Twitter Marketing dan 4 Tips Posting Hashtag

Menggunakan Twitter sebagai alat marketing? Jika anda seorang pemasar di dunia media sosial, sebaiknya pertimbangkan 4 hal ini sebelum posting hashtag pemasaran. Inilah tulisan seputar Twitter marketing dan 4 tips posting hashtag.

Twitter Marketing dan 4 Tips Posting Hashtag

Hashtag di twitter untuk kegiatan pemasaran memang sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan banyak  platform sosial media yang melalukan kampanye pemasaran dengan membuat hashtag dengan merek tertentu. Hashtag yang semula hanya untuk mengatur topik di twitter, kini berubah menjadi metode percakapan dan penyebutan merek di sejumlah platform sosial media.

Twitter Marketing dan 4 Tips Posting Hashtag

Hashtags sering digunakan untuk menyatukan upaya pemasaran karena sangat efektif untuk mengikat iklan dan kampanye pemasaran di sosial media secara bersama-sama, bahkan dapat mengumpulkan konten berharga yang dibuat pengguna media sosial.

Namun, hashtags tidak hanya untuk kegiatan pemasaran, sebab bisa saja hashtag digunakan untuk kegiatan e-commerce di masa depan. Menurut sebuah artikel yang dimuat di Bloomberg pada April 2014, terjadinya kesepakatan antara Twitter dan Amazon  memungkinkan penggunanya untuk menambahkan produk ke keranjang belanja konsumen hanya dengan menggunakan hashtag #AmazonCart.

Hal paling penting tentang hashtags adalah fungsinya untuk menjembatani konsumen agar lebih berarti dalam berpartisipasi terhadap pemasaran merek produk. Sebab konsumen akan melihat dirinya tampil di situs atau akun sosial media merek Anda, atau memenangkan hadiah melalui kontes akan membantu konsumen merasa lebih terhubung, bahkan hal ini sering kali mendorong loyalitas konsumen menjadi yang kuat. Untuk itu bagi Anda pengusaha skala kecil, sebaiknya mengetahui empat hal ini sebelum posting hashtag di twitter untuk kegiatan pemasaran.

1. Sederhana

Hashtag yang paling efektif adalah hashtag dari sebuah merek yang sederhana, sebab sangat mudah diingat dan berorientasi pada tindakan bagi follower. Contohnya adalah merek produk kecantikan ternama yang memilih hashtags #BeExtraordinary. Hal ini sangat sempurna karena singkat, mudah diingat dan menginspirasi konsumen.

2. Gunakan konten berharga yang dibuat pengguna

Setiap tweet atau post yang mengandung hashtag merek Anda, memiliki potensi untuk menjadi konten berharga yang dibuat pengguna. Untuk itu, Anda sebaiknya memiliki strategi untuk menggunakan konten yang dikumpulkan melalui kampanye hashtag, seperti reposting, sharing, atau featuring konten di akun twitter atau situs website merek Anda. Salah satu hasil yang paling berharga dari kampanye hashtag adalah ratusan ribu tags, foto otentik dan pesan yang dihasilkan konsumen.

3. Insentif bagi penggunaan hashtag

Konsumen akan menggunakan hashtag Anda dengan atau tanpa diberi hadiah, namun Anda sebaiknya memberikan insentif yang membuat konsumen cenderung berpartisipasi dalam kampanye produk Anda. Lakukan hal ini dengan membagikan konten dengan berhadiah, atau memberikan potongan harga bagi pelanggan yang menggunakan hashtag merek Anda.

4. Jangan lupa tentang aspek legal

Konten yang dibuat pengguna memang bisa dijadikan materi untuk pemasaran. Namun sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan izin dari pengguna media sosial sebelum menggunakan fotonya untuk ditampilkan dalam kampanye produk di waktu yang akan datang. Misalnya, penjual produk fashion yang mengumpulkan foto konsumennya melalui hashtag di twitter  #SummerinLily. Anda dapat menggunakan foto dari hashtag tersebut hanya jika konsumen memberikan izin. Setidaknya, Anda harus menginformasikan kepada konsumen bahwa foto yang dikirimkan dapat digunakan untuk kegiatan pemasaran. Contohnya Anda bisa menuliskan bahwa dengan berpartisipasi pada kontes atau kampanye ini artinya konsumen memberikan persetujuan  agar fotonya ditampilkan dalam kampanye merek produk.

Demikianlah setidaknya Twitter marketing dan 4 tips posting hashtag. Hal yang perlu Anda ingat dalam melakukan kampanye pemasaran dengan platform perangkat lunak, yaitu yang menyediakan dukungan penuh dan memudahkan Anda untuk mengumpulkan data konsumen serta aspek legal dalam penggunaan foto atau video yang dikirimkan follower melalui hashtag di twitter untuk kegiatan pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *