App Berita Indonesia - Aplikasi Terbaru Paling Unik di Android
Aplikasi Terbaru Paling Unik di Android
December 23, 2015
Cara Mudah Menggunakan BBM di Android
December 28, 2015

Versi Terbaru Android

Versi Terbaru Android

Seperti apakah kecanggihan dan kemudahan berkomputer mobile dalam versi terbaru Android? Menjelang akhir tahun ini Google meluncurkan versi terbaru Android yang menawarkan banyak fitur inovatif. Pada konferensi Google Mei 2015 disebutkan bahwa versi terbaru nanti akan diberi nama Android M. Beberapa prediksi muncul dengan inisial “M” tersebut, seperti Muffin, Maple Syrup, Macaroon, dan Milkshake.

Seperti sebelumnya pengembang software ini selalu menamai produknya dengan nama makanan, sebut saja Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, Kitkat, dan Lollypop.

Namun, semua prediksi tersebut ternyata tidak tepat, M berarti Marshmallow. Nama Marshmallow untuk versi Android 6.0 dipilih sebagai nama makanan yang disukai banyak orang. Makanan lembut yang biasa dipanggang dan diolesi coklat ini begitu digemari siapa saja. Itu pula yang diharapkan dari versi terbaru ini.

Versi Terbaru Android

Versi Terbaru Android

Fitur Terbaru Android Marshmallow

Bagi konsumen yang ingin mencoba versi ini dapat merasakannya akhir tahun ini. Sebab sementara hanya developer yang baru mendapatkan preview OS berbasis linux tersebut. Perangkat Nexus akan menjadi yang pertama menggunakan OS Android Marshmallow.

Beberapa fitur baru akan disematkan pada sistem operasi versi terbaru ini. Misalnya Android Pay yang memungkinkan penggunanya untuk membayar barang-barang, baik pembelian berupa software maupun toko-toko retail melalui ponsel.

Ada lagi fitur Now On Tap yang membantu pengguna mengakses Google Now dengan menekan tombol Home. Fitur ini mirip dengan yang ada pada asisten digital Apple, Siri. Dengan fitur ini Google juga bisa mendapatkan data penting penggunanya. Termasuk informasi dari pengguna tentang apa yang mereka lakukan saat itu. Bahkan, dapat mengetahui e-mail yang baru dibaca atau dry cleaner yang biasa digunakan.

Selain itu, Android Marshmallow juga mendukung USB tipe C, dan otentifikasi sidik jari. Keunggulan lain dari Marshmallow adalah kemampuan baterai tahan lama meskipun menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan,

Keunggulan Android Marshmallow

Kehadiran versi terbaru Android tentunya disertai dengan peningkatan berbagai aspek yang sudah ada sebelumnya. Ditambah lagi dengan fitur-fitur unik dan menarik akan menjadi nilai tambah versi tersebut. Meskipun baru saja diluncurkan, kelebihan Marshmallow sudah menjadi perbincangan di berbagai media.

Android versi Marshmallow diyakini memberikan pelayanan yang memuaskan kepada penggunanya, karena ada peningkatan kinerja, daya tahan baterai, dan penggunaan RAM. Berikut rangkuman kelebihan versi Marshmallow.

Teknologi hemat baterai

Penggunaan baterai benar-benar efektif dengan memanfaatkan modus doze atau deep sleep. Dengan teknologi tersebut, konsumsi daya baterai dapat dihemat. Modus doze yang baru diperkenalkan pada versi Marshmallow diklaim sangat efektif menghemat daya baterai. Ini merupakan solusi dari masalah umum yang terjadi pada smartphone yang cenderung boros menggunakan daya baterai.

Keamanan data

Fitur otentifikasi sidik jari memungkinkan pengguna menggunakan pemindai sidik jari untuk mengoptimalkan keamanan data serta fitur Android Pay.

Pengisian cepat

Kelebihan ini karena adanya dukungan USB tipe C, sehingga proses pengisian daya baterai menjadi lebih cepat. Dari segi waktu ini membantu pengguna untuk lebih efisien memanfaatkan waktu. Fitur ini diklaim mampu mengisi baterai lima kali lebih cepat dibandingkan USB tipe standar.

Penggunaan memori

Fitur permission dashboard digunakan untuk mengatur ijin aplikasi, sehingga pengguna dapat mengatur penggunaan RAM dengan lebih mudah.

Perintah suara otomatis

Kini pengguna Android dapat menggunakan perintah suara untuk mencari informasi yang diinginkan. Caranya dengan menekan tombol Home selama beberapa saat. Selain keunggulan dalam pengoperasian, fitur ini juga sangat akurat. Tentunya ini menjadi nilai tambah dari versi terbaru Android yang baru saja dirilis akhir tahun ini.