Desain Interior Terbaik Untuk Rumah Sempit
December 1, 2015
Menentukan Warna Cat Dapur Rumah
December 2, 2015

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor

Apa sajakah tahapan memilih cat rumah dan kantor? Nikifour kontraktor terbaik di Karawang kali ini akan memberikan tips tentang cara memilih cat untuk tempat tinggal dan tempat bekerja. Sebab efek pada warna cat memang tidak ketara secara langsung, namun sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan psikologis seseorang. Berikut ini adalah lima tahapan memilih warna cat untuk rumah tinggal dan tempat bekerja.

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor

Mulai dari hal kecil

Jika Anda tidak yakin akan mulai dari mana, Anda bisa melakukan percobaan di kamar mandi, ruang kecil atau daerah antara ruangan, atau menjadikan aksen pada dinding. Jika Anda melakukan pengecatan sendiri, memilih sebuah area yang cepat dalam pengaplikasian cat dapat membantu Anda untuk bisa sesegera mungkin melihat hasilnya. Dengan begitu Anda bisa memutusakan apakah akan melanjutkan warna tersebut atau mengubahnya, jadikan proses memilih warna sebagai sebuah petualangan. Untuk memulainya, coba pilih warna favorit yang diambil dari lukisan, karpet, peralatan makan dan aksesori atau furnitur sebagai warna utama atau aksen.

Pikirkan tentang suasana ruangan

Ketika memilih warna, pertimbangkan suasana yang ingin dibangun pada suatu ruang. Seperti kamar tidur yang ingin dijadikan ruangan dengan suasana temaram dan menenangkan atau suasana dramatis dan intim? Warna lembut, dingin dan netral biasanya menciptakan perasaan yang tenang, sementara warna-warna yang lebih kuat untuk yang lebih dramatis.

Selain itu Anda juga bisa membangun suasana pada ruang makan yang terasa hangat dan kekeluargaan atau terasa formal dan tenang? Warna hangat, kontras dan agak cerah menambah suasana kekeluargaan, sementara warna biru-hijau tua dan netral akan memberikan suasana yang lebih formal.

Kemudian pada kamar anak-anak, Anda bisa menciptakan suasana yang aktif dan penuh semangat atau menciptakan suasana yang tenang dan teratur ? Namun, Anda harus berhati-hatil untuk tidak memberikan stimulati berlebihan pada anak-anak dengan menerapkan warna cat yang sangat terang. Sebab beberapa warna cerah dapat mengakibatkan kegelisahan dan sifat mudah tersinggung pada anak-anak.

Perhatikan pencahayaan ruangan

Jika Anda pergi ke toko cat, biasanya ada light box untuk menguji cat yang ingin dibeli. Sebenarnya hal ini cukup beralasan sebab

  • Cahaya alami akan menunjukkan warna yang sebenarnya
  • Lampu bohlam akan memunculkan nuansa hangat
  • Lampu neon akan memberikan nuansa biru yang tajam

Untuk itu tidak heran mengapa warna yang kuat bisa terlalu terang dan kuat ketika diaplikasikan pada semua dinding atau di samping jendela yang besar, tetapi hal ini bisa jadi efektif apabila digunakan sebagai aksen pada dinding dengan pencahayaan tidak langsung.

Belajar istilah warna

Coba untuk memperlajari beberapa istilah warna, karena akan membantu Anda untuk memahami terminologi warna.

  • Hue adalah sebutan untuk tingkat kepekatan warna, seperti merah dan biru.
  • Value adalah seberapa terang atau gelapnya warna.
  • Saturasi adalah seberapa dominasi hue. Contohnya jika menggunakan warna merah agak pink, maka warna merah akan jadi kurang dominan.

Jika Anda binging dengan istilah warna, Anda bisa bertanya kepada tenaga kerja profesional dan berpengalaman dari Nikifour Kontraktor sebagai Terbaik dalam berbagai proyek pengecatan di seputar kawasan industri KIIC, Suryacipta hingga Jababeka di Cikarang.

Uji pilihan warna Anda

Untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda, coba lakukan uji warna pada papan poster atau area yang lebih besar pada dinding Anda. Jangan takut untuk melewati zona nyamanan Anda. Kemudian coba pertimbangkan untuk menggunakan warna yang kuat, bersemangat atau lembut, atau warna netral. Anda pun bisa menambahkan kesan dramatis pada ruangan dengan warna yang lebih kuat di langit-langit. Langit-langit yang berwarna secara dramatis akan mengubah tampilan keseluruhan dari sebuah ruangan. Bagi Anda yang tidak bisa menangani pengecatan rumah dan kantor sendirian, Anda bisa menggunakan jasa kontraktor untuk pengecatan rumah dan kantor dari perusahaan kontraktor Nikifour.

13 Trend Warna Cat 2015

Demikianlah beberapa cara dan tahapan memilih cat rumah dan kantor. Ingin sumber inspirasi warna untuk rumah maupun kantor Anda? Inilah 13 Trend Warna Cat 2015 menurut beberapa perusahaan produsen cat terkemuka di dunia yang kami sarikan dari sumber: www.thisoldhouse.com.

Adalah Pantone sebuah otoritas warna paling populer telah memperkenalkan tren warna hue favorit di tahun 2015 inilah di antaranya:

1. Blue Paisley oleh PPG Pittsburgh Paints

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Blue Paisley - Tren Warna Cat 2015

2. Burgundy oleh Chalk Paint® by Annie Sloan

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Burgundy - Tren Warna Cat 2015

3. Caribbean Sea oleh Glidden

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Caribbean Sea - Tren Warna Cat 2015

4. Coal Blue oleh Dutch Boy

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Coal Blue - Tren Warna Cat 2015

5. Coastal Surf oleh Kelly-Moore

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Coastal Surf - Tren Warna Cat 2015

6. Coral Reef oleh Sherwin-Williams

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Coral Reef - Tren Cat Warna 2015

7. Devine Iguana oleh Devine Color

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Devine Iguana - Tren Warna Cat 2015

8. Essential Teal oleh BEHR

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - BEHR Essential Teal - Tren Warna Cat 2015

9. Guilford Green oleh Benjamin Moore

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Guilford Green - Tren Warna Cat 2015

10. Metal .05 oleh ColorHouse

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Metal 05 - Tren Warna Cat 2015

11. Noir oleh Pratt & Lambert

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Noir - Tren Warna Cat 2015

12. Sapphire oleh Fine Paints of Europe

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Sapphire- Tren Warna Cat 2015

13. Tanner’s Brown oleh: Farrow & Ball

Tahapan Memilih Cat Rumah dan Kantor - Tanners Brown - Tren Warna Cat 2015