Sebuah Riset Berhasil Menumbuhkan Ubi Jalar dengan vitamin A Lebih

Menonton film sedih ternyata dapat mengurangi rasa sakit
Menonton Film Sedih Ternyata Dapat Mengurangi Rasa Sakit
October 7, 2016
Bakteri pengurai Styrofoam dan plastik polystyrene
Bakteri Pengurai Styrofoam dan Plastik Polystyrene dari Penelitian Stanford
October 18, 2016

Sebuah Riset Berhasil Menumbuhkan Ubi Jalar dengan vitamin A Lebih

Riset berhasil menumbuhkan ubi jalar dengan vitamin A lebih

Sebuah riset berhasil menumbuhkan ubi jalar dengan vitamin A lebih banyak. Merangkum dari 3 sumber berita, baru-baru ini empat ilmuwan telah memenangkan hadiah Penghargaan Makanan Dunia 2016. Para ilmuwan itu berawal dari grup riset global bernama International Potato Center. Mereka memenangkan hadiah karena keberhasilan mereka dalam memperkaya kandungan ubi jalar. Hasil riset para peneliti tersebut tentu sangat bermanfaat bagi dunia kesehatan terutama bagi jutaan orang di dunia.

Para periset itu berhasil mengembangkan sebuah cara untuk menumbuhkan ubi jalar dengan kandungan vitamin A yang lebih banyak.

Lebih banyak vitamin A berarti ubi jalar tersebut berisi banyak nutrisi. Salah satu periset mengatakan bahwa pada awalnya sulit untuk menggaet para petani guna bekerja sama dengan mereka. Banyak petani yang tidak mengganggap bahwa ide untuk meriset ubi jalar adalah ide yang baik.

Periset itu menyebutkan bahwa para petani mengatakan penelitian ubi jalar adalah ide buruk. Menurut para petani, penelitian semestinya untuk menciptakan areal pertanian yang lebih luas, mengurangi hama dan mengentaskan kemiskinan, bukan untuk memperbaiki nutrisi.

Ubi jalar sesungguhnya dapat merubah kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Tanpa makanan yang bervitamin, orang bisa mati karena kekurangan nutrisi. Kekurangan vitamin A adalah satu contoh kekurangan nutrisi yang paling membahayakan.

Para ilmuwan mengatakan bahwa ada lebih dari 140 juta anak berusia di bawah 4 tahun di 118 negara yang kekurangan nutrisi. Kurang nutrisi juga dialami oleh tujuh juta wanita yang sedang mengandung.

Para ilmuwan menyebutkan bahwa kekurangan nutrisi adalah penyebab utama anak-anak di negara-negara berkembang menderita kebutaan.

Jan Low, dari International Potato Center mengatakan bahkan dengan ia dan timnya memenangkan hadiah riset ubi jalar itu maka hal tersebut bisa menjadi semacam perubahan yang besar agar semakin banyak orang yang mendapatkan kecukupan vitamin A.

Ia berharap lebih banyak ilmuwan akan segera turut ikut berfokus pada peningkatan nutrisi di makanan terutama sayur-sayuran.

Informasi kesehatan tentang sebuah riset berhasil menumbuhkan ubi jalar dengan vitamin A lebih ini bersumber dari: