Bagaimana Kopi Pertama Kali Ditemukan
October 31, 2011
Kopi Putih atau White Coffee Ternyata Sama Sekali Tidak Enak
September 5, 2012

Ternyata Minum Kopi Menjauhkan dari Kanker Prostate

Baru-baru ini, sebuah jurnal tentang studi kanker prostat yang diterbitkan oleh Oxford University Press melalui Journal of the National Cancer Institute di jnci.oxfordjournals.org mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kopi bagi pria bisa mengurangi resiko kanker prostat.

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang dalam prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi erektil dan gejala lainnya.

Kopi mengandung senyawa biologis aktif, termasuk kafein dan asam fenolik, yang memiliki aktivitas antioksidan kuat dan dapat mempengaruhi metabolisme glukosa dan kadar hormon seks. Karena aktivitas biologis inilah, kopi ditenggarai bisa menurunkan risiko terserang kanker prostat.

Para peneliti di Oxfor University melakukan analisis prospektif dari 47 911 laki-laki dalam Health Professionals Follow-up Study yang melaporkan asupan kopi reguler dan tanpa kafein pada tahun 1986 dan setiap 4 tahun setelahnya. Dari tahun 1986 hingga 2006, 5035 pasien dengan kanker prostat telah diidentifikasi, termasuk 642 pasien dengan kanker prostat yang mematikan, yang didefinisikan sebagai fatal atau metastasis.

Tapi penulis utama studi itu, Kathryn Wilson dari Harvard School of Public Health mengatakan perbedaan yang nyata muncul saat para periset melihat kanker prostat yang paling serius.

Wilson mengatakan, “Pria yang minum enam cangkir kopi atau lebih per hari kemungkinannya terkena kanker prostat mematikan lebih rendah 60 persen dibanding pria yang tidak minum kopi. Kami melihat penurunan resiko ini baik dalam kopi biasa maupun kopi bebas kafein.”

Kopi adalah ramuan kimia yang kompleks, penuh antioksidan serta senyawa lain yang mungkin mempengaruhi perkembangan kankerĀ  prostat.

Kanker prostat adalah kanker yang paling umum pada kalangan pria di seluruh dunia, membunuh sekitar 250 ribu orang setiap tahun.

Menurut Wilson, tidak jelas komponen apa dalam kopi itu yang mungkin mengurangi resiko kanker prostat. Ini lah yang menjadi sasaran riset mendatang.

Sementara ini, katanya, masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa pria harus minum kopi lebih banyak untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat yang agresif. Tapi dia mengemukakan bahwa semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat kopi bagi kesehatan.

Wilson menambahkan, “Kopi tidak membahayakan dalam hal penyakit jantung atau stroke, dan tampaknya memberi perlindungan untuk kanker hati. Kopi juga dikaitkan dengan berkurangnya resiko diabetes tipe dua. Jadi saya pikir semakin banyak bukti bahwa kopi tidak berbahaya dan mungkin bermanfaat bagi beberapa kondisi kesehatan. Ini memberi kelegaan bagi orang yang banyak minum kopi.”

Ternyata Minum Kopi Menjauhkan dari Kanker Prostate, sumber:

  1. https://www.voanews.com/indonesian/news/Pria-Peminum-Kopi-Lebih-Kecil-Resiko-Terkena-Kanker-Prostat-122825014.html
  2. https://www.bloomberg.com/news/2011-05-17/prostate-cancer-risk-may-be-reduced-by-drinking-coffee-harvard-study-says.html
  3. https://jnci.oxfordjournals.org/content/early/2011/05/17/jnci.djr151.abstract
  4. wikipedia
  5. google.co.id