Trik Belajar Fotografi bagi Pemula

Brush Photoshop Terbaik
28 Brush Photoshop Terbaik
December 26, 2014
Memilih Kamera DSLR Second
Ini dia Trik Memilih Kamera DSLR Second
July 13, 2015

Suka foto-foto tidak saja sekedar selfi? Tertarik dengan dunia fotografi? Bingung harus memulai dari mana? Bagaimana trik belajar fotografi bagi pemula? Ayo ini lah beberapa langkah yang harus anda ketahui sebagai pemula dalam dunia fotografi. Belajar fotografi bagi pemula memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Fotografi atau dunia pemotretan memang merupakan sebuah seni yang sangat menarik. Apalagi foto biasanya menyangkut objek yang indah, hal inilah yang membuat tak sedikit orang tertarik dengan yang namanya fotografi.

Trik Belajar Fotografi bagi Pemula

Selain itu, dalam dunia fotografi memerlukan pemikiran yang begitu kreatif. Selain itu, fotografi bukan hanya sekedar tentang peralatan fotografi berkualitas saja. Tetapi juga penting sekali mengetahui teknik-teknik pemotretan yang tepat sehingga bisa menghasilkan sebuah gambar yang berkualitas dan memiliki nilai estetika tinggi.

5 Tips Fotografi bagi Pemula

Ada beberapa trik dan tips fotografi yang tepat untuk Anda yang masih belajar dunia fotografi ini, di antaranya:

1. Ambil Objek Secara Detail dan Penuh

Ketika Anda hendak memotret sebuah objek, sebaiknya lihat objek tersebut lebih mendetail dengan memanfaatkan fitur zoom. Hal tersebut bertujuan supaya foto maupun frame terlihat penuh dengan objek sesuai fokus Anda.

Jangan sampai Anda meninggalkan ruang kosong terlalu banyak dalam sebuah foto maupun frame sebab gambar akan terlihat kurang menarik dikarenakan objeknya sendiri tidak begitu mendetail.

Pastikan Anda benar-benar fokus mengambil sebuah objek yang terlihat nyata, sehingga orang yang melihat gambarnya pun memiliki kesan tersendiri.

2. Cekatan Menangkap Setiap Momen

Tips belajar fotografi bagi pemula berikutnya adalah harus cekatan saat menangkap objek yang menggambarkan sebuah momen-momen tertentu. Jika Anda terlalu lama mengatur kamera Anda, maka imbasnya Anda akan kehilangan momen tepat yang natural untuk objek yang Anda incar. Anda bisa memotret sebuah momen secepat mungkin dengan beberapa bidikan dan angel pengambilan gambar. Sebab, Anda nantinya bisa memilih mana gambar yang paling tepat sebagai objek paling menarik.

Dalam hal ini, Anda bisa memotret sebanyak yang Anda inginkan terhadap objek yang Anda potret. Setelah itu, Anda pun bisa mempelajarinya dan mengambil mana yang terbaik.

3. Seimbangkan Komposisi Objek

Bagi kebutuhan komersial, sebuah foto biasanya mengandung komposisi objek yang seimbang dengan keindahan dan menarik. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih mengamati foto-foto dengan komposisi objek seimbang. Pastikan Anda mengambil sebuah objek secara fokus memakai pola atau garis agar seimbang.

4. Memotret Objek Lebih Fokus

Dalam hal ini Anda bisa melakukan latihan fotografi memakai aperture berbeda kemudian periksa hasil bidikan objek tersebut. Dengan begitu Anda pun bisa mempelajari kedalaman fokus foto atau Depth of Field yang mempengaruhi hasil bidikan Anda. Dengan begitu, untuk tingkat DoF lebih besar bisa menghasilkan foto yang fokusnya hingga ke segala area terlihat pada jendela bidikan, adapun teknik pemotretan yang satu ini ideal ketika Anda membidik sebuah pemandangan.

Sementara untuk tingkat DoF yang kecil bisa menghasilkan foto dengan segala fokusnya langsung tertuju ke objek yang Anda inginan dengan background terlihat blur. Contoh teknik foto yang satu ini yaitu ketika memotret foto model, atau seseorang.

5. Manfaatkan Teknik Shutter Speed dan Tripod

Hal paling menarik di ketika menggeluti dunia fotografi yaitu ketika kita mempunyai kemampuan memperlambat waktu maupun menangkap sebuah objek dalam 1/sekian detik. Anda bisa menggunakan metode tripod agar menjadikan hasil foto lebih cantik dan juga metode shutter speed untuk memperlambat.

Selain itu bisa juga memakai shutter speed cepat ketika membidik sebuah objek bergerak, misalnya 1/500 detik ke atas.
Itulah beberapa poin-poin penting saat belajar fotografi bagi pemula dengan mempelajari teknik-teknik khusus fotografi.