7 Tips Sehat Bersih-bersih Rumah di Masa Pandemi

House decorated with potted flowers and plants. 7 Tips Sehat Bersih-bersih Rumah di Masa Pandemi Photo by Maria Orlova on Pexels.com

Pembaca yang budiman, semoga Anda saat ini tetap sehat sekeluarga. Bagi yang sakit, semoga segera diberi kesehatan lagi oleh Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa. Kali ini, masbadar.com akan berbagi 7 tips sehat dengan bersih-bersih rumah di masa pandemi Covid-19 ini.

Banyak perubahan yang terjadi pada masa pandemi, di antaranya membuat orang-orang bekerja dan belajar dari rumah, ketergantungan yang sangat tinggi dengan teknologi, serta memunculkan gaya hidup baru yang tidak mengharuskan orang-orang untuk keluar rumah.

Perubahan ini juga berpengaruh pada kebersihan rumah. Ternyata ada perbedaan yang mencolok antara cara membersihkan rumah sebelum dan sesudah munculnya pandemi.

Kebersihan rumah dan udara dengan menggunakan air purifier sangat penting di masa pandemi. Bila kebersihan rumah tidak diprioritaskan, maka menyebabkan munculnya berbagai penyakit dan yang paling berbahaya adalah tertularnya penyakit Covid 19.

Supaya kebersihan dan kesehatan Anda tetap terjaga, artikel berikut akan membahas tentang  7 tips sehat bersih-bersih rumah di masa pandemi. Penasaran? Mari kita simak pembahasannya!

1. Cuci Tangan Keseluruhan Sebelum Membersihkan Rumah

Tahap awal dalam membersihkan rumah adalah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mulai bekerja.

Tata cara dalam membersihkan tangan adalah dengan gosokan tangan selama 20 detik, yang dibarengi dengan air sabun hangat. Anda juga bisa mencuci tangan sebelum masuk ke dalam rumah agar dapat mencegah Virus Corona dan penyakit masuk ke dalam kediaman Anda.

2. Gunakan Sarung Tangan

Setelah mencuci tangan, mulailah untuk membersihkan rumah dengan menggunakan sarung tangan, Anda bisa menggunakan sarung tangan sekali pakai atau sarung tangan karet yang dapat dicuci.

Dalam membersihkan ruangan, Anda juga wajib untuk menggunakan masker. Hal ini bertujuan untuk mengegah Anda menghirup zat kimia yang digunakan.

3. Cuci Pakaian dengan Benar

Kini saatnya Anda memulai untuk membersihkan rumah, yang dimulai dari mencuci pakaian. Peraturan yang harus Anda terapkan adalah jangan sampai wajah Anda terkena pakaian kotor. Hal ini bisa menyebabkan Anda akan tertular penyakit yang tidak terduga.

Untuk mencuci pakaian di masa pandemi dapat dilakukan dengan cuci pakaian seperti biasa, namun jangan lupa untuk menambahkan sanitizer atau antiseptik supaya bisa membuat pakaian bebas bakteri dan kotoran yang menjadi sarang timbulnya penyakit.

4. Bersihkan Alat Makan dengan Baik

Cara membersihkan rumah selanjutnya adalah dengan membersihkan alat makan. Anda dapat menambahkan klorin sebanyak satu sendok teh untuk membunuh kuman dan bakteri.

Cuci alat makan terlebih dahulu kemudian rendam dengan menggunakan klorin tanpa pewangi selama 1 hingga 2 menit.

5. Desinfeksi Paket Kiriman dengan Benar

Di masa pandemi Anda mungkin sering menerima paket yang Anda lakukan saat berbelanja online. Paket yang Anda terima ternyata mengandung berbagai virus dan bakteri yang berbahaya dan dapat mengancam sanitasi rumah atau tempat kediaman Anda.

Virus Corona dapat hidup di karton selama 24 jam. Maka dari itu penting untuk desinfeksi karton atau kemasan paket sebelum memasukkannya ke dalam rumah.

6. Bersihkan Tempat yang Sering Dikunjungi Secara Berkala

Tempat yang sering dikunjungi seperti ruang tamu, ruang makan atau ruang menonton menjadi sarang penularan penyakit. Maka dari itu penting untuk membersihkan ruangan dan berbagai aksesorisnya tetap bersih dengan intens.

7. Jangan Lupa Bersihkan Permukaan Barang dan Elektronik

Cara terakhir adalah membersihkan permukaan barang dan elektronik. Perlengkapan seperti smartphone, televisi, remote control, komputer, pintu dan aksesoris lainnya juga harus dibersihkan.

Bila dirasa nodanya sangat berat, maka Anda bisa menambahkan desinfektan untuk dibersihkan. Bila masih ringan, Anda juga dapat menggunakan air hangat, pembersih serbaguna dan juga kain microfiber, supaya dapat menghilangkan infeksi yang berasal dari bakteri dan virus yang ada pada barang dan alat elektronik Anda.

Penutup

Setelah mengetahui beberapa saran untuk bersih-bersih rumah saat masa pandemi, Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk tetap dapat menjaga kesehatan di masa pandemi.

Beberapa hal yang harus dilakukan adalah selalu cuci tangan setelah melakukan aktivitas seperti berbelanja atau menggunakan transportasi publik, menggunakan toilet umum atau kamar mandi rumah, mempersiapkan makanan kepada keluarga, atau saat Anda sedang terserang penyakit seperti batuk-batuk atau pilek.

Mencuci tangan secara rutin dan menjaga jarak adalah cara dasar yang membuat Anda terbebas dari serangan penyakit khususnya di masa pandemi Covid 19.

Demikian artikel tentang 7 tips bersih-bersih rumah saat dalam masa pandemi, semoga Anda bisa membersihkan rumah dan menjaga kesehatan dengan benar agar terbebas dari penularan Covid 19 yang sangat mengancam keselamatan. Selamat mencoba!

Website ini dikelola oleh pak Badar. Jika ada yang perlu dibicarakan tentang konten di atas, Anda bisa menghubungi via mobile/whatsapp di +62-813-9881-8119. Website ini juga menerima content placement, guest-posting, paid review dan semacamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.