10 Pekerjaan Mapan Paling dicari di Luar Negeri
May 25, 2014
Safety Riding Tips dan Peta Mudik 2015
June 11, 2015

Tips Mudik Pake Motor Matic

Safety Riding & Tips Mudik Pake Motor Matic

Mudik pake motor matic? Sebaiknya hindari mudik pake kendaraan sepeda motor. Kecuali jarak tempuh aman dan anda siap dengan segala resiko? Kenapa tidak? Mudik menggunakan sepeda motor memang lebih irit. Bagaimana dengan menggunakan sepeda motor Matic? Adakah tips mudik pake motor matic agar lebih aman dan nyaman?

Safety Riding & Tips Mudik Pake Motor Matic

Anda wajib mencek ulang motor matic anda jika anda memang telah memutuskan untuk pulang mudik lebaran 2014 ini menggunakan motor matic agar jika ada kendala dalam perjalanan lebih diminimalisir. Sebaiknya cek motor matic anda di bengkel resmi nya. Apalagi jika anda belum berpengalaman terhadap mesin motor jenis matic. Bengkel resmi adalah tempat terbaik untuk pengecekan motor matic anda.

Nah, beberapa checklist beriktu ini mungkin akan bermanfaat bagi Anda dan motor matic anda. Pastikan beberapa item ini mendapatkan pengecekan di bengkel.

Cek CVT motor matic-mu

Bisa dibilang CVT merupakan terpenting yang harus diperhatikan, Cek Drive Belt apakah masih bagus atau tidak, kalau sudah mulai retak-retak, sebaiknya diganti. Tergantung pemakaian, rata-rata belt akan mengalami keretakan pada 15000-20000 KM. Kemudian cek Roller, bila telah aus atau tidak bulat lagi, sebaiknya diganti. Kopling dan pegas kopling, cek apakah bantalan kampas masih tebal atau tidak, kalau sudah menipis sebaiknya diganti, kampas yang tipis dapat menyebabkan slip, akibatnya CVT akan lebih panas, dan tenaga akan berkurang terlebih bila melalui tanjakan.

Cek Kondisi Rem Motor Matic-mu

Pastikan Rem depan dan rem belakang dalam kondisi prima.

Karburator dan Saringan Udara

Bersihkan saringan udara, untuk karburator, cukup disemprot menggunakan Carburator Cleaner.

Klep

Atur ulang kerenggangan klep mengacu pada manual masing-masing motor matic. Jangan terlalu renggang dan jangan terlalu rapat.

Oli

Sebagus apapun performa mesin, penggantian oli paling penting. Maka jika oli telah mendekati waktunya penggantian, sebaiknya ganti segera oli. Pergunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi.

Pelumasan

Lakukan pelumasan pada bagian-bagian yang memerlukan pelumasan seperti pangkal tuas rem, standard, footstep, dll. Gunakanlah pelumasan ber-silicon agar mudah pembersihannya. Pelumas bersilicon seperti: WD 40, atau AP 75.

Aksesoris

Jangan pernah remehkan adanya aksesoris keselamatan pada motor matic. Pastikan Spion, Lampu Instrumen (lampu besar, sein, rem) berfungsi dengan baik.

Keselamatan adalah yang utama, hormati sesama pengguna jalan, selamat mudik menggunakan motor matic. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan lupa berdo’a.

Demikianlah sedikit tips mudik pake motor matic.

Save