Waspada Virus Zika dan Microcephaly Penyakit Kepala Mengecil Menular dari Nyamuk

Makanan Probiotic Terbaik Untuk Imun Tubuh
June 8, 2014
Gambar Virus dalam Perbesaran Microscopic Electron
13 Gambar Virus dalam Perbesaran Microscopic Electron
February 4, 2016

Waspada Virus Zika dan Microcephaly Penyakit Kepala Mengecil Menular dari Nyamuk

Virus Zika dan Microphaly Penyakit Kepala Mengecil

Waspada virus Zika dan microcephaly penyakit kepala mengecil yang menular dari nyamuk. Mengutip BBC (http://www.bbc.com/news/world-latin-america-35385829), departemen kesehatan Amerika Serikat telah membuat peringatan perjalanan atau travel warning kepada terutama wanita hamil terhadap lebih dari delapan negara dan teritori yang ditenggarai terjadi sebuah wabah penyakit kelahiran.

Pemerintah Brazil pada hari Rabu menyatakan bahwa ada sejumlah bayi yang dilahirkan dengan tanda-tanda terjangkiti Microcephaly. Microcephaly adalah bentuk kepala yang mengecil. Kasus kelahiran bayi dengan Microcephaly ini hampir mencapai angka 4.000. Penyebab penyakit yang terus meningkat tersebut menurut pemerintah Brazil adalah di sebabkan virus Zika yang dibawa oleh nyamuk.

Virus Zika dan Microcephaly Penyakit Kepala Mengecil

Virus Zika dan Microcephaly Penyakit Kepala Mengecil

Travel warning kini telah mencakup beberapa wilayah di Afrika dan Oceania. Seorang ahli virus di Brazil mengatakan kepada BBC jika keadaan darurat telah diberlakukan di sana. Menurut kementrian kesehatan Brazil setidaknya ada 3.893 kasus terjangkitnya Microcephaly sejak Oktober.

Virus Zika, apakah itu?

Virus Zika menyebar melalui nyamuk Aedes aegepty yang juga diketahui pembawa demam berdarah. Virus Zika pertama kali ditemukan di Afrika pada tahun 1940 an dan kini menyebar di Amerika Latin.

Menurut para ilmuwan, ada bukti yang terus berkembang jika virus ini memang berkaitan dengan Microcephaly yang menyebabkan bayi lahir dalam kondisi ukuran kepala yang kecil tidak normal. Virus Zika ini mengakibatkan sakit flu dan ruam dan pada sebagian orang gejalanya tidak terlihat. Untuk sementara belum diketahui obatnya.

Cara satu-satunya untuk mencegah penularan virus Zika adalah membasmi inang nya atau nyamuk dengan membersikan tempat-tempat kotor tergenang di mana nyamuk biasa bersarang.

Virus Zika dan Microcephaly Penyakit Kepala Mengecil

Sebenarnya belum ada konfirmasi pasti keterkaitan Microcephaly dengan virus Zika. Akan tetapi sejumlah bayi yang meninggal ditemukan adanya virus pada otak mereka.

Kondisi otak yang terjangkiti virus Zika ini bisa menyebabkan kematian atau menyebabkan keterbelakangan mental.

Kementrian kesehatan Brazil mengkonfirmasi bahwa 49 bayi yang dicurigai terjangkiti microcephaly telah meninggal dunia. 5 dari bayi yagn meninggal tersebut ditemukan adanya infeksi virus Zika.

Brazil kini paling besar mengalami menyeruaknya kasus Zika terutama di wilayah timur laut. Juga dideteksi di wilayah tenggara brazil termasuk Rio de Janeiro dan Sao Paulo.

Selain Brazil, negara amerika latin yang terwabahi virus ini adalah Kolombia dengan 13.500 kasus sehingga kementrian negara tersebut menyarankan penundaan kehamilan.

Pusat kendali dan pencegahan penyakit Amerika Serikat menerbitkan travel warning kepada wanita hamil minggu lalu dan menambahkan lebih dari 8 negara dalam daftar peringatan tersebut pada hari Jum’at. Travel warning meliputi wilayah-wilayah sebagai berikut:

  • Amerika tengah dan selatan: Bolivia, Ecuador, Guyana, Brazil, Colombia, El Salvador, French Guiana, Guatemala, Honduras, Mexico, Panama, Paraguay, Suriname, Venezuela.
  • Kepulauan Karibia: Barbados, Saint Martin, Haiti, Martinique, Puerto Rico, Guadeloupe.
  • Oceania: Samoa.
  • Afrika: Cape Verde.

Adalah Ricardo Lourenco yang meneliti penyakit-penyakit ber-infeksi di negara-negara tropis di Institut Oswaldo Cruz di Brazil mengatakan kepada Reuter bahwa virus Zika mendapatkan tempat yang sesuai untuk perkembang-biakan-nya.

Pembaca masbadar.com, demikian sharing berita kesehatan dari kami. Semoga menjadi kewaspadaan bagi kita semua terhadap penyakit-penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Mari cegah dengan langkah-langkah semestinya seperti: membersihkan tempat-tempat lembab berair di mana nyamuk senang bersarang.

Gunakan kelambu ketika tidur. Gunakan obat nyamuk dan lotion anti nyamuk sesuai aturan. Lakukan fogging. Jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan secara rutin dan berkesinambungan.

Berita dan gambar tentang virus Zika dan Microcephaly penyakit kepala mengecil ini bersumber dari: http://www.bbc.com/news/world-latin-america-35385829