Youtube Red Ancam Netflix dan Amazon untuk Mengeluarkan Lebih Banyak Uang

Inilah Layanan Kurang Populer Youtube Akhirnya dibuang
December 21, 2015
Accelerated Mobile Pages Projects Bikin Internet Mobile Lebih Cepat
February 25, 2016

Youtube Red Ancam Netflix dan Amazon untuk Mengeluarkan Lebih Banyak Uang. Amazon.com, Netflix dan juga Hulu adalah beberapa perusahaan yang memiliki layanan streaming video on demand, perusahan perusahaan ini selalu mengeluarkan biaya jutaan dolar setiap tahun untuk mendapatkan konten dari film dan juga serial tv dari berbagai jenis sumber.

Youtube Red Ancam Netflix dan Amazon

Pict from: https://www.glassdoor.com/Photos/Netflix-Office-Photos-IMG96.htm

Youtube Red Ancam Netflix dan Amazon

Selama beberapa tahun terkait harga yang didapatkan semakin melonjak sesuai dengan makin panasnya kompetisi dari perusahaan perusahaan yang berlomba lomba untuk mendapatkan deal yang eksklusif. Pertarungan yang sengit diantara perusahaan perusahaan tersebut ternyata tidak berhenti sampai disitu. Satu lagi perusahaan berkantong tebal akan segera mengikuti persaingan yang selalu diikuti oleh perusahaan layanan tersebut.

Youtube sebentar lagi akan segera ikut andail dalam persaingan tersebut. Dikatakan oleh salah satu surat kabar bahwa Youtube sedang melakukan tawar menawar dengan pihak Hollywood studio untuk mendapatkan lisensi film dan juga serial tv yang mereka produksi. Semua berita ini tentu saja mengacu padalayanan baru Youtube yang disebut dengan Youtube Red.

Youtube Red adalah sebuah layanan berbayar dari Youtube yang akan memberikan keleluasaan pada usernya untuk menonton video yang bebas dari iklan dan juga layanan layanan lain seperti playlist lagi dan juga penyimpanan video untuk ditonton secara online. Dengan backing dari perusahan besar sekelas Google, Youtube disinyalir akan memiliki kantong tebal ketika melakukan tawar menawar dengan pihak Hollywood sehingga mereka bisa mendapatkan lisensi konten untuk layanan baru mereka.

Netflix, Amazon dan Hulu

Netflix juga bukan perusahaan yang main main. Tahun depan mereka merencanakan akan mengeluarkan uang sebesar 5 juta dolar untuk membeli konten mereka, untuk pembangunan lokal dan juga ekspansi ke luar negri. Sedangkan Hulu dan juga Amazon merilis pengeluaran mereka bahwa tahun ini mereka telah menghabisnya 1.5 juta dolar untuk mengisi konten, namun dari kedua perusahaan tersebut belum ada pembicaraan mengenai jumlah yang akan digunakan dan juga rencana yang akan dilakukan untuk tahun depan.

Netflix telah merencanakan untuk mendapatkan lisensi dengan Walt Disney sehingga kontrak ekslusif dengan film film yang dirilis oleh walt Disney termasuk Marvel, Star Wars dan juga Pixar. Untuk film Star Wars : The Force Awakens tidak akan menjadi bagian dari kontrak karena film tersebut di rilis pada tahun ini.

Youtube

Youtube sebetulnya telah melakukan rilis Youtube Red lebih awal tahun ini. Pada tahun ini sambutan masyarakat terhadap Youtube Red juga baik. Namun Youtube tetap memantapkan langkahnya untuk bersaingan dengan ke-3 perusahaan dalam mencari konten tersebut untuk meningkatkan diferensiasi dari pengguna Youtube.

Dengan berbekal 1 juta pengguna tiap bulan untuk Youtube Red, Youtube memiliki kesempatan yang besar untuk bersaing dengan Netflix, Amazon dan juga Hulu. Apalagi dengan bantuan dari Google yang di atasi oleh Alphabet Inc. Yang disinyalir akan memberikan sejulah dana yang besar yaitu 70 juta dolar sebagai investasi jangka pendek.
Keberadaan Youtube dengan dukungan dana yang sangat besar tersebut membuat perusahaan lain mau tidak mau harus bersaing lebih ketat dengan Youtube.

Persaingan ini tentunya akan berdampak pada keuntungan mereka, mereka membutuhkan jumlah uang yang lebih besar untuk dapat bersaingan dengan Youtube dalam rangka perebutan konten jika mereka tidak ingin tergilas dengan kemunculan Youtube Red.

Apalagi bagi Netflix yang telah mengasumsikan sejumlah uang sebagai bekal perburuan kontennya pada tahun mendatang agar bisa tetap eksis.