Temperatur Juli 2016 adalah Cuaca Terpanas Sepanjang Sejarah
Temperatur Juli 2016 adalah Cuaca Terpanas Sepanjang Sejarah
August 23, 2016
Karbon dioksida ternyata bisa diubah menjadi batu
Emisi Karbon Dioksida Ternyata Bisa Diubah Menjadi Batu
August 31, 2016

Tumbuhan Memiliki Kecerdasan dalam Mengambil Keputusan

Tumbuhan memiliki kecerdasan dalam mengambil keputusan

Apakah Anda baru mengetahui jika tumbuhan memiliki kecerdasan dalam mengambil keputusan? Tumbuhan itu ternyata lebih cerdas dari yang pernah kita kira. Fakta ini diungkap oleh beberapa peneliti. Tumbuhan, menurut para peneliti tersebut, mampu membuat keputusan cerdas jika dihadapkan pada sebuah resiko.

Beberapa ilmuwan yang meneliti perilaku tumbuhan tersebut menemukan sebuah tanaman kacang polong yang membuat keputusan terhadap daya juang untuk bertahan hidup, meski mereka tidak memiliki nalar seperti manusia.

Para peneliti dari universitas Oxford di Inggris menumbuhkan beberapa tanaman kacang polong dengan menempatkan akar mereka secara terpisah ke dalam 2 pot. Masing-masing pot berisi nutrisi yang beda-beda.

Salah satu pot selalu diisi jumlah nutrisi yang sama, sementara pot lain diisi nutrisi dalam jumlah yang bervariasi antara sedikit dan banyak.

Tanaman-tanaman tersebut ternyata secara konsisten mengarahkan akar-akar mereka ke dalam pot yang berisi nutrisi terbanyak.

Tumbuhan memiliki kecerdasan dalam mengambil keputusan

Laporan riset tersebut akan segera diterbitkan di jurnal Current Biology. Salah seorang periset bernama Profesor Alex Kachelnik mengatakan bahwa percobaan tersebut menimbulkan sebuah pertanyaan, bukan tentang tanaman, melainkan mengenai hewan dan manusia. Alex ingin tahu, dibanding manusia, apakah tanaman kacang polong memang lebih efisien dalam menggunakan sumber-sumber pembuatan keputusannya yang terbatas.

Alex mengatakan kita manusia memiliki otak yang baik, mungkin kita yang jarang menggunakannya. Ia menambahkan bahwa ia tidak menduga jika tanaman kacang polong secerdas pikiran manusia, akan tetapi tumbuhan ini menunjukkan perilaku yang rumit dalam melakukan efisiensi pemanfaatan peluang-peluang di alam secara alami.

Akan menarik tentunya jika kita melihat bagaimana kehidupan manusia akan berbeda jika manusia mengadopsi cara-cara yang sama yang digunakan oleh tumbuhan kacang polong tersebut.

Informasi pengetahuan tentang tumbuhan memiliki kecerdasan dalam mengambil keputusan ini berasal dari sumber: