Twitter Marketing dan 4 Tips Posting Hashtag
Twitter Marketing dan 4 Tips Posting Hashtag
December 29, 2015
Kapan Waktu Terbaik Posting di Instagram
Kapan Waktu Terbaik Posting di Instagram
January 6, 2016

Saya ingin kembali berbagi sedikit info dan tips pemasaran di media sosial tentang 4 tips menentukan kata kunci untuk keberhasilan kampanye marketing. Inilah Twitter marketing tips memilih keyword yang tepat.

Keyword atau kata kunci di Twitter bisa digunakan sebagai strategi pemasaran di sosial media. Namun tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur ini. Padahal fitur  ini dibuat sebagai platform iklan bagi perusahaan, terutama kampanye pemasaran merek produk.

Twitter Marketing Tips Memilih Keyword yang Tepat

Twitter Marketing Tips Memilih Keyword yang Tepat

Untuk itu berikut ini empat tips memilih kata kunci di twitter.

1. Ubah cara pencarian Anda

Cara kerja kata kunci di twitter sangat berbeda dengan cara kerja mesin pencari, seperti google. Ketika seseorang memasukan kata ke mesin pencari, Anda tahu sedang berbicara dengan sebuah mesin, tetapi ketika seseorang posting di twitter, Anda tahu sedang  berbicara dengan orang yang nyata. Untuk itu, Anda harus berpikir dengan hati-hati karena hal ini sangat berpengaruh pada kata kunci yang Anda gunakan untuk kampanye produk di twitter.

Sebagai contoh perusahaan Anda menjual pakaian bayi, maka twitter akan menulis “pencocokan kata kunci ‘ pakaian bayi laki-laki”. Kata kunci yang Anda gunakan jarang dipakai oleh pengguna lain.

Untuk itu, Anda sebaiknya pilih kata kunci seperti “bayi laki-laki”, karena tweets yang berisi frasa “pakaian bayi laki-laki” hampir tidak ada. Bahkan hampir 8000 tweets per minggu berisi frasa “it’s a boy”. Perbedaan semacam ini dapat membantu atau menghancurkan kampanye pemasaran Anda.

2. Waktu yang tepat

Setiap tweets yang diposting pengguna mengirimkan sinyal tentang apa yang orang pikirkan, rasakan dan alami pada saat tertentu. Itu artinya, ketika pengguna berbicara tentang kata kunci yang relevan dengan merek Anda, maka menjadi momen yang tepat untuk posting, terutama jika kata kunci tersebut adalah  topik yang sedang tren.

Sebaiknya rencanakan kampanye merek Anda pada momen, di mana kehidupan orang-orang bisa digiring untuk menyadari bahwa mereka memiliki kebutuhan pada merek Anda, atau membangun hubungan emosional dengan merek Anda. Ketika momen tersebut datang, coba pikirkan  tentang kata kunci yang mungkin di tweets orang dan jenis tweets yang cenderung membuat pengguna terlibat di dalamnya.

3. Ambil keuntungan dari analitik

Twitter memberikan Anda kemampuan untuk melihat seberapa baik kata kunci tertentu dalam bekerja. Alat analisis berupa keyword-level dapat membantu Anda menentukan kata kunci yang bekerja dengan baik bagi kampanye merek Anda.

Untuk itu, coba ciptakan kampanye merek produk Anda dengan satu set kata kunci yang bertema dan mulai dengan posting dalam kurun waktu seminggu. Setelah minggu pertama, Anda memiliki cukup data untuk melihat tingkat pemakaian setiap kata kunci yang Anda buat. Dari sana, Anda dapat menghapus kata kunci yang pemakaiannya rendah, dan coba tambahkan kata kunci yang baru.

4. Temukan keseimbangan

Jangan terlalu sempit dalam memilih kata kunci. Ketika melakukan kampanye merek melalui akun twitter, sebaiknya gunakan kata kunci yang lebih luas agar pencarian lebih baik. Untuk itu, sangat penting untuk menemukan keseimbangan antara ketepatan dan pencapaian secara keseluruhan.

Untuk itu, coba gunakan pencocokan frase dengan setiap kata kunci untuk memaksimalkan ketepatan. Namun pertimbangkan untuk mencocokan frase yang mungkin terlalu sempit untuk memastikan bahwa kampanye pemasaran cukup menjangkau banyak konsumen. Untuk setiap kata kunci yang Anda gunakan, sebaiknya ada varian atau kata-kata serupa untuk menyatakan pesan yang sama.

Misalnya, kata kunci “snowboarder” hanya akan dijangkau oleh pengguna yang tweets dengan istilah yang tepat, namun kata kunci “snowboard” akan menjangkau pengguna yang twitter dengan istilah lain seperti “snowboarder” atau “snowboarding”. Untuk itu pastikan pemilihan kata untuk kampanye merek produk Anda berdasarkan empat tips memilih kata kunci di twitter.

Demikianlah Twitter marketing tips memilih keyword yang tepat.