Keutamaan Berbagi Bahagia bersama Yatim Dhuafa
February 27, 2013
Download Film Animasi Kartun Islami Muhammad Al Fatih
April 16, 2014

Pulang Kampung Mudik Lebaran Berkendara Mobil

Tips Mudik Menggunakan Mobil

Bagaimana Pulang Kampung Mudik Lebaran Berkendara Mobil? Hari Raya Iedul Fitri telah menjelang. Apa tips mudik kali ini? Untuk anda yang tengah berencana pulang kampung alias mudik lebaran menggunakan kendaraan atau mobilpribadi semestinya sudah harus mempunyai persiapan dan rencana yang matang. Aman dan nyaman selama perjalanan mudik lebaran tentu yang anda inginkan bukan? Semoga selamat sampai tujuan hingga bisa bersilaturrahmi dengan orang tua, famili atau keluarga anda, berikut ini ada beberapa tips mudik menggunakan mobil pribadi.

Tips Mudik Lebaran Berkendara Mobil

1. Persiapan rencana mudik yang baik

Hal ini tentu menjadi hal pertama. Pilihlah rute jalan yang terbaik, jangan lupa jalur alternativ serta kumpulkan informasi yang akan berguna nanti selama di jalan.

2. Servis Kendaraan anda

Agar mobil anda tetap berada dalam performa terbaiknya mengingat jarak tempuh menuju tujuan yang lumayan jauh, adalah penting untuk membawa mobil / kendaraan anda ke bengkel servis terpercaya anda. JIka anda merasa mobil yang akan anda gunakan sebagai kendaraan mudik dalam kondisi prima, ada baiknya anda harus tetap memperhatikan setidaknya kondisi busi. Busi mobil tentu lebih baik selalu diganti setiap 20.000 km, agar proses pengapian ketika mesin start menjadi mudah dehingga pembakaran selalu optimal.

3. Gunakan BBM yang tepat

Performa mesin mobil anda bergantung pada proses pembakaran yang optimal, karenanya pergunakan hanya bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan anda. Cermatlah ketika anda harus menentukan waktu dan tempat anda kembali mengisi bahan bakar. Anda harus memastikan indikator bahan bakar kendaraan anda bekerja dengan semestinya.

4. Ganti Oli Rem

Mengganti oli rem harus secara berkala, setidaknya 2 tahun sekali. Hal tersebut sangat berpengarus pada fungsi keamanan berkendara anda. Mengganti oli rem secara berkala juga dapat menjaga kualitas efisiensi pengereman.

5. Periksa tekanan Ban

Perhatikan selalu tekanan ban kendaraan anda, tekanan ban kurang dari 20 % akan membuat boros kendaraan anda sebesar 10%.

6. Pasang selalu sabuk pengaman

Keamanan dalam berkendaran adalah nomor satu, sebab itu pastikan agar sabuk pengaman terpasang dengan sempurna. Sabuk pengaman yang terpasang dengan tepat setidaknya akan mengurangi resiko cedera jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan ketika mengemudi.

7. Perhatikan batas kecepatan, jangan melebihi

Patuhilah batas kecepatan selama perjalanan berkendara anda. Ikuti rambu-rambu lalu lintas batas kecepatan, melajulah pada kecepatan stabil atau di bawah batas kecepatan maksimum. Antisipasi jaga kecepatan menengah dengan antisipasi pergerakan kendaraan lain sehingga tak perlu berakselerasi dan mengerem mendadak.

8. Gunakan Kedua Tangan Saat Menyetir

Seringkali pengendara lalai mengemudi dengan satu tangan sementara yang lain melakukan aktifitas lain. Dua tangan penting untuk menjaga kontrol, konsentrasi, kenyamanan, dan kesigapan saat terjadi hal darurat selama mengemudi.

9. Gigi Tinggi

Sepanjang perjalanan optimalkan putaran mesin di 2.000 RPM. Naikkan posisi gigi tertinggi sesuai kebutuhan. Selain untuk kenyamanan mesin, juga demi menghemat konsumsi bahan bakar.

10. Matikan AC ketika tidak perlu

Kurangi kerja mesin dengan mematikan AC ketika tidak diperlulan. Pada situasi tertentu kita juga harus menjaga aerodinamis kendaraan dengan mengurangi hambatan udara yang menambah beban mesin, yaitu dengan menutup jendela. Pada kondisi ini kita memang membutuhkan AC di dalam mobil.

11. Kurangi Bobot

Banyak beban berarti makin berat kerja mesin dan akan menguras bahan bakar. Atur barang bawaan Anda, sebisa mungkin kurangi bobot berlebih.

12. Awas, Alkohol dan Obat Terlarang

Jangan minum sembarang obat sebelum berkendara, jangan pula minum minuman beralkohol. Konsumsi alkohol dan obat-obatan akan mengurangi kendali Anda terhadap kendaran secara signifikan.

13. Sebaiknya Jangan Gunakan Alat Komunikasi

Namun bila sangat diperlukan manfaatkan piranti handsfree, bluetooth, atau teknologi serupa. Lebih baik lagi, jika mobil Anda dilengkapi dengan car kit yang lebih lengkap. Seperti tempat ponsel yang bisa dimanfaatkan untuk charging baterai, fungsi handsfree dengan mikrofon dan speaker terpisah, bahkan antene untuk penerimaan lebih baik. Jika Anda benar-benar harus menjawab, belokkan kendaraan ke tepi jalan.

sumber:

  1. disesuaikan dari https://gardaakses.com
  2. gambar dari: www.drivingford.in