Tips Safety Awal Pengoperasian Forklift

Tips Safety Awal Pengoperasian Forklift

Tips Safety Awal Pengoperasian Forklift. Forklift adalah suatu alat mirip kendaraan beban berat namun dalam bentuk yang kecil. Walaupun bentuknya kecil namun jangan salah, kekuatan si kecil ini sangat luar biasa. Forklift mampu membawa beban yang berat dan besar. Forklift memiliki bodi yang unik di mana pengangkatan barang menggunakan dua papan samping yang mirip dengan garpu. Dua papan inilah yang menjadi alat utama dalam pengangkatan barang. Tidak itu saja kendaraan kecil ini memiliki beban penyeimbang yang ada di belakang kendaraan.

  • Baca juga:  Jasa Sertifikasi K3 Umum

Forklift memiliki elemen-elemen pendukung yang pastinya sudah teruji keamanannya. Keamanan yang dimaksud adalah keamanan kendaraan, operator serta barang yang dibawa. Keamanan kendaraan yang dimaksud adalah keamanan yang bisa menjaga kendaraan dari kecelakaan, sedangkan keamanan barang adalah keamanan yang didesain untuk menjaga barang dari jatuh, dan juga pengamanan operator berfungsi untuk mengamankan operator dari akibat kecelakaan.

Pengamanan semua elemen ini berjalan seirama, karena semuanya sama-sama penting. Namun, pengaman yang didesain tersebut juga masih berkaitan dengan manusia atau operatornya. Elemen pengamanan beserta manusia yang mengemudi ini harus berjalan beriringan agar menciptakan suatu keamanan dalam pengoperasiannya.

  1. Overhead Guard

Forklift memiliki bagian-bagian yang memang berfungsi sebagai pengaman dalam pengoperasiannya. Contohnya saja, forklift memiliki yang dinamakan Overhead Guard yaitu bagian seperti atap yang berfungsi sebagai pelindung bagi operator. Hal ini diberikan karena pada area kerja memungkinkan barang terjatuh atau melindungi operator dan sistem operatornya saat terjadi benturan atau terjungkal. Selain itu juga bisa melindungi operator dari panas maupun hujan.

  1. Carriage

Selanjutnya ada bagian yang dinamakan dengan Carriage yang berfungsi untuk menjadi sandaran barang agar tidak mudah tergelincir ke depan. Dengan sandaran ini beban barang dijadikan dalam satu titik tengah yang bisa meminimalkan adanya beban yang lebih berat pada satu sisi saja yaitu depan atau sisi belakang. Sehingga barang tidak rusak dan kendaraan pun juga lebih aman dari risiko terjungkal.

  1. Counterweight

Setelah itu ada bagian yang dinamakan Counterweight yang berfungsi sebagai penyeimbang. Letaknya berada pada belakang kendaraan. Bagian ini berfungsi untuk menjadi beban yang bisa menahan beban berat barang yang akan diangkat. Karena desain garpu ini ada di depan maka perlu yang dinamakan penyeimbang berat di belakang. Dengan bagian ini juga menjaga agar kendaraan tidak mudah terjungkal ke depan hanya karena beban yang berat tersebut.

Berbagai elemen yang telah diciptakan ternyata belum mampu memberikan keselamatan bagi pengendara, barang, dan juga kendaraan itu sendiri. Elemen pengaman tersebut hanya menjadi pendukung saja dan yang lainnya diserahkan lagi kepada kemudi. Jika operator baik dalam melakukan pengoperasian maka akan baik pula hasil yang akan didapatkan dalam pengoperasian forklift ini. Lalu apa saja Safety yang harus diperhatikan pada awal penggunaan forklift ?

Operator Harus Mengikuti Pelatihan

Tidak sembarang orang yang bisa mengoperasikan kendaraan kecil ini. Pelatihan ini penting karena operator bisa mengetahui bagaimana cara pengoperasian kendaraan baik yang manual atau yang otomatis. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan pelatihan berupa perawatan kendaraan. Jika operator sudah mengikuti pelatihan pastinya juga sudah mengetahui apa alat keselamatan yang seharusnya dipakai yaitu helm, sepatu, dan jaket hi-visibilitas.

Cek Forklift Sebelum Dioperasikan

Pengecekan kendaraan sangat penting dilakukan karena akan berakibat pada pengoperasian inti. Anda harus mengecek apakah kendaraan ada sedang dalam keadaan prima atau tidak. Cek semua elemen yang ada pada kendaraan baik eksterior, interior, maupun elemen mesin dan komponen komponennya. Pastikan semua dalam keadaan yang bagus. Setelah Anda yakin forklift sudah dalam keadaan baik maka langkah selanjutnya adalah menyalakan mesin.

Perhatikan Suara Mesin saat mesin dinyalakan

Setelah Anda yakin dengan semua komponen berjalan dengan baik, selanjutnya adalah menyalakan mesin. Saat dinyalakan perhatikan suara yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Apakah halus seperti biasanya atau ada suara-suara yang aneh dan tidak enak di dengar. Jika Anda menemui suara mesin yang tidak baik maka sebaiknya Anda mengecek mesin lagi. Namun, jika Anda tidak terlatih maka sebaiknya Anda membicarakan dengan atasan Anda  bahwa mesin ada gangguan agar dilakukan tindak lanjut yang tepat.

Kerusakan bisa terjadi karena Kurangnya perawatan dan juga karena jam terbang forklift terlalu panjang sehingga menyebabkan mesin dan komponen lainnya menjadi aus. Untuk memperbaiki semuanya bisa jadi Anda membutuhkan spare part baru yang tepat dan awet agar forklift dapat beroperasi dengan baik. Jika Anda membutuhkan spare part forklift yang terjamin kualitasnya, memiliki harga yang terjangkau, dan terpercaya maka jangan salah pilih penyedia spare part forklift yang tepat yaitu PT MSJ Group Indonesia yang menyediakan spare part forklift yang lengkap dan dengan kualitas yang tidak diragukan lagi.

PT MSJ Group Indonesia: Service & Parts Forklift Segala Merk

  • Telp. | Mobile/ WhatsApp: 0813-1099-2889
  • Taman Permata Indah Blok H3 No 12A Ds. Waringin Jaya – Kedung Waringin Bekasi
  • Website: https://www.msjgroup.co.id

Kunjungi workshop kami:

Leave a Reply

Butuh bantuan Download dan Info Lengkap?