Ternyata Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

Bahaya Suplemen Diet untuk Kesehatan Tubuh Anda
August 4, 2016
Bahaya sepatu berhak tinggi dan cedera lutut permanen
Bahaya Sepatu Berhak Tinggi dan Cedera Lutut Permanen
August 25, 2016

Ternyata membaca bikin umur sehat lebih panjang, benarkah? Sebuah riset terbaru menunjukkan bahwa orang yang memiliki hobi membaca buku itu lebih memiliki kehidupan dengan usia yang lebih lama.

Studi yang dilakukan oleh para periset dari universitas Yale di Amerika serikat itu melaporkan bahwa aktivitas membaca dapat menjaga otak manusia agar selalu aktif. Selain itu riset tersebut juga menyatakan bahwa kegiatan membaca bisa mengurangi stress sehingga membuat hidup menjadi lebih baik terutama dalam hal kesehatan.

Para periset mengatakan bahwa buku itu lebih baik dalam memberi efek positif terhadap otak dibanding koran dan majalah. Akan tetapi pada dasarnya membaca buku, koran atau majalah tetap membantu manusia menjaga kesehatannya sehingga bisa berumur lebih panjang. Bahkan menyediakan setengah jam saja untuk membaca buku pun bisa membantu aktivitas otak.

Ketika melakukan riset, para peneliti itu mengamati terhadap gaya hidup dari 3.500 orang pria dan wanita. Pengamatan itu dilakukan selama 12 tahun. Mereka meneliti kebiasaan membaca, kesehatan, gaya hidup dan pendidikan dari subjek 35 ribu orang yang diteliti tersebut. Pada saat riset studi itu dimulai, usia mereka yang diteliti paling muda adalah 50 tahun.

Studi yang kemudian diterbitkan dalam jurnal ‘Sains Sosial dan Obat-obatan’ itu menemukan fakta bahwa ternyata orang dengan kebiasaan membaca hingga 3,5 jam dalam seminggu berumur lebih lama 17 % dibanding dari mereka yang tidak mempunyai hobi membaca.

Sementara itu mereka yang suka membaca buku lebih dari 3,5 jam sehari memiliki kesempatan hidup lebih lama sebesar 23 %.

Salah seorang periset bernama Rebecca Levy menyebutkan bahwa mereka yang lebih tua dengan hobi membaca menunjukkan daya tahan hidup yang lebih baik, meskipun demikian hal tersebut dipengaruhi oleh gender, kesehatan, kemakmuran dan pendidikan.

Rebecca menyarankan agar orang-orang mulai mengganti kebiasaan mereka dari menonton TV menjadi membaca buku agar bisa hidup sehat lebih lama.

Rebecca juga menambahkan bahwa seseorang ketika melewati usia 65 tahun rata-rata akan menghabiskan 4,4 jam perhari menonton televisi.

Tentu lebih baik dan lebih bermanfaat ketika sisa waktu digunakan untuk membaca buku daripada menonton tv untuk bersenang-senang semata.

Ingin memanfaatkan usia Anda dengan cara lebih baik lebih sehat dalam jangka lebih panjang? Umur panjang dalam sehat tentu lebih baik, karena itu kini lebih sering-sering lah membaca buku. Selain fakta membaca bikin umur sehat lebih panjang maka inilah kami rangkumkan 10 fakta pelengkapnya:

10 Interesting Facts About Reading | Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

1. Reading is the best exercise for your brain. Membaca merupakan latihan bagi otak, seperti olahraga bagi tubuh.

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

2. Reading prevents Alzheimer’s. Membaca bisa mencegah terserang penyakit Alzheimer.

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

3. Reading reduces stress and anxiety levels. Membaca dapat mengurangi stress dan penyakit takut bersosialisasi.

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

4. Reading helps in building vocabulary. Membaca bisa membantu membangun kemampuan memperkaya perbendaharaan kata.

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

5. Neighbors will never complain that your book is too loud. Tetangga tidak akan memprotes Anda, karena buku tidak mengeluarkan suara berisik.

5. Neighbours will never complain that your book is too loud

6. Books have stopped bullets. Reading might save your life. Buku memiliki tanda berhenti (titik). Itu akan menyelamatkan Anda, dari hobi balapan yang tidak ada tanda berhenti. He..he

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

7. Reading can motivate and inspire. Membaca bisa memotivasi dan menginspirasi.

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

8. Dinosaurs didn’t read. Look what happened to them. Dinosaurus tidak bisa membaca, maka lihatlah apa yang menimpa mereka.

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

9. Reading isn’t expensive. You can beg, borrow (never steal) or read online. Membaca itu murah. Anda bisa meminta, meminjam (asal dibalikin lagi) dan bisa baca secara online.

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

10. Knowledge can’t be stored in a beaker. Be a reguler reader. Pengetahuan tidak awetkan, makanya sering-seringlah membaca agar tidak gampang lupa.

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang

Informasi kesehatan membaca bikin umur sehat lebih panjang  dari: