Teknik Perawatan Mesin Industri

Fungsi dan Berbagai Jenis Mesin Bubut
Fungsi dan Berbagai Jenis Mesin Bubut
March 26, 2015
Mengenal Mesin Pemecah Batu dan Cara Kerjanya
March 31, 2015

Teknik Perawatan Mesin Industri

Teknik perawatan mesin industri merupakan suatu sistem kegiatan yang bertujuan memelihara, menjaga, mengembangkan, serta mengoptimalkan daya guna dari semua sarana prasarana yang digunakan dalam bengkel atau industri. Dengan demikian modal yang digunakan dapat bernilai produktif dan berdaya guna tinggi. Adapun mengenai ruang lingkup teknik perawatan bergantung dengan banyak atau sedikitnya sarana yang digunakan dalam bengkel dan industri tersebut.

Teknik Perawatan Mesin Industri

Teknik Perawatan Mesin Industri

Namun, secara umumnya teknik perawatan mesin terdiri dari beberapa kegiatan dasar berikut:

1. Perawatan Peralatan dan Perlengkapan

Kegiatan yang pertama ini meliputi kegiatan pemeliharaan dan perbaikan. Kegiatan perawatan sendiri dapat meminimalisir risiko kerusakan parah pada mesin yang digunakan. Sehingga bila memang dibutuhkan upaya perbaikan biasanya hanya berupa perbaikan singkat dengan biaya hemat. Dalam hal ini sekiranya perlu membuat catatan tentang komponen yang rusak sebagai dokumentasi dan diagnosis atau rencana perawatan di kemudian hari.

2. Penggantian dan Distribusi Utilitas

Mesin industri pada umumnya digerakkan oleh elektromotor sebagai power supply. Pada kegiatan penggantian dan distribusi utilitas ini sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok kerja. Mulai dari bagian pemeliharaan dan perbaikan mekanik serta bagian pemeliharaan dan perbaikan kelistrikan. Sementara dalam pergantian utilitas mencakup komponen, pelumas, distribusi air pendingin. Agar hasilnya memuaskan dan mesin dapat digunakan sebagaimana mestinya tentu dibutuhkan tenaga ahli di bagian perawatan.

3. Inspeksi dan Pelumasan

Kegiatan yang ketiga ini merupakan kegiatan perawatan yang berhubungan langsung dengan proses produksi. Kegiatan inspeksi sendiri merupakan kegiatan mencari data teknik guna meningkatkan kinerja dalam upaya perawatan. Sementara kegiatan pelumasan merupakan tindakan preventif untuk meminimalisir risiko terjadinya keausan pada mesin terlebih pada bagian yang sering bergesekkan. Bila pelumasan tidak dilakukan tepat waktu bisa jadi mesin akan cepat rusak sebelum waktunya.

Agenda perawatan mesin industri bisa dilakukan secara rutin, periokdik, ataupun secara berencana. Perawatan rutin bisa dilakukan setiap hari yang mana dilakukan secara rutin dan sistematis. Perawatan periodik dilakukan dengan jeda waktu tertentu secara rutin dan juga sistematis. Sementara perawatan berencana dilakukan atas dasar adanya perencanaan perawatan sebelumnya yang didasarkan pada daya guna mesin industri sehingga setiap proses industri tetap dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Teknik perawatan mesin memang sudah menjadi satu informasi dasar yang mesti dipahami oleh bengkel atau industri. Sahl Engineering sebagai sebuah bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi paham benar akan pentingnya perawatan mesin industri guna dapat memberikan kualitas produksi terbaik.

Adapun sebagai bengkel industri terbaik, Sahl Engineering melayani jasa Design & Pembuatan Dies, Jig & Fixture, Fabrikasi, Hidroulik Service, Cylinder/Houshing Piston, Machining & Manufacturing, Shaft, dan komponen untuk mesin Industri, Industrial Automation & Programming Logic Control (PLC), Machinery, Plating service, dan Lining Process.