Ratusan Lebih Telah Terjangkiti Virus Ev71

Klinik Akupunktur Hasan Abdul Syukur Madinah dan Karawang
April 5, 2008
Beasiswa Djarum Beasiswa Pendidikan dari Perusahaan Penyumbang Nikotin
May 24, 2008

Karena ratusan lebih telah terjangkiti virus EV71. Pihak propinsi Fuyang, China telah meningkatkan status emergensi kesehatan publik dari siaga 3 menjadi siaga 2, yang berarti pemerintah propinsi dapat meng-karantina pasien dan mengendalikan keluar-masuknya penduduk di Fuyang. (Xinhua) di Update: 2008-05-03 21:36

Ratusan Lebih Telah Terjangkiti Virus Ev71

Ratusan Lebih Telah Terjangkiti Virus Ev71

Seorang anak yang terinfeksi sejenis virus intestinal, teridentifikasi sebagai enterovirus 71, atau EV71, tengah menjalani pengobatan medis di sebuah rumah sakit di Fuyang, propinsi anhui pada 29 April 2008. [Agencies]

HEFEI, jumlah kasus penyakit lengan-kaki-mulut di Fuyang, sebuah kota di timur anhui, meningkat 3.736 pada Sabtu pagi hari dari 3.321 pada jumatnya, petugas lokal menyebutkan.

Lebih jauh, 4.529 anak-anak telah terjangkiti virus tersebut, yang diketahui sebagai entero virus 71, atau EV71, di 15 kota di Anhui. Kota-kota dengan kasus ini adalah Fuyang, Huanian, Bozhou, Bengbu, dan Hefei, seorang petugas dari deprteman kesehatan propinsi mengatakan.

Wang Jinshan, sekretaris Komite Propinsi dari Partai Komunis cina, mengunjungi rumah sakit-rumah sakit di fuyang pada Jum’at dan dan meminta sistem jangka panjang untuk mencegah tersebarnya infeksi penyakit ini.

45 ahli kesehatan yang diberangkatkan oleh Kementrian kesehatan dan departemen kesehatan propinsi telah tiba di Fuyang.

Pihak propinsi telah meningkatkan status emergensi kesehatan publik dari siaga 3 menjadi siaga 2, yang berarti pemerintah propinsi dapat meng-karantina pasien dan mengendalikan keluar-masuknya penduduk di Fuyang.

EV71 dapat menyebabkan penyakit tangan, kaki dan mulut yang seringkali diawali dengan demam biasa yg diikuti tumbuhnya bisul dan borok di mulut dan kudis pada tangan dan kaki. Virus ini juga dapat menyebabkan demam tinggi, meningitis, radang otak, paru-paru dan kelumpuhan.

Kementrian kesehatan cina (MOH) telah mendesak biro kesehatan setempat untuk melakukan pencegahan dan mengontrol penularan penyakit itu sebelum Olimpiade.

Kementrian telah menerbitkan edaran pada hari Sabtu yg menyuruh biro setempat untuk melakukan langkah tebaik untukmencegah dan mengontrol penyakit menular ini, dikarenakan penyebaran masal dapat dengan mudah terjadi saat-saat ini.

Di samping penyakit tangan, kaki dan mulut (HFMD) yang membunuh 22 anak di timur propinsi anhui, Kementrian juga memerintahkan biro untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pes, kolera, hepatitis A, demam tipes, diare, radang paru-paru, malaria dan meningitis.

Di samping progres keseluruhan yang telah dibuat guna mengontrol penyakit mematikan itu, sumber wabah masih menyebar berulangkali di beberapa wilayah, khusunya setelah cuaca yang tidak biasa dan perpindahan penduduk, kata edaran itu.

Sejak musim semi, epidemik HFMD, hepatitis A dan penyakit campak telah menyebar, menurut edaran itu.

Seluruh biro kesehatan setempat harus memberikan prioritas utama guna pencegahan dan mengendalikan penyakit menular ini khususnya di area pedalaman sehingga melindungi kesehatan penduduk sebelum Olimpiade, demikian dalam edaran itu.

Hal ini tergantung rumah sakir dan biro kesehatan lokal dalam membuat laporan berkala tentang penyakit-penyakti mennular. Pembatalan atau kegagalan laporan-laporan tersebut akan dikenakan sanksi, kata edaran itu.

Pihak kementrian meramalkan kasus-kasus HFMD tersebut kemungkinan akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang karena Juni dan Juli adalah titik musim bagi penyakit tersebut.

Tahun ini, lebih banyak kejadian HFMD, yang disebabkan oleh Enterovirus 71, atau EV71, yang dilaporkan di singapura dan taiwan wilayah china dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Di wilayah utama china, kasus lebih dilaporkan di anhui dan propinsi-psopinsi lainnya, menurut kementrian tersebut.

Kementrian telah menerbitkan petunjuk terakhir atas pencegahan dan pengendalian HFMD. Petunjuk itu, diposting di website milik kementrian, merincikan informasi asal muasal, simton, pencegahan dan pendegnalian HFMD.

Kemnetrian mengatakan pelatihan tentang diagnosis dan penanganan medis HFMD akan lebih diberikan terhadap para dokter spesaialis anak.

Sebuah kematian yang ditenggarai tersebab penyakit HFMD dilaporkan Sabtu pagi di Propinsi china bagian selatan, Guangdong. Pada hari Jum’at, pihak berwenang kesehatan setempat dari ibukota propinsi Hubei mengumumkan 340 kasus HFMD telah ditemukan, tetapi tidak ada kematian yang dilaporkan.

EV71 dapat menyebabkan penyakit tangan, kaki dan mulut yang biasanya dimulai dengan demam ringan dan diikuti dengan bisul dan nanah di mulut serta kudis pada tangan dan kaki.