirnya lulusan AL BINAA yang:

  1. Beraqidah shahihah dan berakhlakul karimah
  2. berdasarkan nilai-nilai Al-Qur’an dan As-Sunnah.
  3. Memiliki semangat keilmuan dan keislaman yang tinggi, ikhlas qona’ah dan berkreatifitas tinggi.
  4. Memiliki derajat potensial dan prestasi akademik yang baik dan seimbang dari sisi ulum syar’i dan ulum umum sehingga diharapkan dapat diterima diberbagai perguruan tinggi berkualitas baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Memiliki dasar-dasar kecakapan (leadership, entrepreneur dan kecakapan lain) dalam menghadapi dan menjawab tantangan masa depan
  6. Terpeliharanya nilai-nilai keislaman baik di lingkungan AL BINAA maupun di luar serta terjalinnya ukhuwwah islamiyyah.

Sasaran Pendidikan Al Binaa Islamic Boarding School

  1. Terwujudnya lembaga pendidikan Islam yang bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah
  2. Terbinanya aktifitas dan kegiatan pendidikan secara terencana, sistematis dan berkesinambungan untuk melahirkan anak yang shalih dan ulama pewaris Nabi
  3. Membina peserta didik agar selalu menghadirkan nilai Iman dalam setiap aktifitasnya, istiqomah dalam kebenaran, gemar dan disiplin dalam beribadah, ikhlas, selalu bersyukur, memiliki daya juang dan daya kreasi yang tinggi, inovatif, kritis dan penuh inisiatif.

Program Inti & Kurikulum

Guna mencapai tujuan AL BINAA yang dalam konteks dasarnya adalah bermuara pada misi “Risalah Dakwah” maka diperlukan perangkat sebagai alat ukur untuk memenuhinya. Adapun perangkat tersebut adalah berupa kurikulum sebagai acuan dasar dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan dan dalam hal ini di ALBINAA mengacu pada muatan-muatan:

  1. Penggunaan Kurikulum Nasional.
  2. Penggunaan Kurikulum Inti Pesantren AL BINAA yang menjadi ciri khas tersendiri dalam mengembangkan ruang dan gerak baik untuk para guru maupun para siswa.
  3. Penggunaan antara Kurikulum Pesantren dan Nasional dengan bobot masing-masing 100%.
  4. Penguatan ilmu-ilmu syar’i yang menjadi program inti Pesantren diantaranya: Al-Qur’an dan ilmunya, Al-Hadits dan ilmunya, Aqidah, Akhlak, Fiqh, Tafsir, Sirah Nabawiyah dan lain-lain.

Program Kepesantrenan

Program kepesantrenan di ma’had Al Binaa Boarding School meliputi:

  1. Bimbingan belajar di Asrama secara intensif
  2. Pembinaan sikap, kepribadian dan pengamalan nilai-nilai Islam
  3. Leadersip melalui kegiatan organisasi santri atau Jam’iyyah at-Tholabah (JAMTHOL) dan Jam’iyyah Fatayaat (JAMFAT), Mukhayyam Tarbawy, Kepanduan, Bulan Sabit Merah Remaja (BSMR) dengan bermuara pada muatan-muatan syar’i
  4. Qiroatul Kutub, Tahfidz Al-Qur’an dan Al-Hadits
  5. Pembiasaan bahasa sehari-hari dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris

Program Penunjang

  • Enrichment teaching baik ilmu syar’i maupun ilmu umum
  • Remedial teaching bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menguasai ilmu-ilmu dasar
  • Matrikulasi Bahasa Arab dan Inggris
  • Bimbingan belajar dengan system privat dan studi club bagi siswa yang merasa kesulitan dalam proses belajar pada mata pelajaran tertentu
  • Program outschooling (extrakurikuler) dengan tujuan untuk penelusuran minat dan bakat para siswa dalam upaya mendorong terhadap kegiatan belajar inti yang ada di AL BINAA.

Fasilitas Pendidikan AL Binaa Boarding School

Guna menunjang dan meningkatkan kualitas proses kegiatan belajar mengajarAl Binaa senantiasa melengkapi sarana dan fasilitas – fasilitas pendukung, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • 2 unit masjid masing-masing 2 lantai
  • 60 ruang kelas (kapasitas 24 siswa)
  • 1 unit Gedung Yayasan 2 lantai
  • 10 unit gedung asrama santri Putra
  • Laboiratorium Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa, dan Komputer
  • Ruang Perpustakaan
  • 1 unit guest house
  • 1 unit gedung serba guna (ber AC)
  • 1 unit gedung olahraga indoor
  • Ruang makan yang luas
  • 10 unit perumahan guru
  • 1 unit Poliklinik
  • Kantin Sekolah dan unit wirausaha
  • Sarana Olahraga: Futsal, Basket, Badminton, Takraw, Vooly ball, Tenis meja dll.
  • Studio Mini dan pemancar radio

Layanan Bimbingan

Dalam rangka memberikan layanan bimbingan kepada para santri, maka telah dibentuk beberapa layanan untuk memudahkan dalam mengevaluasi dan mengontrol perkembangan para santri. Adapun bimbingan yang diberikan adalah :

  1. Bimbingan Iqro, yaitu difocuskan bagi siswa tingkat SMP di kelas VII. Bimbingan Tasmi’ al-Qur’an dan al-Hadits yang rutin dilaksanakan setiap jum’at pagi.
  2. Konsep pembinaan akademik, yang mana diharapkan dengan konsep ini masalah – masalah yang berhubungan dengan ke-akademikan baik dari ulum syar’i maupun ilmu umum bisa ditangani dengan serius dan pola ini lebih diarahkan kepada para wali kelas dan guru bidang studi yang telah ditunjuk oleh pesantren baik pembinaannya dengan melalui system privat, studi club, try out dan tutorial kepada siswanya langsung.

Prestasi Al Binaa Islamic Boarding School

Alhamdulillah selama ini prestasi yang diraih AL BINAA Insya Allah bisa membuktikan terhadap masyarakat luas. Tentu dari sejumlah prestasi yang diraih tidaklah mudah untuk mencapainya dan lebih sulit lagi adalah menjaga kestabilan dari prestasi-pretasi yang sudah diraihnya. Dari 4 kali pelaksanaan UN, Alhamdulillah rata-rata kelulusanan siswa AL BINAA 100%. Pemahaman para siswa terhadap visi dan misi AL BINAA yang mengusung “Risalah Dakwah” tentu menjadi prestasi nyata dalam membentuk kepribadiannya dengan nilai-nilai Islam berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah.

Sebagai paradigma dalam memahami ketercapaian prestasi, maka Al Binaa sudah menerapkan batasan riil dalam menerjemahkan prestasi dimaksud. Bahwa prestasi yang dimaksud adalah prestasi “aghlabiyah” (mayoritas) bukan prestasi “fardiyyah” (minoritas/individu)) . Tidak menjadi sebuah acuan dan kebanggaan kalau prestasi yang muncul di Al Binaa adalah hanya semata-mata juhud seseorang atau individu saja karena dikala itu yang selalu dimunculkan maka prestasi tersebut akan menjadi semu dari yang sesungguhnya bahkan bisa saja Al Binaa akan terus merasa nyaman dan bangga, padahal belum tentu dari kebanyakan santrinya berprestasi seperti yang diraih oleh individu tersebut.

Maka yang diinginkan oleh Al Binaa bahwa prestasi yang dicapai adalah prestasi mayoritas santri. Dan prestasi mayoritas mereka tidak hanya berpijak pada pencapaian akademik semata tapi ada yang lebih penting bagi mereka dalam membawa perubahan yang sangat signifikan yaitu prestasi: Praktik ibadah, mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, menghafal al-Qur’an dan al-Hadits sesuai dengan target pada masing-masing tingkatan, berakhlak karimah, sopan santun dalam bertutur kata dan pergaulan yang selalu dipupuk dengan bingkai ukhuwwah islaminyah.

Prestasi mayoritas santri tentu sangat kuat hubungannya dengan keberadaan para asaatidz. Alhamdulillah para asaatidz Al Binaa hampir 90% mereka tinggal di dalam lokasi dan sekitar lingkungan Pesantren Al Binaa. Kondisi ini sangat memungkinkan untuk menjadikan prestasi para santri secara mayoritas. Bahkan kondisi para asaatidz yang hanya mengkhususkan untuk mengajar dan mendidik di Al Binaa saja itupun merupakan prestasi yang tidak tertandingi. Karena bagaimana mungkin bisa terwujud akan sebuah prestasi mayoritas manakala para pendidiknya tidak tinggal bersama di arena lingkungan Pesantren. Maka merupakan ungkapan tahaduts binni’mah dari keberadaan mereka yang selama ini selalu tinggal dan memberikan pendidikan tanpa batas waktu. Semoga usaha dan jerih payah para asaatidz Al Binaa dalam mengarahkan dan mendidik para santrinya untuk berprestasi diberikan pahala oleh Allah Jalla wa ‘Ala serta ditempatkan pahalanya di sisi timbangan baik-Nya. Amiin

Adapun sebagai ungkapan syukur yang lain, bahwa sudah banyak prestasi yang dicapai oleh para santri Al Binaa dalam sisi akademik maka tahadduts binni’mah kami, berikut dafta prestasi tersebut sbb:

Alumni AL BINAA

Alhamdulillah diusia perjalanan Al Binaa memasuki 12 tahun sejak dirintisnya mulai tahun 2014, maka sampai saat ini Al Binaa telah meluluskan 6 angkatan santri putra dan 2 angkatan santri putri. Alumni AL BINAA, Alhamdulillah 90 % sudah diterima diberbagai perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri seperti:
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Dipponogoro (UNDIP)
  • Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo
  • Universitas Islam Madinah (UIM)
  • Universitas Umm Alquro Makkah
  • LIPIA Jakarta
  • Universitas Padjajaran (UNPAD)
  • Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  • Universitas Brawijaya (UNBRAW)
  • Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)
  • Universitas Trisakti Jakarta
  • Universitas Pakuwan (UNPAK) Bogor
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopvember (ITS)
  • Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  • Univeristas di Jerman dan lain-lain.

Untuk menjembatani antara Pesantren Al Binaa dengan para alumninya, maka telah dibuat satu wadah dengan nama ILUMINA (Ikatan Alumni Al Binaa) yang dengan wadah ini para alumni bisa terus memberikan kontribusi ide dan pemikiran guna menjadikan Al Binaa sebagai almamaternya yang terus memberikan andil untuk kebaikan dan kemaslahatan ummat di masa depan.

Penerimaan Santri / Siswa Baru Pesantren Al Binaa Boarding Scho0l

Persyaratan Seleksi dan Masuk

Persyaratan Umum

  1. Laki-laki muslim dan wanita muslimah
  2. Usia maksimal 13 tahun
  3. Persetujuan orang tua untuk bersedia tinggal di asrama selama masa belajar
  4. Membayar uang pendaftaran
  5. Mengikuti seleksi
  6. Proses Seleksi

Seleksi masuk ke AL BINAA terdiri dari 2 kategori:

  1. Akademik, yang mencakup 5 (lima) pelajaran yaitu: PAI (Pendidikan Agama Islam), Matematika, Sains, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
  2. Wawancara calon santri

Berkas Pendaftaran Calon Santri:

  1. Foto copy raport dari kelas 4 – 6 SD/MI
  2. Foto copy Akte Kelahiran 2 lembar
  3. Foto Poscard ukuran 4 R seluruh badan
  4. Bukti kesehatan dari dokter setempat

Kelengkapan Berkas Daftar Ulang (Setelah dinyatakan LULUS):

  1. Foto copy IJAZAH 2 (dua) lembar yang telah dilegalisir
  2. Foto copy SKHUN 2 (dua) lembar yang telah dilegalisir
  3. Foto copy Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) 1(satu) lembar
  4. Foto hasil Rontgen THORAX (dada)
  5. Foto copy Kartu Keluarga 2 (dua) lembar
  6. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 sebanyak @ 4 lembar

Cara Mendaftar:

  • Datang langsung ke lokasi AL BINAA, pendaftaran dibuka setiap hari kerja mulai Sabtu – Kamis dari Pukul: 07.00 sd 17.00 WIB dan khusus hari Jum’at tutup
  • Pendaftaran ONLINE bisa diakses di Website AL BINAA: www.albinaa.or.id

Galeri Foto Ma’had Al Binaa Bekasi

Asrama Putra

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Asrama Santri di Komplek Al Binaa Putra

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Asrama Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Gedung Asrama di Komplek Albinaa Putri

Asrama Putra

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Asrama Santri di Komplek Albinaa Putra

Sarana Olahraga di Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Bagian dari Sarana Olahraga di Putri

ATM Center

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Fasilitas ruang ATM Center

Asrama Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Asrama Santri di Komplek Al Binaa Putri

Guest House

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Guest House Al Binaa Islamic Boarding School

Kantin Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Kantin (Ruang Makan) di Al Binaa Putri

Kantor Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Kantor Ma'had Al Binaa Putri

Buka puasa bersama Ramadhan

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Kegiatan buka puasa bersama Ramadhan di Al Binaa

Kunjungan Dubes Saudi Arabia

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Kegiatan Dubes Saudi Arabia, MoU Ujian KJJ Universitas Imam Ibn Saud dan Al Binaa Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Dubes Saudi Arabia di Al Binaa

Kegiatan Mukhoyyam Tarbawy

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Kegiatan Mukhoyyam Tarbawy Al Binaa Bekasi

Seleksi Akademik PSB

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Kegiatan seleksi akademik PSB Al Binaa

Sholat Idul Adha

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Kegiatan Sholat Idul Adha di Al Binaa

Asrama dan Kelas Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Komplek Asrama dan Kelas di Albinaa Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Lapangan Olahraga

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Lapangan Basket dan Futsal Pesantren Al Binaa Bekasi

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Kampus Putra

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Lokasi Kampus Putra (Ruang Belajar dan Perkantoran)

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Masjid Al Binaa Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Masjid di Komplek Albinaa Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Masjid Riyaadhusholihin Al Binaa

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Masjid Riyaadhusholihin di Pesantren Al Binaa Bekasi

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Pintu Gerbang Putra

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Pintu gerbang Komplek Al Binaa Putra

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Program Umroh

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Program Umroh Tahunan Asaatidz Albinaa

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Ruang Belajar Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Ruang belajar di Komplek Albinaa Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Ruang Serba Guna dan Indoor

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Ruang Serba Guna dan Indoor di Ma'had Al BInaa Bekasi

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Seminar Batam 2014

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Seminar Pendidikan Al Binaa di Batam 2014

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Taman Albinaa Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Taman dengan ruang kelas di Albinaa Putri

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Taman Al Binaa Putra

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Taman di jalan utama Al Binaa Putra

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Wisuda Angkatan VI Mei 2015

Profile Al Binaa Islamic Boarding School - Wisuda Angkatan VI, Mei 2015 bersama Dubes Saudi Arabia Musthafa Ibrahim Al Mubarak

Profile Al Binaa Islamic Boarding School

Demikianlah Profile Al Binaa Islamic Boarding School Bekasi.