Pesona Suzuki Jimny Baru Bawa Nuansa Nostalgia

Fitur Keamanan Suzuki Jimny 2019

Pesona Suzuki Jimny Baru Bawa Nuansa Nostalgia. Meski berada di lantai satu tahun lalu, pesona Suzuki Jimny sepertinya tidak pernah pudar. Sebab, banyak orang yang bersemangat menunggu kedatangan SUV buatan Jepang ini ke Indonesia. Di Indonesia, Suzuki Jimny bermain di segmennya sendiri dan tidak memiliki lawan di kelasnya. Lalu, faktor apa yang membuat orang Indonesia menunggu?

Nama besar Suzuki Jimny cukup erat kaitannya dengan masyarakat Indonesia. Mobil ini seperti saudara kandung bagi masyarakat Indonesia. Itu karena banyak orang telah melihat mobil ini sejak 1980-an. Terutama pada 1990-an, mobil ini diproduksi secara lokal dengan nama Suzuki Katana dengan dua roda.

Suzuki Jimny Baru

Inilah yang membuat Suzuki Jimny memiliki nilai sejarah yang cukup ditunggu oleh para pecinta. Suzuki Jimny generasi terbaru yang diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi dijual pada 2019. Di GIIAS 2019, SIS merilis harga jual mobil kotak ini. Ada dua model yang ditawarkan, nada tunggal dan nada ganda.

Spesifikasi Suzuki Jimny

Untuk varian nada tunggal, dijual mulai dari Rp. 315,5 juta jenis transmisi manual dan Rp. 328 juta jenis transmisi otomatis. Sedangkan untuk transmisi manual dual tone, harganya Rp. 317,5 juta untuk transmisi manual dan Rp. 330 juta untuk transmisi otomatis.

Fitur Keamanan Suzuki Jimny 2019

Bagaimana dengan mesinnya? Spesifikasi lengkap dari Suzuki Jimny 2019 mengusung mesin berkode K15B. Mesin yang digunakan pada Jimny mirip dengan Suzuki Ertiga yang juga mengusung mesin K15B. Namun, Suzuki mengklaim bahwa komponen mesin yang digunakan antara Jimny dan Ertiga berbeda.

Dari segi spesifikasi lengkap, Jimny Suzuki ini mengusung kapasitas 1.462 cc, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 102 hp dengan torsi maksimum 130 Nm. Daya disalurkan ke roda belakang dengan dua pilihan transmisi.

Transmisi manual dilengkapi dengan 5 kecepatan, sementara secara otomatis menggunakan 4 kecepatan. SUV legendaris ini dilengkapi dengan transmisi 4 × 4 dengan mode 2H, 4H dan 4L. Tuas pemindahan 4 × 4 dapat dioperasikan dengan mudah melalui tuas di dekat rem tangan.

Ketangguhan Suzuki Jimny

Meskipun memiliki dimensi yang cukup kecil, Suzuki Jimny 2019 ini ternyata menggunakan bingkai rangka tangga. Bingkai ini adalah kerangka yang juga digunakan oleh model-model SUV besar di Indonesia.

Fitur Keamanan Suzuki Jimny 2019

Untuk mendukung framework, Suzuki Jimny dilengkapi dengan suspensi 3 Link Rigid Axle dengan coil spring. Suspensi tertanam di roda depan dan belakang menggunakan suspensi yang sama.

Kaki Suzuki Jimny

Tentang ukuran velg, mobil ini menggunakan velg 15 inci. Roda dibungkus dengan ban 195/80. Bagi pecinta offroad, ukuran ban ini terasa kurang menarik. Biasanya pengguna Jimny akan mengganti ban standar mereka dengan menggunakan ban MT dengan ukuran yang jauh lebih besar. Soal kapasitas tangki, Jimny dilengkapi dengan tangki 40 liter.

Fitur Keamanan Suzuki Jimny 2019

Masalah keamanan, Suzuki Jimny terbaru ini juga didukung oleh berbagai fitur keamanan dan keselamatan yang cukup baik. Mobil ini sudah menggunakan dua airbag yang akan memberikan keamanan bagi pengemudi di bagian depan.

Fitur Keamanan Suzuki Jimny 2019

Struktur tubuh yang menggunakan TECT Body diklaim lebih efisien dalam menyerap energi saat terjadi tabrakan. Tapi sekali lagi sangat disayangkan, larisnya mobil ini membuat banyak penyukanya harus menunggu lama.

Cek ketersediaan Suzuki Jimny di sini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.