PT Tocalo Surface Technology Indonesia | Thermal Spraying Using HVOF and Wire Flame

PT Tocalo Indonesia

PT Tocalo Surface Technology Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang modifikasi surface dan machining. Metode modifikasi surface yang digunakan oleh perusahaan yang berlokasi di kawasan industri KIIC Karawang ini adalah Thermal Spray.

Apa yang dimaksud dengan Thermal Spraying?

Teknik penyemprotan termal adalah proses pelapisan di mana bahan yang meleleh (atau dipanaskan) disemprotkan ke permukaan. “Bahan baku” (pelapis prekursor) dipanaskan dengan listrik (plasma atau busur) atau bahan kimia (api pembakaran).

Penyemprotan termal dapat menghasilkan lapisan tebal (kisaran ketebalan sekitar 20 mikron hingga beberapa mm, tergantung pada proses dan bahan baku), di area yang luas dengan laju deposisi tinggi dibandingkan dengan proses pelapisan lain seperti pelapisan listrik, deposisi uap fisik dan kimia. Bahan pelapis yang tersedia untuk penyemprotan termal meliputi logam, paduan, keramik, plastik, dan komposit. Mereka diumpankan dalam bentuk bubuk atau kawat, dipanaskan hingga cair atau setengah cair dan dipercepat menuju substrat dalam bentuk partikel berukuran mikrometer. Pembakaran atau lucutan busur listrik biasanya digunakan sebagai sumber energi untuk penyemprotan termal. Lapisan yang dihasilkan dibuat dengan akumulasi banyak partikel yang disemprotkan. Permukaan mungkin tidak memanas secara signifikan, memungkinkan lapisan zat yang mudah terbakar.

Kualitas lapisan biasanya dinilai dengan mengukur porositas, kandungan oksida, kekerasan makro dan mikro, kekuatan ikatan dan kekasaran permukaan. Umumnya, kualitas lapisan meningkat dengan bertambahnya kecepatan partikel.

Grafis ini akan menjelaskannya untuk Anda:

Profil Perusahaan

Didirikan pada tanggal 31 Mei 2017, PT Tocalo merupakan bagian dari grup perusahaan Tocalo., Ltd yang bermarkas Kobe, prefektur Hyogo, Jepang.

Pada saat awal didirikan, modal awal perusahaan ini sebesar US $ 4.980.000,- dan didukung oleh 20 tenaga kerja yang dipimpin oleh Mr. Takayaku Yoshimizu.

3 Layanan Utama PT Tocalo

Pada dasarnya, jika uraikan lebih mendetail, maka ada tiga layanan utama yang menjadi andalan service perusahaan ini, yaitu:

1. Surface Modification Using High Velocity Oxy-Fuel Spraying (HVOF)

PT Tocalo Indonesia

Ini adalah layanan modifikasi permukaan menggunakan penyemprotan HVOF (High Velocity Oxy-Fuel). Dalam proses penyemprotan HVOF, tekanan di ruang bakar dari penyemprot Spraying Gun ditingkatkan untuk menghasilkan api berkecepatan tinggi yang sebanding dengan nyala api pembakaran detonatif.

PT Tocalo Indonesia

Bahan bubuk diumpankan dan dilebur, atau setengah meleleh di aliran semburan api, kemudian dipercepat dan disemprotkan terus menerus dengan kecepatan supersonik.

Proses ini memungkinkan terbentuknya lapisan dengan kepadatan yang sangat tinggi dan kekuatan ikatan yang tinggi. Dibandingkan dengan penyemprotan detonasi, lapisan HVOF memiliki karakteristik yang lebih homogen untuk proses pembentukan kontinu, dan lebih efektif dalam membentuk lapisan tahan aus dengan sermet karbida.

Aplikasi

  • Rol Permukaan Cermin untuk Lini Produksi Film
  • Plat perkakas bak cuci piring
  • Suku Cadang Pesawat terbang
  • Turbin Hidroelektrik
  • Material Penanak Nasi Elektrik

2. Surcafe Modification Using Wire Flame Spraying

PT Tocalo Indonesia

Modifikasi permukaan dengan Wire Flame Spraying adalah proses penyemprotan dengan kawat pembakaran, disebut juga Wire Process. Proses penyemprotan nyala kawat menggunakan logam dan paduan berbentuk kawat sebagai bahan penyemprotnya, dan nyala api atau busur listrik sebagai sumber panasnya. Bahan cair disemprotkan ke permukaan subjek untuk membentuk lapisan.

PT Tocalo Indonesia

Semua logam dan paduan dalam bentuk kawat tersedia untuk material, seperti tembaga, perunggu, baja tahan karat, baja karbon tinggi, molibdenum dan logam dengan titik leleh rendah termasuk aluminium, seng, dan lainnya.

Karakteristik pelapis proses penyemprotan api kawat

Subjek yang akan disemprot tidak terpengaruh oleh suhu tinggi, yang menjaga kestabilan dimensi dan kestabilan morfologi, tidak menyebabkan retakan, tidak ada pengurangan kekuatan.

Tersedia lapisan dengan berbagai ketebalan

Lapisan ini mengandung partikel yang lebih keras daripada bahan asli dan bahan keras termasuk oksida logam, nitrida, karbida, dan lain-lain, yang memberikan ketahanan aus tingkat tinggi.

Aplikasi

  • Drum

Contoh Product

Hydraulic device Cylinder rod durability test results

  • Hard chrome plating (Conventional specification)
  • Hard carbide plating (Conventional specification)
  • Tungsten Carbide of Thermal Spray

3. Machining

Bolster 2800 ×1600

Mold 1000×700

Base 3000×2000

Base 2000×700

Common plate 3000 x 2000

Common plate 2000×2400

Equipments

Berikut ini adalah daftar peralatan yang digunakan PT Tocalo Modification Surcafe Indonesia.

1. Lathe Machine Φ1520×5000L

2. CNC Grinding Machine Φ850×5000L

3. Blast Booth 5000×3000×2000(H)

4. Thermal Spray Booth 5000×3000×2000(H)

5. Sealing Furnace φ1300×2600L

6. Turntable Φ1500

7. CNC Vertical Turning Lathe Φ2300×1500

8. Double Column Type Machining Center №1 4000×2000

9. Double Column Type Machining Center №2 4000×2000

10. Vertical Machining Center 2000×3000

Kontak PT Tocalo

Alamat

  • Jl. Harapan, I Lot KK-2B,  Kawasan Industrial KIIC Desa,  Sirnabaya Kec. Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang, 41361 – Jawa Barat- Indonesia.

Telepon

  • Office Tel:  +62(0)267-864-3070

Sales Department:

  • koma@tocalo.co.id (Mr. Koma) Japanese
  • dadan@tocalo.co.id (Bpk Dadan) Indonesia

Website

Leave a Reply

Butuh bantuan Download dan Info Lengkap?