Aplikasi Payroll Mudahkan Bayar Gaji dan Pengelolaan Data Karyawan
Aplikasi Payroll Mudahkan Bayar Gaji dan Pengelolaan Data Karyawan
January 15, 2018

QiscusXKata.ai: Revolusi Interaksi Pelaku Bisnis dengan Konsumen

QiscusXKata.ai

Kali ini masbadar.com ingin membahas tentang penerapan artificial intelligence alias kecerdasan buatan dalam dunia bisnis. Ini adalah tentang QuiscusXkata.ai. QiscusXKata.ai: Revolusi Interaksi Pelaku Bisnis dengan Konsumen.

Saat ini, sudah begitu banyak medium komunikasi dalam berbisnis untuk saling terkoneksi antara satu dengan yang lainnya, salah satunya melalui aplikasi massaging. Hasil riset Forrester Consulting pun menyatakan bahwa perusahaan yang menerapkan chat dalam proses bisnis memiliki potensi untuk meraih imbal balik atas investasi atau ROI sebesar 305%.

Hal ini karena chat dapat meningkatkan customer engagement serta efektivitas layanan perusahaan. Oleh karena itu, manajemen perusahaan atau pemilik bisnis harus memastikan bahwa mereka menyertakan fitur chat di app yang mereka miliki.

Namun, tidak dapat dipungkiri ketika para pemilik bisnis sangat ingin menggunakan fitur chat, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah apakah perusahaan harus membangun sendiri fitur tersebut atau fokus dalam pengembangan inti bisnisnya terlebih dahulu. Sedangkan, dalam mengembangkan fitur chat waktu yang diperlukan bisa dibilang tidak singkat dan sumber daya manusia yang memadai untuk mengembangkan fitur tersebut.

QiscusXKata.ai

Hal lain yang tak kalah penting jika perusahaan menggunakan fitur chat yang berbasis online adalah berapa waktu standby yang bisa diberikan untuk fitur ini. Apakah 24 jam penuh atau hanya 12 jam dan beberapa jam saja? Hal ini sangat penting untuk perusahaan pahami karena fitur chat akan menghubungkan perusahaan langsung dengan konsumen.

Artinya, perusahaan tidak bisa ceroboh jika berhubungan dengan konsumen. Pemilik bisnis perlu layanan yang dapat membalas satu per satu pesan yang masuk tanpa ada waktu tunggu yang dialami konsumen. Sehingga, sangat diperlukan penyedia layanan atau pihak ketiga dalam membantu mengembangkan fitur chat tersebut.

Dengan penggunaan jasa layanan Qiscus, perusahaan-perusahaan Indonesia dapat memiliki layanan-layanan unik sehingga memiliki diferensiasi dari para pesaing di pasar, dengan fleksibilitas yang tinggi serta dapat dikembangkan sesuai kebutuhan mereka. Sebagai salah satu pelopor di bidang chat SDK, Qiscus memberdayakan perusahaan-perusahaan di Indonesia agar bisa berekspansi melampaui batas-batas fisik mereka melalui integrasi teknologi chat SDK dengan chatbot dari Kata.ai.

Di sisi lain, berdasarkan prediksi perusahaan riset teknologi Gartner, pada tahun 2020 mendatang masyarakat akan cenderung lebih banyak melakukan percakapan menggunakan chatbot. Sedangkan pada tahun 2035, Accenture memperkirakan AI akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar dua kali lipat dari pertumbuhan saat ini dan kenaikan produktivitas tenaga kerja sebesar 40%.

QiscusXKata.ai

QiscusXKata.ai adalah Kolaborasi Qiscus dan Kata.ai

Adanya kolaborasi antara Qiscus dan Kata.ai (QiscusXKata.ai) diharapkan dapat ikut serta mewujudkan tren global yang positif tersebut di dalam negeri. Dan hal positif lainnya, pelanggan atau pengguna aplikasi dapat menerima tanggapan langsung secara cepat kapan saja selama 24 jam, baik di hari kerja maupun di akhir pekan (24/7).

Menurut data yang kami miliki, penggunaan chatbot secara optimal dalam alur kerja bisnis dapat membantu perusahaan menghemat biaya customer service hingga 30%. Dengan waktu tunggu pelanggan yang lebih singkat, konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai pengiriman, rincian, nomor pelacakan atau kata sandi yang terlupakan. Hal itu tentunya berarti positif dalam sudut pandang konsumen.

Penggunaan QiscusXKata.ai di Industri

Sementara itu, di industri yang banyak melibatkan data rahasia saat berinteraksi dengan konsumen seperti perbankan, banyak pelaku bisnis dan industri membutuhkan implementasi chatbot dalam platform milik mereka sendiri. Kata.ai dapat menawarkan kemampuan Natural Language Processing (NLP) miliknya untuk merancang chatbot yang dapat mengotomatisasi proses bisnis dan interaksi konsumen dalam fasilitas chat yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan saat ini.

Melalui kemampuan chatbot yang dapat memahami konsumen dalam Bahasa Indonesia secara tepat dan akurat, layanan pelangggan akan menjadi lebih efisien karena jumlah pertanyaan konsumen yang harus dijawab secara langsung oleh staf customer service akan berkurang.

Qiscus

QiscusXKata.ai

Maka dari itu, Qiscus Pte Ltd berkolaborasi dengan Kata.ai yang bertujuan mendorong revolusi cara para pelaku bisnis di Indonesia berinteraksi dengan konsumen.

Melalui kemitraan ini Qiscus selaku penyedia jasa chat Software Development Kit (SDK) akan berkolaborasi dengan Kata.ai selaku penyedia platform pengembangan chatbot yang dapat digunakan untuk berbagai chat platform. Para klien Qiscus akan menggunakan chatbot dari Kata.ai yang tidak hanya bisa digunakan di platform sosial umumnya namun juga dalam platform milik mereka sendiri.

Meski sudah banyak vendor yang menawarkan layanan chat dan AI, namun pemilik bisnis di Indonesia seringkali kebingungan memilih fitur chat dan AI yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang mereka miliki. Kemitraan bisnis strategis yang dilakukan oleh Qiscus dan Kata.ai sehingga menjadi QiscusXKata.ai ini diharapkan dapat menghadirkan layanan chat dan AI yang sesuai dengan karakter, kebutuhan dan anggaran perusahaan-perusahaan di Indonesia. Serta dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnis yang mereka miliki melalui fitur chat serta AI yang tepat.