Tips dan Trik dalam Berbisnis di Instagram

Instagram adalah sosial media berbagi foto dan video yang kini paling populer digunakan. Setelah twitter dan Facebook kian turun pamornya, kehadiran Instagram-pun kini banyak dilirik sebagai sarana online untuk berbisnis. Bagaimana tips dan trik dalam berbisnis di Instagram?

Berbisnis di instagram memang menjadi hal yang sudah lumrah saat ini. Namun, banyak akun Instagram yang melakukan pemasaran dengan mengganggu pemilik akun lain. Tentu cara ini bukanlah hal yang baik, sebab tidak akan menaikan jumlah follower bahkan penjualan produk Anda. Untuk itu Anda memerlukan cara yang efektif dan efisien untuk melakukan promosi di Instagram.

Tips dan Trik dalam Berbisnis di Instagram

Tips dan Trik dalam Berbisnis di Instagram

Berikut ini tips dan trik agarn bisnis di Instagram menjadi maksimal.

Link tidak berfungsi maksimal di Instagram

Link tidak berfungsi maksimal pada caption (keterangan gambar) atau komentar foto di Instagram, jadi jika Anda mencoba untuk mengarahkan orang lain ke halaman website tertentu, maka Anda tidak akan berhasil dengan menuliskan link di bawah gambar atau video karena user tidak akan dapat mengklik tulisan di atasnya.

Namun, jika Anda tetap ingin meletakan link di Instagram, Anda dapat meletakannya pada profil Anda. Dengan mengubah default link dari halaman tertentu pada biografi Anda, cara ini dapat mempromosikan halaman tertentu atau melakukan semacam promosi. Oleh karena itu, Instagram bukan tempat terbaik untuk mempromosikan konten website, tetapi Instagram dapat membantu Anda agar merek lebih disorot, dan mengarahkan lebih banyak pengunjung.

Anda dapat berbagi foto-foto yang tidak sesuai ukuran dengan bantuan aplikasi

Anda ingin menambahkan foto di Instagram, tetapi cropping yang tidak sesuai akan memotong bagian penting dari gambar. Jika Anda mengalami kondisi ini, maka Anda perlu bantuan aplikasi. Ada banyak aplikasi gratis dan berbayar, seperti InstaSize, yang memungkinkan Anda untuk mengedit foto untuk agar ukuran gambar tepat, tanpa perlu melakukan cropping. Selain itu, Anda bisa menambahkan white space, pola, warna, dan tambahan lainnya pada sisi gambar Anda.

Konsisten terhadap posting yang sesuai dengan merek Anda

Anda mungkin tergoda untuk berbagi banyak foto, mulai dari makanan, fesyen dan hewan yang sangat populer. Tetapi jika postingan tidak berhubungan dengan bisnis Anda atau hanya melakukan posting gambar dari produk Anda, maka hal ini akan membuat Anda terlihat melakukan pemasaran yang terputus-putus dan bisa membingungkan follower Anda. Untuk itu lakukan hal-hal yang relevan dengan bisnis Anda, sehingga follower Anda akan bertambah dan mendukung merek Anda. Jika Anda dapat menemukan cara untuk memposting gambar yang masih relevan dengan bisnis Anda, maka Anda bisa membuat strategi pemasaran di media sosial yang lebih sukses. Namun, pastikan untuk menemukan keseimbangan dari postingan Anda.

Melakukan promosi dan membagikan hadiah

Anda dapat sepenuhnya melakukan promosi melalui Instagram dengan melakukan posting gambar iklan, seperti membagian hadiah, sale, atau kontes bahkan meminta pengguna untuk repost gambar dengan hashtag spesifik. Anda kemudian dapat mencari siapa yang telah melakukan reposted hashtag tersebut dan memilih pemenangnya. Promosi seperti ini memungkinkan konsumen dan follower Anda untuk memasarkan merek Anda dengan cara membicarakan promosi Anda melalui akun pribadi mereka. Selain itu, hal ini akan membuat lebih banyak orang mengunjungi profil Anda.

Melayani komentar user lain

Ketika orang-orang berkomentar pada foto Anda, pastikan Anda membalas komentar tersebut. Sebab berinteraksi dengan pelanggan dan follower Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memperhatian dan memedulikan apa yang dilihat dan dikatakan pada foto Anda. Pelanggan dan follower Anda cenderung terus mengikuti Anda dan berinteraksi dengan gambar Anda jika mereka merasa menjadi bagian penting dalam berbisnis di instagram.

Nah sekarang Anda telah mengetahui tips dan trik dalam berbisnis di Instagram meski sedikit melalui tulisan ini. Tunggu apa lagi, lupakan narsisme sia-sia Anda, jadikan social media yg satu ini menguntungkan untuk Anda.

One thought on “Tips dan Trik dalam Berbisnis di Instagram

  • December 17, 2015 at 3:21 am
    Permalink

    tips menarik ini, lagi belajar jualan via instagram soalnya. terima kasih tipsnya 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *