Beberapa Cara Merawat Mesin agar Tetap Lancar
Beberapa Cara Merawat Mesin agar Tetap Lancar
April 29, 2015
Seputar Company Profile Kontraktor
15 Contoh Desain Company Profile Perusahaan Konstruksi dan Kontraktor
August 14, 2015

Tahap Tahap Perluasan Pabrik

Bagimana Tahap Tahap Perluasan Pabrik? Perluasan sebuah factory atau pabrik dilakukan apabila terjadi penambahan jumlah produksi dan line produksi sebagai akibat dari peningkatan demand (atau berpotensi terjadi peningkatan demand) yang melebihi jumlah suplai. Jika kondisi seperti ini terus berlanjut, tentu akan membuahkan hasil yang positif bagi perusahaan, terutama dari segi profit. Sebelum Anda benar-benar melakukan perluasan pabrik, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu beberapa tahap perluasan pabrik dengan tujuan agar pada saat Anda melakukan factory, setiap langkah Anda benar-benar terarah dengan baik.

Tahap Tahap Perluasan Pabrik

Memahami benar latar belakang perluasan (ekspansion background)

Seorang PIC (Personal In Charge), Anda wajib mempunyai kemampuan komunikasi yang sangat baik dengan pihak pemilik atau manejer. Untuk menjamin bahwa rencana perluasan yang akan Anda lakukan berhasil, pemilik atau manejer harus satu pemikiran dengan Anda. Tujuannya agar spirit dan mental Anda kuat karena Anda mendapat dukungan dari pihak yang sangat berpengaruh di perusahaan Anda. Hal ini diperlukan karena proyek perluasan ini sangat menguras fisik, pikiran, dan mengoyak mental. Dalam proses perluasan, Anda nantinya akan berurusan dengan pihak-pihak lain seperti kontraktor, masyarakat, konsultant, kreditor, users, arsitek, pemerintah, dan pihak-pihak lainnya. Anda juga memiliki tanggung jawab yang besar baik tanggung jawab pada team maupun tanggung jawab pada perusahaan.

Mulai membuat rancangan proses

Tahap Tahap Perluasan Pabrik. Dalam membuat rancangan proses, Anda wajib memperhatikan:

  • mengetahui dan memahami aliran proses di setiap divisi
  • mengkalkulasi area untuk persediaan material mentah, wip, iddle, produk jadi, dan disposisi produk
  • memahami material handling
  • paham dengan regulasi dan standardisasi yang berkaitan dengan proses
  • pamahaman akan proses manejemen
  • paham dengan utility, teknologi permesinan, dan IT yang nantinya akan digunakans selama perluasan

Membuat rancangan proses layout

Tahap Tahap Perluasan Pabrik. Dalam tahap ini, Anda akan mendapatkan data-data yang memeberikan Anda gambaran mengenai:

  • posisi setiap area yang maksimal yang dapat mendukung proses perluasan
  • dimensi yang maksimal untuk setiap area atau ruang (seperti area inventory, area proses utama, area material handling, area air baku, area parkir, area pengolahan limbah, dsb)
  • posisi dan kondisi peralatan yang semuanya harus dalam kondisi prima di setiap divisi
  • posisi dan kondisi jalur-jalur penting dalam sebuah industri seperti jalur udara bertekanan tinggi, jalur steam, jalur gas, jalur air panas, dll (Piping)
  • gambaran semua peralatan di dalam pabrik

Tahap Tahap Perluasan Pabrik. Tahapan selanjutnya yaitu membuat desain pra-rencana dengan bantuan seorang arsitek, mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan), membuat desain struktur, bagian mekanik, bagian kelistrikan, Plumbing, finishing, dan pembangunan sistem, membuat tender dengan kontraktor, tahap pelaksanaan proyek, dan terakhir adalah tahap masa retensi atau periode di mana proyek telah dibangun 100 persen.

PT Nikifour adalah perusahaan kontraktor yang bisa memberikan konsultasi terhadap proyek perluasan pabrik. Nikifour telah memilik pengalaman dan kompeten dengan layanan standard kontraktor terbaik di Jabodetabek.

Kontak Nikifour Kontraktor

Our Office and Workshop :

Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01/06,  Kel. Tunggak- Jati
Kec. Karawang Barat, Karawang – Jawa Barat, Indonesia 41351
Telp : (0267) 8401784, (0267) 8632104, (0267) 8632105, – Fax: (0267) 8451587

Save

Save