Inilah Rumus Matematika untuk Secangkir Kopi yang Nikmat

Perbedaan anak laki-laki dan perempuan menghadapi stress
Perbedaan Anak Laki-Laki dan Perempuan Menghadapi Stress
November 19, 2016
Dehumidifier Drymax DM600RS L
Menjaga Kelembapan Ruangan dengan Dehumidifier Drymax DM600RS L
January 18, 2018

Inilah Rumus Matematika untuk Secangkir Kopi yang Nikmat

Rumus matematika untuk secangkir kopi yang nikmat

Bagaimana rumus matematika untuk secangkirĀ kopi yang nikmat? Terdengar aneh bukan? Beberapa ahli matematika belum lama ini menggunakan kemampuan analisa mereka untuk mengetahui apa yang membuat secangkir kopi begitu nikmat.

Mungkin itu terdengar aneh. Tap ini benar terjadi. Sekelompok ahli matematika beberapa waktu lalu berusaha mengetahui apa yang berada di balik secangkir kopi yang nikmat. Dan temuan mereka sungguh menakjubkan, ternyata secangkir kopi yang nikmat itu mengandung 1.800 (seribu delapan ratus) komponen kimia.

Jika anda mengkombinasikan 1800 komponen kimia ini dengan cara yang berbeda-beda dalam membuat kopi, tentu akan sangat berpengaruh karena ada banyak angka yang terlibat di sana.

Para ahli matematika dari beberapa universitas di Irlandia dan Inggris menggunakan beberapa perhitungan rumit untuk memperkirakan bagaimana menciptakan secangkir kopi yang nikmat.

Dr William Lee dan Dr Kevin Moroney, dua orang dari tim peneliti itu memfokuskan pada apa yang terjadi pada kopi ketika melalui bermacam saringan ini mesin-mesin kopi.

Para ilmuwan tersebut berharap penelitian mereka akan merubah pembuatan mesin kopi nantinya. Dr Lee mengatakan kepada BBC News, “Pemikiran kami keseluruhannya adalah untuk menghadirkan sebuah model matematis yang sempurna dari pembuatan kopi yang bisa Anda gunakan untuk mendesain mesin-mesin kopi. Cara tersebut adalah seperti kami menggunakan teori mekanik solid dan mekanik cair untuk mendesain mobil-mobil balap.

Tidak lama lagi, para pecinta kopi akan bisa menyesuaikan banyak variabel untuk mendapatkan bermacam rasa kopi ketika kopi disaring dan diseduh termasuk seberapa panas air, seberapa cepat putaran air, ukuran kopi, lama penyeduhan, dan sebagainya. Riset matematika tentang kopi itu sendiri diterbitkan di jurnal Society for Industrial and Applied Mathematics (jurnal masyarakat industri dan matematika terapan).

Informasi seputar jurnal sains tentangĀ rumus matematika untuk secangkir kopi yang nikmat ini berasal dari: