Remaja pengendara mobil lebih beresiko kecelakaan maut lalu lintas
Remaja Pengendara Mobil Lebih Beresiko Kecelakaan Maut Lalu Lintas
October 20, 2016
Metode Memahami Linguistik di Kursus Bahasa Jepang Tensai International
Metode Memahami Linguistik di Kursus Bahasa Jepang Tensai International
January 18, 2017

UAE Menerapkan Peraturan Wajib Membaca Buku bagi Seluruh Warganya

UAE Menerapkan Peraturan Wajib Membaca Buku

UAE menerapkan peraturan wajib membaca buku bagi seluruh warganya. Uni Emirat Arab (UAE) belum lama ini memperkenalkan sebuah undang-undang baru guna membuat rakyat negara itu semakin gemar membaca. Undang-undang baru tersebut memasukan sejumlah besar langkah-langkah guna mendukung keinginan pemerintah dalam meningkatkan minat baca di negeri itu.

Para pegawai pemerintah akan tetap digaji ketika membaca buku di saat jam kerja. Peraturan tersebut mencorong beberapa perusahaan untuk membuat perpustakaan di kantor-kantor, pabrik-pabrik, dan lokasi kerja mereka.

Peraturan pemerintah yang baru tersebut juga mendorong banyak pusat-pusat perbelanjaan menawarkan area-area bagi pengunjung agar bisa membaca buku ketika berbelanja.

Pemerintah juga membangun banyak perpustakan yang mendukung bagi mereka yang berkebutuhan khusus dalam membaca, terutama mereka yang tuna netra.

Bahkan di beberapa kedai kopi di mall-mall perbelanjaan akan diharuskan menyediakan buku dan aneka bahan bacaan kepada konsumen mereka.

Undang-undang nasional UAE tentang membaca ini diterbitkan oleh pemimpin negara itu, Sheikh Khalifa. Di bulan mei tahun ini beliau meluncurkan Strategi Nasional untuk Membaca. Program itu sendiri memiliki tujuan dalam 10 tahun untuk menciptakan negara UAE dengan penduduk paling gemar membaca. Program tersebut juga bertujuan membuat kebiasaan memabca menjadi perilaku seumur hidup bagi setengah dari orang dewasa dan 80 pesen dari siswa sekolah di negeri itu. Terutama bagi para siswa sekolah, undang-undang membaca itu ditujukan agar siswa membaca buku rata-rata 20 buku dalam setahun.

Menteri pendidikan UAE, Hussain Al Hammadi mengatakan bahwa undang-undang baru itu merupakan sebacam peta jalan untuk membangun masyarakat membaca yang mampu menerima perubahan dan menjadi terdepan secara global dalam pembangunan negara.

Adalah Dr Tod Laursen, presiden dari Khalifa University menyebutkan bahwa dalam era internet ini, tetaplah menjadi penting adanya buku dan perpustakaan untuk mempunyai tempat di masyarakat.

Itu adalah Uni Emirat Arab, bagaimana dengan di Indonesia? Kapan membaca buku akan dijadikan peraturan wajib berdasarkan undang-undang? Kita tunggu. Bagaimanapun, tingkat baca penduduk di Indonesia ini sepertinya masih sangat rendah.

Informasi tentang UAE menerapkan peraturan wajib membaca buku bagi seluruh warganya ini bersumber dari: