Tanda Tanda Kerusakan Ban Truck Forklift

Bagaimana cara mengenali tanda tanda kerusakan ban truck Forklift? Mitra Setia Group bengkel perawatan dan supplier penyedia sparepart truck forklift KIIC Suryacipta hingga Jababeka Cikarang Bekasi berbagi tips perawatan forklift ini dengan Anda. http://mitrasetiagroup.com

Tanda Tanda Kerusakan Ban Truck Forklift

Tanda Tanda Kerusakan Ban Truck Forklift

Salah satu komponen penting dalam forklift adalah ban. Dengan merawat ban forklift secara berkala, Anda bukan saja memperlancar pekerjaan, tetapi mengurangi risiko kecelakaan di tempat kerja. Pemeliharaan secara menyeluruh juga akan membantu ban truk garpu Anda tahan lebih lama. Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa perlakuan terhadap ban alat berat sangatlah berbeda dengan ban kendaraan seperti mobil atau motor.

Lantas, apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum merawat ban alat berat ini? Simak pemaparannya di bawah ini.

Mengenal Karakteristik Ban Forklift

Perbedaan yang paling mendasar dari kendaraan umum dan forklift adalah keberadaan suspensi. Tidak semua pengguna truk mengetahui jika suspensi tidak terdapat pada forklift, sehingga semua beban yang diangkut akan bertumpu pada ban. Kemudian, seperti yang Anda ketahui, ban forklift sering melewati medan yang berat seperti jalan bergelombang, penuh lubang, hingga dipenuhi paku atau kerikil. Selain itu, truk tersebut terus memindahkan dan mengangkut muatan dengan berat sekitar 4,354 kilogram.

Ban juga tidak selalu dalam keadaan diam atau berputar ke depan. Komponen tersebut kadang harus berbalik, berputar, atau malah pindah ke tempat berbeda. Beragamnya aktivitas serta muatan yang banyak tentunya akan memengaruhi kualitas ban tersebut. Kemudian, penggunaan berlebihan yang tidak disertai perawatan berkala malah akan memperpendek usia ban forklift Anda.

Maka dari itu, Anda harus mengenali kondisi ban forklift dengan baik. Salah satu cara untuk merawat ban forklift adalah mengenali tanda kerusakan dari komponen tersebut.

Tanda Ban Forklift Bermasalah

Kerusakan pada ban mati atau solid truk garpu Anda bisa dikenali dari beberapa tanda. Di antaranya adalah potongan-potongan karet ban yang mudah jatuh atau lepas. Hal itu terjadi karena ban forklift sempat melintasi atau melindas sampah dan puing-puing lainnya di jalan. Anda harus berhati-hati, karena potongan karet tersebut dapat menyebabkan truk tidak stabil saat dikendarai.

Robeknya permukaan ban juga bisa menjadi salah satu tanda dari kerusakan tersebut. Biasanya terjadi karena kontak dengan benda-benda tajam seperti kaca atau paku. Kemudian, seringnya ban forklift melakukan gerakan berbeda, seperti menikung hingga melakukan putaran dari satu posisi ke posisi lain dengan cepat, akan menimbulkan kerusakan seperti bintik-bintik datar di permukaan ban.

Sedangkan pada ban hidup atau pneumatic tyre, Anda akan dihadapkan pada masalah yang berbeda. Jika ban mengalami kekurangan tekanan, Anda akan mengalami guncangan karena posisi ban bergeser dan membuatnya tidak menempel kuat dengan velg. Hal tersebut juga akan berbahaya, baik bagi Anda sebagai operator atau pada muatan yang sedang dibawa.

Tekanan yang kurang pun akan mengurangi daya guna bahan bakar hingga mempercepat proses aus pada ban foklift. Di sisi lain, tekanan ban yang terlalu tinggi akan memperpendek usia ban Anda dan memengaruhi jarak saat Anda mengerem truk tersebut. Dalam kondisi yang lebih parah, tekanan ban bisa hilang gara-gara tepi ban robek akibat pengaruh benturan dari benda-benda tajam.

Selain kondisi di atas, Anda juga tidak boleh menggunakan ban forklift terlalu lama tanpa menggantinya secara berkala. Anda bisa mengganti ban dengan yang baru kalau ukurannya sudah kian mengecil atau kestabilannya makin berkurang. Kerusakan parah bahkan bisa terjadi kalau komponen sudah dinyatakan tidak layak pakai.

Nah itulah tadi sekelumit informasi mengenai tanda tanda kerusakan ban truck forklift. Jadi, jangan remehkan tanda kerusakan sekecil apapun dalam merawat ban forklift Anda.

CV. Mitra Setia Jaya | Bengkel Forklift & Supplier Spareparts

Contact Us. Call Service 24 Hour Telp. (021) 9653 6357 Mobile: 0813 8839 6470 Taman Permata Indah Blok H3 No 12A Ds. Waringin Jaya – Kedung Waringin Bekasi email: cv.msjaya@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *