Riset Pengembangan Vaksin Virus Influenza Terbaru

Bahaya sepatu berhak tinggi dan cedera lutut permanen
Bahaya Sepatu Berhak Tinggi dan Cedera Lutut Permanen
August 25, 2016
Dokter di Kanada Meminta Parfum Dilarang di Rumah Sakit
Dokter di Kanada Meminta Parfum Dilarang di Rumah Sakit
August 30, 2016

Riset pengembangan vaksin virus Influenza terbaru. Para ilmuwan di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka sebentar lagi akan mengembangkan vaksin yang menyediakan perlindungan jangka panjang terhadap jenis influenza apapun.

Pengembangan vaksin virus tersebut menjadi berita baik terhadap jutaan orang di dunia yang setiap tahun harus mengunjungi dokter guna mendapatkan pengobatan.

Dua tim riset yang berbeda telah melakukan uji coba obat-obatan baru kepada hewan dan dua test tersebut mendatangkan hasil yang positif.

Percobaan akan segera mulai dilakukan kepada manusia untuk memperkirakan apakah test vaksin tersebut juga berhasil positif.

Ahli penyakit flu John Oxford kepada BBC mengatakan bahwa hasil test vaksin flu kepada hewan ini adalah lompatan besar ke depan yang pernah terjadi. Mereka para periset telah memiliki data hewan yang baik, bukan hanya kepada tikus, tetapi juga kepada musang dan juga terhadap monyet. Ini adalah sebuah batu loncatan yang besar.

Sebagai diketahui bahwa virus flu telah membunuh setengah juta orang setiap tahunnya. Menemukan vaksin yang tepat untuk melawan virus flu adalah tantangan berat mengingat virus flu selalu bermutasi.

Para dokter harus memperkirakan virus mana saja yang menyebabkan infeksi sehingga kemudian harus segera membuat vaksin yang terbaru.

Untuk alasan tersebut rata-rata keberhasilkan vaksin flu sangatlah rendah karena proses-prose pembaruan vaksin harus melalui banyak pekerjaan yang mengira-ngira.

Para peneliti mengatakan bahwa vaksin di Amerika Serikat mengurangi resiko penularan flu hingga 23 % pada tahun lalu.

Website Inverse.com mengatakan bahwa riset tersebut merupakan petunjuk bagaimana caranya para peneliti agar terus membuat vaksin terhadap virus-virus yang bermutasi sedemikian cepat, seperti virus HIV dan virus flu pada umumnya.

Semoga jika telah ditemukan vaksin yang ampuh, maka bisa didistribusikan hingga ke Indonesia. Selain harga vaksin yang semestinya terjangkau, dan tentu saja semoga tidak ada oknum-oknum dokter yang malah memalsukan vaksin tersebut. Informasi sains kesehatan tentang riset pengembangan vaksin virus Influenza terbaru di atas bersumber dari:

  1. https://www.bbc.com/news/health-34038808
  2. https://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3209469/Scientists-one-step-closer-creating-universal-flu-vaccine-New-jab-protect-against-strains-virus.html
  3. https://www.inverse.com/article/5587-could-we-get-a-universal-flu-vaccine