Wi-Fi Direct Mempermudah Akses Internet Smartphone

4 Cara Agar Internet Cepat Wireless Ampuh
November 13, 2015
Mengenal Teknologi Wireless untuk Akses Internet Cepat
Mengenal Teknologi Wireless untuk Akses Internet Cepat
November 16, 2015

Wi-Fi Direct Mempermudah Akses Internet Smartphone

Benarkah Wi-Fi Direct mempermudah akses internet smartphone? Sebagai pengguna smartphone tentu kita semakin dimudahkan untuk mengakses internet karena tersedia jaringan yang terdapat pada kartu smartphone. Selain itu pengguna smartphone juga bisa mengakses internet dengan memanfaatkan jaringan wi-fi maupun menggunakan hotspot.

Salah satu kemudahan akses internet yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna smartphone adalah wi-fi direct. Pertanyaannya kemudian adalah apakah yang dimaksud dengan wi-fi direct itu? Apakah Wi-Fi Direct mempermudah akses internet smartphone ? Bagaimana pula penggunaannya pada perangkat smartphone? Berikut ulasan dan informasinya!

Apa Itu Wi-Fi Direct?

Wi-fi direct sebenarnya merupakan suatu teknologi koneksi dalam perangkat gadget/smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan transfer data dengan memakai koneksi dari wi-fi. Jadi wi-fi direct ini fungsinya hampir mirip dengan bluetooth ketika kita ingin mengirim atau mentransfer data.

Wi-Fi Direct Mempermudah Akses Internet Smartphone

Hanya saja wi-fi direct memiliki kemampuan yang lebih baik dari bluetooth dalam hal transfer data. Hal ini terjadi karena wi-fi direct dirancang dengan kemampuan dan kapasitas yang lebih besar dan lebih cepat.

Anda berada di area sekitar KIIC Suryacipta Karawang? Untuk solusi jaringan internet wireless tercepat dan terbaik, andalkan PT Cahaya Buana Raksa. Dengan brand UNINA.NET, perusahaan provider internet di Karawang ini adalah SOLUSI INTERNET WIRELESS sekaligus highspeed internet access dengan unlimited non quota banwidth. Silahkan kontak marketing UNINA.NET di Jl. Raya Telagasari Ruko Depan SMAN I Telagasari Karawang. Marketing:

  • FAISAL MUCHTAR
  • Telp: 0856.9245.9912 / 0878.0016.4198
  • Email: faisalpenyair@gmail.com / faisalpenyair@cbr.co.id
  • Website: https://faisalnetwork.com

Jadi dengan Wi-Fi direct yang Anda gunakan pada perangkat smartphone data seperti musik, video, foto, dan lain sebagainya, bisa Anda transfer dengan mudah pada perangkat lain seperti smartphone. Anda tak perlu lagi menggunakan router untuk mengakses internet. Cukup dengan wi-fi direct yang ada pada smartphone.

Rupanya selain wi-fi direct dalam mendukung internet cepat wireless, terdapat pula istilah lain seperti wi-fi hotspot dan wi-fi tethering. Sebenarnya kedua istilah tersebut tak berbeda jauh alias sama saja yaitu kemampuan perangkat smartphone yang bisa dimanfaatkan sebagai hotspot dengan bantuan koneksi wi-fi.

Kelebihan Wi-Fi Direct

Secara umum teknologi wi-fi direct memiliki keunggulan pada kapasitas dan kemampuannya yang lebih besar dalam transfer data. Selain itu dari sisi jangkauan wi-fi direct memungkinkan Anda sebagai pengguna smartphone untuk transfer data yaitu sekitar 100 m.

Bisa dibilang kehadiran wi-fi direct pada perangka smartphone ini sebagai kompetitor dari bluetooth. Jika bluetooth memiliki keterbatasan dalam transfer data yang hanya beberapa kapasitas saja. Lain halnya dengan wi-fi direct.

Teknologi koneksi internet yang satu ini bisa mengirim data seperti foto/gambar, video, musik, dan sebagainya. Game online juga bisa diakses dengan wi-fi direct.

Menariknya lagi, wi-fi direct juga bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat seperti komputer (PC), smartphone, kamera digital, printer, dan sebagainya. Anda tak perlu menggunakan kabel untuk mentransfer data pada perangkat tersebut, cukup dengan wi-fi direct dari perangkat smartphone.

Cara Penggunaan Wi-Fi Direct

Nah, mungkin Anda masih penasaran bagaimana caranya menggunakan dan mengaktifkan wi-fi direct ini dalam perangkat smartphone Anda? Cara penggunaannya hampir sama ketika Anda menggunakan bluetooth untuk berbagai data.

Secara spesifik berikut cara menggunakannya wi-fi direct untuk mendukung internet cepat wireless.

  1. Buka dan pilih data/file yang ingin Anda transfer atau kirim dengan wi-fi direct. Anda bisa mengirim foto, video, dan lainnya.
  2. Setelah memilih pilih ikon share. Pilihlah wi-fi direct. Setelah Anda aktifkan, wi-fi direct Anda akan memindai perangkat lain yang juga memungkinkan untuk akses ke wi-fi direct.
  3. Setelah Anda menemukan atau mendeteksi perangkat untuk berbagi data/file. Data/file akan segera ditransfer secara otomatis.

Namun perlu dicatat dan diketahui bahwa koneksi melalui wi-fi direct mungkin saja tidak terdapat pada semua perangkat smartphone. Umumnya hanya smartphone kelas menengah atas saja yang menyediakan fitur wi-fi direct ini.

Itulah berbagai ulasan dan informasi penting tentang pemanfaatan wi-fi direct dalam mendukung internet cepat wireless.