Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang
Pelajaran Kimia SMP Kelas 7 tentang Definisi Sejarah dan Cabang
August 20, 2016
Tumbuhan memiliki kecerdasan dalam mengambil keputusan
Tumbuhan Memiliki Kecerdasan dalam Mengambil Keputusan
August 29, 2016

Temperatur Juli 2016 adalah Cuaca Terpanas Sepanjang Sejarah

Temperatur Juli 2016 adalah Cuaca Terpanas Sepanjang Sejarah

Temperatur Juli 2016 adalah cuaca terpanas sepanjang sejarah. Bulan Juli 2016 kemarin dinyatakan sebagai bulan paling panas. Cuaca panas di planet ini pada bulan Juli kemarin diklaim oleh para ilmuwan sebagai cuaca dengan temperatur paling panas yang pernah tercatat. Catatan data dari Bada Antariksa Amerika Serikat / NASA menunjukkan temperatur yang ekstrim berlangsung pada bulan Juli kemarin tersebut setidaknya pernah terjadi 136 tahun yang lalu.

Juru bicara dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) Gavin Schmidt melalui akun Twitternya mengatakan bahwa Juli 2016 benar-benar bulan yang panas yang pernah dicatat semenjak perangkat teknologi pencatat temperatur dibuat.

Temperatur cuaca panas bulan Juli 2016 mengalahkan panasnya cuaca pada pada bulan Juli 2011 yang lalu dengan selisih 0,11 derajat celsius.

Meski berselisih hanya 0,11 derajat celsius, angka tersebut merupakan hitungan yang sangat penting dan menentukan.

Menurut NASA Juli adalah bulan paling panas ke sepuluh yang menembus rekor catatan bulan-bulan terpanas.

Dan sepertinya bisa jadi tahun 2016 ini akan menjadi tahun yang terpanas yang akan masuk catatan rekor temperatur cuaca.

Gizmodo, sebuah Website ilmu pengetahuan memberitakan bahwa kemungkinan besar semenjak jaman pra sejarah, bulan Juli adalah bulan dengan temperatur cuaca paling panas. Malah bisa jadi kemungkinannya adalah semenjak zaman es mencair 125 ribu tahun yang lalu, Juli ini adalah Juli yang terpanas.

Ahli meteorologi profesor Jason Furtado mengatakan bahwa panas yang ekstrim di bulan Juli ini menjadi semacam alarm peringatan baginya bahwa semua orang akan melewati catatan-catatan ini seperti tidak ada apapun di tahun ini.

Kantor berita khusus iklim dan cuaca, Central Climate melaporkan bahwa rekor temperatur dari beberapa tahun yang silam disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil dan terjadinya fenomena cuana El Nino.

Sedemikian banyak analisis ilmiah seputar naiknya temperatur di bulan Juli, akan tetapi bagi Malcolm Roberts yang merupakan seorang politisi dari Australia, kegaduhan soal perubahan iklim ini dianggapnya semacam teori konspirasi. Dia menuduh NASA melakukan korupsi terhadap data-data perubahan iklim.

Informasi ilmu pengetahuan tentang temperatur Juli 2016 adalah cuaca terpanas sepanjang sejarah ini bersumber dari: